Jump menu

Main content |  back to top

News and Media Releases

Shell Road Safety Competition 2013

Shell luncurkan Road Safety Game di ajang "Shell Road Safety Competition 2013"

 

PT Shell Indonesia secara resmi menggelar ajang kompetisi “Shell Road Safety Competition (RSC) 2013” pada hari ini (18/12). Kegiatan lomba tertib lalu lintas yang dilaksanakan di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara, Bumi Perkemahan Cibubur ini diikuti sebanyak 450 pelajar kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 dari 25 Sekolah Dasar (SD) terpilih di lima wilayah di Jakarta. Bersamaan dengan diadakannya kegiatan ini, Shell Indonesia juga meluncurkan sebuah game bertemakan road safety bertajuk Shell Road Safety Pop Game atau “Road Pop” yang merupakan game berbasis internet (web based) yang berisikan edukasi mengenai berbagai rambu lalu lintas untuk anak usia sekolah dasar. Peresmian RSC 2013 sekaligus peluncuran game dilakukan oleh President Director & Country Chairman PT Shell Indonesia Darwin Silalahi dan disaksikan oleh Kombes DR. Chrysnanda Dwilaksana, Direktur Lalu Lintas POLDA Metro Jaya.

Darwin Silalahi mengatakan bahwa program Shell Road Safety Competition merupakan bentuk komitmen Shell Indonesia untuk membantu pemerintah dalam menciptakan keselamatan dan keamanan berlalu lintas. Kegiatan tahunan yang sudah dilaksanakan di Indonesia sejak tahun 2009 ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak sejak dini agar mampu memahami rambu lalu lintas dan menerapkan disiplin berlalu lintas dalam keseharian. “Shell mempunyai kultur keselamatan (safety) yang sangat kuat dimana karyawan kami mengetahui dan menjalankan cara kerja yang mengutamakan keselamatan, termasuk perilaku aman dalam menggunakan jalan raya. Kami yakin disiplin sebagai pengguna jalan yang mematuhi peraturan merupakan kunci keselamatan yang wajib dipenuhi oleh semua orang,” kata Presiden Direktur Shell Indonesia ini.

Road Safety Competition 2013

Kegiatan tahunan Road Safety Competition ini senantiasa mendapatkan animo yang besar dari anak-anak SD, sehingga tahun ini Shell menciptakan permainan atau Road Safety game berbasis internet dengan harapan dapat menjangkau lebih banyak lagi anak usia sekolah dasar untuk mendapatkan edukasi mengenai disiplin dan keamanan berlalu lintas.

Menurut Oscar Kurniawan dari Tanoshii Creative, pengembang permainan Shell Road Safety Pop Game atau ”Road Pop”, ia tertantang untuk menciptakan bentuk permainan dengan pesan mengenai disiplin berlalu lintas yang dimulai dengan pengenalan rambu lalu lintas. Berbeda dengan kebanyakan game yang umumnya hanya menguji ketrampilan jari jemari, maka game ini akan menguji pengetahuan anak usia sekolah mengenai rambu berlalu lintas dengan cara yang lebih menyenangkan. Saat ini, permainan Road Safety terdiri dari 4 level dengan 3 sub level setiap tingkatnya, yang berisi tentang pengenalan rambu lalu lintas bagi murid usia sekolah. Target dari permainan ini pada setiap levelnya adalah menyamakan minimal 3 icon rambu-rambu lalu lintas atau perangkat keselamatan berkendara dalam satu garis. Permainan ini terdiri dari tahapan tertib berlalu lintas mulai dari pejalan kaki, pengguna sepeda, pengendara motor dan mobil. “Kami mencoba memadukan unsur edukasi dan fun dalam game ini,” ungkap Oscar.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes DR. Chrysnanda Dwilaksana menyambut baik kehadiran game Road Safety ini yang khusus ditujukan kepada anak usia sekolah dasar. “Selain mengenalkan rambu lalu lintas sejak dini, kami harap game ini akan menjadi sarana lain bagi anak-anak agar dapat memahami tata cara tertib berlalu lintas di jalan raya sehingga kedepannya mereka bisa menjadi agen perubahan dalam ketertiban berlalu lintas di Indonesia,” ungkap Kombes Chrysnanda.

