Jump menu

Main content |  back to top

News and Media Releases

Kreatif Manfaatkan Rotan, Studio Hiji Raih Penghargaan Wirausaha Muda Paling Berpotensi pada Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2015

Jakarta, 19 November 2015 – Sebanyak empat perusahaan start-up lokal yang digawangi para pengusaha muda pemula Indonesia, terpilih sebagai pemenang kompetisi Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2015 yang diumumkan di Jakarta tadi malam (18/11).

Sebagai bagian dari perusahaan energi global, Royal Dutch Shell, PT Shell Indonesia, sejak tahun 2006 menggelar kompetisi untuk mengembangkan wirausaha muda lokal melalui program bertajuk Shell LiveWIRE Business Start-up Awards.  

Program ini sejalan dengan upaya Pemerintah Untuk meningkatkan jumlah wirausaha nasional. Mengutip data di Kementrian Koperasi dan UKM, saat ini jumlah wirausaha nasional ada sebanyak 1,6 persen dari total populasi dan diharapkan dapat bertumbuh hingga 2 persen di tahun ini. 

“Sektor usaha kecil dan menengah yang diprakarsai oleh para wirausaha lokal, telah terbukti menjadi sektor yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan dan kondisi ekonomi yang diwarnai oleh ketidakpastian. Dalam situasi seperti ini, keberadaan wirausaha lokal di berbagai daerah di Indonesia, sangat berkontribusi dalam menopang perekonomian negara. Konsumsi bahan baku oleh wirausaha lokal untuk proses produksi, khususnya yang berasal dari daerah setempat, akan mendorong terjadinya perputaran dana/uang di tingkat lokal, yang kemudian menciptakan efek pengali (multiplier effect) dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Presiden Direktur dan Country Chairman PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi.

“Kami bangga telah berhasil memilih 10 wirausaha muda pemula pilihan berpotensi yang saat ini telah berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan dan ikut terlibat dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi. Indonesia memerlukan lebih banyak lagi wirausahawan muda seperti mereka, dan Shell Indonesia melalui program Shell LiveWIRE, berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam membina wirausaha muda pemula; meningkatkan kualitas mereka agar mereka kelak menjadi pebisnis tangguh dengan bisnis-bisnis yang berdaya tahan dan  berkelanjutan,” lanjut Darwin.

Pada penyelenggaraan di tahun 2015 ini, dari sepuluh perusahaan start-up yang menjadi finalis, Dewan Juri akhirnya menetapkan empat perusahaan pemula sebagai pemenang. 

Untuk kategori Wirausaha  Muda Paling Berpotensi (Most Potential Start-up Business), terpilih sebagai juara pertama, Studio Hiji dari Tangerang, Banten yang diprakarsai Abie Abdillah. Untuk pemenang kedua, Dewan Juri memilih Oriflakes yang didirikan Suko Triyono dari Yogyakarta, sedangkan Crispy Ikan yang didirikan Aang Permana dari Cianjur menjadi pemenang ketiga.

Adapun satu perusahaan start-up, yakni Greena yang digawangi Nina Nuraniyah dari Bogor, terpilih sebagai pemenang untuk kategori Wirausaha Muda Paling Berdampak Positif (Most Impactful Start-up Business). 

“Networking merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi perusahaan pemula seperti kami, dan kami berterimakasih kepada Shell yang menyediakan platform untuk bersinergi, sehingga melalui program ini, kami bisa memiliki kesempatan untuk melebarkan jaringan bisnis kami, tidak hanya di level nasional, tapi juga ke level internasional,” ujar Abie Abdillah dari Studio Hiji.

“Para pemenang terpilih setelah melalui proses penjurian yang ketat. Tidak hanya menilai dari aspek bisnis semata, namun kami memperhatikan karakter pengusaha, potensi produk, hingga perencanaan mereka di masa depan, termasuk kreatifitas mereka menghadapi tantangan global,” ujar Dolly Lesmana, Managing Director Arka Media yang merupakan perwakilan Dewan Juri Shell LiveWIRE Business Start-up Awards 2015.

Pemenang pertama, kedua dan ketiga untuk kategori Wirausaha  Muda Paling Berpotensi (Most Potential Start-up Business) masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 50 juta, Rp 40 juta dan Rp 30 juta, serta pemenang kategori Wirausaha Muda Paling Berdampak Positif (Most Impactful Start-up Business) mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 25 juta. 

Seluruh pemenang dan finalis berhak ikut serta dalam program Business Coaching dimana mereka akan mendapatkan bantuan bimbingan kewirausahaan secara intensif dari para Business Coach. Selain itu, sebagai bagian dari sebuah program kewirausahaan internasional, para pemenang dan finalis juga memiliki peluang untuk mengikuti program Shell LiveWIRE Let’s Go Trade, dimana para peserta yang berhasil akan mendapat kesempatan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri – ke sebuah negara yang mereka pilih, untuk mengembangkan bisnisnya –  dengan bantuan pendanaan dari Shell LiveWIRE International.

Untuk informasi selanjutnya, silakan menghubungi:

Haviez Gautama

GM External Relations 

Shell Indonesia

Phone: +62 21 75924700

Fax  : +62 21 75924679

 

Page Tools