Jump menu

Main content |  back to top

News and Media Releases

Shell luncurkan pelumas motor berbahan baku gas alam

Shell Lubricants Indonesia meluncurkan Shell Advance Ultra with PurePlus Technology, sebuah pelumas mesin motor pertama berbahan baku gas alam yang dihasilkan dengan teknologi Shell PurePlus. Untuk pertama kalinya, hasil uji pelumas yang melibatkan 10 pengendara motor dirilis untuk publik pada acara ini.

 

Shell Lubricants, salah satu produsen pelumas terkemuka dunia dan pemilik teknologi terkini Shell PurePlus Technology secara resmi meluncurkan pelumas motor terbarunya Shell Advance Ultra with PurePlus Technology pada hari Kamis (11/06). Peluncuran pelumas baru berbahan baku gas alam ini dilakukan oleh  Dr Johari Jalil, Direktur/GM Lubricants & Commercial Fuels PT Shell Indonesia didampingi Edward Satrio,  Brand Manager Helix & Advance PT. Shell Indonesia di Foundry 8, Jakarta Selatan.

Dr Johari Jalil mengatakan, “Kami bangga dapat meluncurkan Shell Advance Ultra with PurePlus Technology, sebuah  pelumas motor revolusioner yang merupakan pengakuan atas filosofi Shell dari lintasan ke jalanan. Kami senantiasa berinvestasi dalam riset dan pengembangan yang membuat kami menjadi perusahaan terdepan dalam bidang teknologi dan inovasi. Hasil riset inilah yang mendorong terciptanya produk yang bisa digunakan untuk kebutuhan berkendara sehari-hari. Shell Advance Ultra with PurePlus Technology akan meningkatkan kenyamanan berkendara di Indonesia  dalam berbagai kondisi geografis dan iklim yang ada di sini.

Edward Satrio menambahkan, ”Pertumbuhan populasi motor dengan mesin modern berkapasitas mesin besar cukup tinggi di Indonesia. Oleh karena itu kami yakin bahwa kehadiran Shell Advance Ultra with PurePlus Technology di pasar Indonesia akan memenuhi  kebutuhan pelumas berkualitas baik untuk mesin motor modern yang memiliki kapasitas mesin besar.” Shell Advance Ultra with PurePlus Technology menawarkan tiga keunggulan utama yaitu menjaga performa mesin motor tetap maksimal, meningkatkan penghematan bahan bakar  dan memperpanjang masa penggantian pelumas.

Untuk mencoba keunggulan pelumas Shell Advance terbaru ini,  Shell Lubricants juga telah mengajak 10 pengendara motor dari berbagai komunitas di Jakarta untuk tur berkendara dalam rangka pengujian pelumas yang bertajuk “Shell Advance Ultra Miles”. Menggunakan beragam jenis motor, para pengendara motor berkendara sepanjang 2.563 KM melintasi berbagai jenis jalan mulai dari Jakarta, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Malang, Banyuwangi, Surabaya, Semarang dan kembali lagi ke Jakarta. Kegiatan ini menghabiskan waktu selama dua minggu, dimulai tanggal 11 April 2015 dan berakhir pada 24 April 2015.  Tujuan utama dari kegiatan uji pelumas melalui tur berkendara ini adalah  untuk mendapatkan respon perdana dari para pengendara motor atas pengalaman mereka berkendara di atas motor yang diisi dengan pelumas Shell Advance terbaru serta menemukan keunggulan dan manfaatnya bagi mesin.

Hasilnya, para pengendara motor secara umum mengatakan bahwa mereka bisa merasakan kenikmatan berkendara di atas motor yang telah menggunakan pelumas Shell Advanve Ultra with PurePlus Technology. Berikut ini komentar dari mereka yang mengikuti tur berkendara Shell Advance Ultra Miles. Agus Widodo (Achonk), pengendara motor dari komunitas Family Rider Inkopad (FRI)   mengatakan bahwa,”Menggunakan motor yang pakai oli Shell di jalanan menurun dan menanjak itu bikin nyaman, perseneling tak bermasalah, tak ada slip. Pindah giginya juga lebih cepat tak perlu harus menurunkan rpm. Mau kondisi rpm tinggi atau rendah, ganti giginya halus aja. Apalagi saat di bawa di jalanan lurus, powernya mantap banget.”

Sementara  Ibrahim Husein (Baim) dari komunitas Jakarta Vixion Club (JVC)  mengatakan, “Power motor yang pakai oli Shell emang luar biasa. Di kondisi jalan menanjak dengan rpm rendah pun motor tenaganya masih bagus sekali. Bahkan di jalanan yang menanjak dan menikung pun tak perlu menurunkan gigi.” Komentar senada diungkapkan oleh Inuk,  ketua Inuk Blazer Ladies Bikers Club  (IBLBC)  yang mengatakan bahwa,”Pakai pelumas Shell,  dari segi power dan akselerasi pasti lebih joss.”

Menurut   Shofwatuzzaki (Zaki),  Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, hasil pengujian tenaga mesin, pengukuran volume sisa pelumas dan konsumsi bahan bakar mengkonfirmasi persepsi pengendara tentang keunggulan Shell Advance Ultra terbaru ini. “Hasil dyno test menunjukkan bahwa tenaga mesin tetap stabil dari awal hingga menempuh jarak 2.500 km. Selain itu penyusutan pelumas pada motor yang menggunakan Shell Advance yang baru ini, secara umum lebih rendah dibandingkan di motor yang menggunakan pelumas non-Shell Advance. Sama halnya dengan konsumsi bahan bakar yang relatif lebih hemat di motor yang menggunakan Shell Advance Ultra. Ini semua mengindikasikan New Shell Advance Ultra memberikan pelumasan yang lebih baik,” kata Zaki.