Data Kepolisian Republik Indonesia mencatat adanya 109.038 kasus kecelakaan dengan jumlah korban meninggal sebanyak 27.441 jiwa sepanjang tahun 2012 lalu. Bahkan, WHO menilai  bahwa kecelakaan lalu lintas di Indonesia selama dua tahun terakhir telah menjadi pembunuh nomer tiga tebesar setelah penyakit jantung dan TBC. Data WHO tahun 2011 menyebutkan bahwa 67% korban kecelakaan berada pada usia produktif yaitu 22-50 tahun, 1000 di antaranya merupakan anak-anak dan remaja.)*

Untuk saat ini “Road Pop” game dapat diakses melalui www.amandijalan.com, laman yang dibangun Shell Indonesia untuk edukasi perilaku tertib dan aman berlalulintas bagi masyarakat. “Tantangannya adalah bagaimana membuat edukasi rambu lalu lintas ini diminati dan disukai karena ada unsur fun dan kompetisi di dalamnya,” ungkap Oscar yang merupakan pemenang dalam kompetisi Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards (BSA) 2012 lalu.

Road Pop Game

Kompetisi Pengetahuan Berlalu Lintas

Program Shell Road Safety Competition adalah salah satu program investasi sosial Shell Indonesia yang bertujuan untuk memotivasi siswa sekolah dasar untuk menguji pengetahuan dan ketrampilan berlalu lintas. Dalam kompetisi ini, siswa berlomba menunjukkan kemampuannya bertata-tertib di jalan yang telah dikondisikan mirip dengan jalan raya sebenarnya di Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Kompetisi terdiri dari beberapa macam lomba yaitu lomba Sepeda Lintas, Mewarnai Tong Sampah, Cerdas Cermat, Membuat dan Menyanyikan Jingle hingga Presentasi Aman Berlalu Lintas.

Lomba Mewarnai Tong Sampah

Shell Road Safety Competition (RSC)

Acara Shell RSC sudah diselenggarakan oleh Shell Indonesia sejak tahun 2009. Pendidikan berlalu lintas telah menjadi prioritas kegiatan Investasi Sosial Shell di banyak negara selain di Indonesia, seperti di negara tetangga Malaysia dan Singapura yang juga telah menyelenggarakan Shell Traffic Games selama puluhan tahun yang lalu.

Shell Traffic Games 2013 atau untuk yang ke-33 kalinya telah diselenggarakan di Singapura pada Agustus 2013 lalu. Di negara ini, kegiatan tersebut telah melibatkan mulai dari anak pra sekolah hingga anak usia sekolah. Bahkan mereka dapat belajar mengenai keamanan berlalu lintas lewat online game baru yaitu “Traffic Guardians” yang diciptakan oleh tim yang terdiri dari sembilan pelajar di Politeknik Nanyang. Shell Traffic Games sendiri pertama kalinya dilaksanakan sejak tahun 1958 yang lalu dengan tujuan mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya keamanan berlalu lintas melalui lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Shell RSC, Anda dapat mengunjungi situs kami di www.shell.co.id atau www.amandijalan.com

Untuk keterangan lebih lanjut, foto atau wawancara silahkan menghubungi:

Inggita Notosusanto

Country Communications Manager

PT Shell Indonesia

Phone: +62 21 7592 4700

Fax: +62 21 7592 4679

www.shell.co.id

)* “Kecelakaan Lalu Lintas Menjadi Pembunuh Terbesar Ketiga”, sumber dari  www.bin.go.id

Page Tools