Jump menu

Main content |  back to top

Press Release

Shell and Kadin Indonesia Sign a Memorandum of Understanding to Develop Entrepreneurships through the Shell LiveWIRE Program (Indonesian)

Shell dan Kadin Indonesia Menandatangani Nota Kesepakatan tentang Pengembangan Kewirausahaan melalui Program Shell LiveWIRE

PT Shell Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, hari ini (31/08) menandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) mengenai pengembangan kewirausahaan. Nota kesepakatan bersama ini merupakan landasan bagi kedua pihak untuk melakukan kerja sama dan sekaligus merupakan bukti dukungan Kadin kepada Shell dalam melakukan upaya pengembangan kewirausahaan di Indonesia melalui program Shell LiveWIRE.

Darwin Silalahi, President Director dan Country Chairman PT Shell Indonesia, pada acara tersebut mengatakan, “Dengan penandatanganan kerjasama Shell Indonesia-Kadin ini, kami berharap program Shell LiveWIRE menjadi semakin berkembang dan memberi dampak yang lebih luas kepada anak-anak muda di Indonesia, sesuai dengan komitmen kami untuk mendorong lebih banyak lagi anak muda untuk menjadi wirausaha yang berkualitas.”

Hingga saat ini, program pelatihan Shell LiveWIRE telah diikuti 2970 anak muda usia 18-32 tahun di 25 lokasi di Indonesia bekerjasama dengan perguruan tinggi setempat.

Di sisi lain, menanggapi kerjasamanya dengan PT Shell Indonesia, Moh. S. Hidayat, Ketua Kadin Indonesia, mengatakan, ”Dengan jaringan Kadin yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia, kami siap membantu pengembangan program Shell LiveWIRE sehingga dapat menjangkau lebih banyak lagi anak muda untuk memotivasi dan membentuk pola pikir mereka bahwa kewirausahaan dapat menjadi peluang karir. Kadin sebagai organisasi yang salah satu tujuan pendiriannya adalah untuk membina serta mengembangkan kemampuan, kegiatan dan kepentingan pengusaha di Indonesia, tentu kami sangat mendukung program Shell LiveWIRE yang telah berjalan selama ini dengan konsisten.”

Pada kesempatan yang sama, selain menandatangani nota kesepakatan dengan Kadin Indonesia, PT Shell Indonesia juga menggelar sharing session yang membahas topik ”Bisnis UMKM dikala Krisis” bersama perwakilan dari anggota Kadin Indonesia, Shell Indonesia, serta para wirausahawan dan pengusaha kecil menengah di Indonesia.

Hadir sebagai pembahas dalam diskusi ini adalah Ari Batubara, Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis UMKM,  serta Antonius Feryanto, pendiri PT. Pavettia Atsiri Indonesia, perusahaan dalam industri essential oils yang memproduksi mesin dan ekstraksi minyak pala yang telah merambah pasar ekspor serta Pandu W. Sastrowardoyo, pengusaha muda wanita yang menggerakkan Shirtalks, creative media company yang berinovasi dalam produksi viral shirts sebagai media promosi.

Fery dan Pandu merupakan perwakilan dari wirausaha muda pemula berpotensi yang didukung Shell LiveWIRE di Indonesia setelah partisipasi mereka dalam Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards.

Tentang Shell LiveWIRE

Shell LiveWIRE adalah salah satu program Investasi Sosial/Corporate Social Responsibility (CSR) Shell Internasional yang dilakukan secara global. Tujuan utama dari program ini adalah mendukung tumbuhnya kewirausahaan di kalangan anak-anak muda, dan khususnya memberikan motivasi dan inspirasi bagi mereka untuk memulai bisnis. Program Shell LiveWIRE merupakan bagian dari program sosial Shell Internasional yang pertama kali diluncurkan di Shell Skotlandia tahun 1982, dan kini sudah dilaksanakan di lebih dari 23 negara di dunia. Program ini telah membantu mengembangkan lebih dari 2.800 bisnis baru serta menciptakan lapangan kerja bagi 8,900 tenaga kerja. Sejak dimulai pada tahun 1982, program ini telah memberikan kontribusi kepada 1.3 juta anak muda dalam mengembangkan ide dan bisnisnya melalui informasi, saran dan dukungan yang diperolehnya. Di Indonesia sendiri program ini telah dimulai sejak tahun 2003.

Untuk keterangan lebih lanjut, foto atau wawancara dapat menghubungi:

Fathia Syarif
Manager - Media Relations
External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
Email: fathia.syarif@shell.com
www.shell.com/indonesia
 
Rika M. Novriadi / Sufintri Rahayu
Consultant
R&R Communications
Tel: (62-21) 7263109-11
Fax: (62-21) 7279 3926
Email: rikadanrekan@rikadanrekan.com