Masih dalam rangka kegiatan peluncuran Shell Advance Ultra with PurePlus Technology, Shell Lubricants akan menggelar acara Shell Advance Ultra Zone. Acara ini akan menjadi sarana  pertemuan antara Shell Lubricants dengan konsumen serta pelanggan setia Shell Advance. Yogya akan menjadi tempat pertama penyelenggaraan acara yang bertajuk “Shell Advance Ultra Zone – Yogyakarta Bike Day pada 13 Juni ini. Berbagai kegiatan seperti Padusan Motor, Bazaar Roda Dua,  Modification Clean & Proud Contest, Riding Competition dan Uji Tenaga Mesin akan dilangsungkan pada acara ini. Selanjutnya, acara serupa juga akan digelar di Surabaya dan Jakarta.

TENTANG SHELL LUBRICANTS

Shell menjual berbagai jenis pelumas untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam berbagai aplikasi termasuk kendaraan bermotor, alat transportasi berat, pertambangan, pembangkit tenaga listrik dan layanan teknis umum lainnya. Portofolio merek pelumas Shell termasuk Pennzoil, Quaker State, Shell Helix, Shell Rotella, Shell Tellus, dan Shell Rimula. Shell aktif dalam keseluruhan rantai pasokan pelumas. Shell mengolah bahan dasar di delapan pabrik, mencampur bahan dasar dengan zat aditif untuk membuat pelumas di 50 pabrik, mendistribusikan, memasarkan dan menjual pelumas di lebih dari 100 negara.

Shell juga menyediakan dukungan teknis dan dukungan bisnis kepada pelanggannya. Shell menawarkan layanan yang berkaitan dengan pelumas sebagai tambahan untuk jajaran produknya. Layanan ini meliputi: Shell LubeMatch – sistem online yang merekomendasikan produk terdepan, Shell LubeAdvisor – membantu konsumen untuk memilih pelumas yang tepat melalui staf teknis Shell yang sangat terlatih maupun sistem online dan Shell LubeAnalyst – sistem peringatan dini yang memungkinkan pelanggan untuk memonitor kondisi peralatan dan pelumas mereka, membantu menghemat biaya perawatan dan menghindari potensi kehilangan pendapatan bisnis karena kegagalan peralatan atau mesin.

Teknologi kelas dunia Shell ditujukan untuk memberikan nilai terhadap para pelanggannya. Inovasi, aplikasi produk dan kolaborasi teknis merupakan prioritas yang ingin diberikan oleh pelumas Shell. Shell memimpin pusat penelitian pelumas di Jerman, Jepang (bekerja sama dengan Shell Showa), Inggris dan Amerika. Kami berinvestasi secara signifikan dalam teknologi dan bekerja sama dengan para pelanggan kami untuk mengembangkan pelumas yang inovatif. Kami memiliki lebih dari 150 seri untuk hak paten pelumas, bahan dasarbahan dasar dan minyak pelumas; dan lebih dari 200 ilmuwan serta ahli pelumas dikerahkan untuk penelitian dan pengembangan minyak pelumas.

Manfaat yang didapatkan oleh pelanggan termasuk biaya pemeliharaan mesin yang lebih rendah, umur peralatan yang lebih lama dan pengurangan konsumsi energi. Salah satu cara kita mendorong batas-batas teknologi pelumas adalah dengan bekerja sama dengan tim balap kendaraan bermotor papan atas seperti Scuderia Ferrari. Kemitraan teknis ini memungkinkan kita untuk memperluas pengetahuan kita tentang ilmu pelumasan dan mentransfer teknologi mutakhir dari sirkuit untuk produk komersial kami.

TENTANG PELUMAS MOTOR SHELL

Sejak 1999,  Shell telah menjalin kerjasama teknis dengan Ducati melalui dukungan  Shell  pada  Ducati di Superbike World Championship. Kerjasama teknis antara Ducati dan Shell menjadi dasar pengembangan produk pelumas Shell yang digunakan oleh pengendara motor di seluruh dunia. Lintasan motor GP menjadi sarana uji coba untuk produk dan inovasi teknologi yang penting bagi pengembangan produk pelumas motor Shell Lubricants yang digunakan para pengendara motor di dunia. Shell Advance Ultra with PurePlus Technology adalah salah satu pelumas motor yang juga telah melewati uji coba di lintasan ini sebelum akhirnya diproduksi dan digunakan oleh para pengendara motor di seluruh dunia.

Selain itu, Shell Advance Ultra with PurePlus Technology juga digunakan pada mesin motor  di ajang  Shell Advance Asia Talent Cup (ATC). Shell adalah  mitra utama bagi penyelenggaraan Shell Advance Asia Talent Cup dengan menyediakan pelumas mesin motor Shell Advance 4T Ultra with PurePlus Technology dan bahan bakar Shell V-Power untuk seluruh seri dalam kompetisi ini termasuk dalam uji balap. Tahun ini,  Shell Advance ATC 2015 diikuti oleh 22 pembalap muda yang berasal dari 7 (tujuh) negara yang terseleksi dari ajang pra-seleksi di Sirkuit International Sepang, Dua diantaranya adalah pembalap dari Indonesia yaitu Gerry Salim (Jawa Timur) dan Andi Izdihar (Sulawesi). 

Page Tools