Jump menu

Main content |  back to top

Press Release

Fakta dan Statistik MotoGP

Kerja sama teknis antara Shell dengan Ducati 2009

Sejarah & Warisan

  • Shell merayakan sepuluh tahun kerja sama teknis dengan Ducati di tahun 2009.
  • Kerja sama teknis antara Shell dan Ducati merupakan salah satu yang paling disegani di dunia olahraga motor di sepuluh tahun pertamanya. Kerja sama ini membuahkan 150 kemenangan dan tujuh pembalap mendapatkan gelar dunia di MotoGP dan World Superbikes, sejak tahun 1999.
  • Ducati dan Shell pertama kali memasuki MotoGP World Championship pada tahun 2003. Empat tahun kemudian, tim ini meraih tiga gelar dunia (pembalap, pabrikan dan tim), dan menjadi pabrikan non-Jepang pertama selama lebih dari 30 tahun yang menang di kelas premium.
  • Pada tahun 2007, Shell memperbarui komitmennya dengan Ducati Corse hingga akhir 2011, dengan menambahkan branding bahan bakar Shell V-Power dan Shell Advance di sepeda motor yang digunakan baik di World Superbike maupun MotoGP Championships.

Teknis – Bahan Bakar

  • Pada tahun 2007, sepeda motor 800cc generasi terbaru dilarang oleh regulasi baru bahan bakar. Dalam satu perlombaan, jumlah maksimum bahan bakar yang boleh digunakan adalah 21 liter, dan tangki bahan bakar didesain untuk membawa bahan bakar sejumlah itu.
  • Berbeda dengan Formula One, pengisian bahan bakar tidak diperbolehkan di MotoGP. Oleh karena itu memaksimalkan efisiensi bahan bakar merupakan tujuan yang paling penting bagi Shell dan Ducati di MotoGP.  Efisiensi bahan bakar berbanding terbalik dengan tenaga sepeda motor pada perlombaan MotoGP, jadi tantangan bagi para insinyur dan teknisi Shell adalah bagaimana cara memenuhi kebutuhan bahan bakar sekaligus tetap mempertahankan kinerja.

Teknis – Pelumas

  • Pelumas Shell Advance memegang peranan penting dalam menggerakkan dan melindungi mesin Ducati di MotoGP. Campurannya didesain untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan tenaga, sekaligus menjaga kinerja mesin dan gearbox dengan cara melindunginya dari logam.
  • Regulasi FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) tahun 2009, menyatakan untuk tujuh balapan terakhir MotoGP musim 2009, setiap pembalap hanya boleh menggunakan lima mesin. Oleh karena itu Shell Advance akan memainkan peran vital dalam melindungi mesin GP9 Desmosedici dan merawat kinerjanya di beberapa perlombaan.

Dari Arena Balap ke Jalan Raya

  • Komitmen Shell akan inovasi melalui olahraga motor merupakan bagian yang menyeluruh  dari program riset dan pengembangan yang luas dan merupakan kunci dalam menghasilkan bahan bakar dan pelumas yang lebih baik bagi pelanggan.
  • Shell Advance racing oil diperkenalkan pertama ke Ducati pada tahun 1999 dan Shell V-Power race fuel diperkenalkan di tahun 2003, walaupun race fuel sudah diperkenalkan sejak awal kerja sama teknis di tahun 1999.
  • Kerja sama teknis dengan Ducati membuat Shell bisa menguji bahan bakar Shell V-Power dan pelumas Shell Advance dalam kondisi ekstrim. Hal ini memberikan kami pemahaman yang lebih baik tentang hal apa yang bisa meningkatkan tenaga, kinerja dan efisiensi untuk penggunaan mesin sepeda motor sehari-hari.
  • Ducati tidak hanya menggunakan produk Shell di arena balap, tetapi juga menggunakan Shell Advance dan Shell V-Power sebagai pelumas dan bahan bakar yang pertama kali digunakan oleh setiap Ducati yang diproduksi di Bologna, Italia.

Musim 2009

  • Mesin baru sepeda motor Ducati untuk MotoGP - Desmosedici GP9 – telah dikembangkan dengan kolaborasi ketat antara teknisi dan insinyur Shell. Mesin tersebut telah dimodifikasi untuk meminimalkan gesekan dan meningkatkan tenaga dan respon sepeda motor tersebut. Di tahun 2009, Desmosedici GP9 akan menggunakan kombinasi khusus dari Shell V-Power race fuel dan Shell Advance Ultra 4 race oil.

Untuk gambar yang memilki hak cipta gratis dan informasi lebih lanjut mengenai kerja sama teknis dengan Ducati, silakan kunjungi www.shell.com/motorsportmedia.

Untuk Informasi dan keterangan lebih lanjut, hubungi:

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679