Jump menu

Main content |  back to top

Pada sejumlah kasus yang baru-baru ini terjadi, ada beberapa organisasi yang melakukan penipuan bermodus rekrutmen dengan mengatasnamakan Shell atau orang-orang yang mengaku bekerja untuk, atau terafiliasi dengan, Shell. Modus penipuan ini dilakukan dengan mengirim pemberitahuan kepada orang-orang bahwa kualifikasi mereka cocok untuk bekerja sebagai karyawan (lokal atau asing) Shell dan meminta mereka mentransfer uang dalam jumlah besar untuk membiayai pengurusan izin kerja, polis asuransi, dan lain-lain.

Mohon untuk diketahui bahwa Shell (ataupun organisasi yang mengadakan rekrutmen atas nama Shell) tidak pernah meminta uang atau pembayaran apa pun dari pelamar kerja selama proses rekrutmen. Semua orang yang menerima tawaran kerja dari Shell, baik secara langsung ataupun tidak langsung, selalu diwajibkan untuk melewati proses rekrutmen resmi.

Perlu dicatat bahwa komunikasi yang dimaksud di atas merupakan penipuan. Komunikasi tersebut bukan berasal dari Shell ataupun berhubungan dengan proses rekrutmen Shell.

Kami menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pekerja yang mengatasnamakan Shell. Hal-hal penting yang perlu diperhatikan diantaranya adalah komunikasi yang bukan berasal dari alamat surel Shell (misalnya, dari alamat surel berakhiran yahoo.com); ditulis menggunakan bahasa Inggris yang buruk; meminta pembayaran uang pada tahap tertentu.

Kami menyarankan agar Anda tidak menanggapi tawaran bisnis yang tidak Anda minta dan/atau tawaran dari orang-orang yang tidak Anda kenal. Jangan mengungkapkan data pribadi atau keuangan kepada siapa pun yang tidak Anda kenal. Jika Anda menerima tawaran semacam ini, kami sarankan agar Anda menghubungi pihak berwajib setempat dan menyerahkan segala informasi yang Anda miliki dari pengirim (alamat surel, nomor telepon/faks, dll.) kepada mereka.