Jump menu

Main content |  back to top

Press Releases

Lima Anak Muda Indonesia Raih Beasiswa Pascasarjana di Inggris dan Belanda melalui Program Shell Centenary Scholarship Fund

Shell Indonesia memberikan beasiswa kepada lima anak muda Indonesia yang berprestasi dan berhasil melewati tahap seleksi untuk melanjutkan pendidikan Pascasarjana/Strata Dua (S2) di Inggris dan Belanda. Melalui program “The Shell Centenary Scholarship Fund” Shell menunjukkan komitmennya di bidang pendidikan dan masa depan anak bangsa Indonesia.

Shell Indonesia memberikan beasiswa kepada lima anak muda Indonesia yang berprestasi dan berhasil melewati tahap seleksi untuk melanjutkan pendidikan Pascasarjana/Strata Dua (S2) di Inggris dan Belanda. Melalui program “The Shell Centenary Scholarship Fund” Shell menunjukkan komitmennya di bidang pendidikan dan masa depan anak bangsa Indonesia. Untuk periode 2009, telah terpilih lima anak muda, yaitu Laura Natalia yang berhasil masuk di University of Technology Eindhoven, Shelvia Andi di University of Cambridge, Heidi Agasti Soedarmo yang lolos seleksi masuk University of Technology Delft, Sri Susanti yang diterima di University of Technology Delft dan Romora Sitorus yang berhasil masuk Durham University. Empat dari penerima beasiswa adalah sarjana strata satu dari Institut Teknologi Bandung dan satu dari Universitas Gajah Mada.

Sejak 1997, program The Shell Centenary Scholarship Fund telah memberikan beasiswa kepada anak muda dari berbagai negara berkembang di dunia. Di Indonesia, Shell telah memberikan beasiswa kepada 16 mahasiswa sejak pertama kali diselenggarakan. Program ini didukung oleh tujuh universitas di Inggris dan tiga universitas di Belanda. Ketujuh universitas di Inggris  adalah University of Cambridge, Durham University, The University of Edinburgh, Imperial College London, University of Leeds, The University of Oxford dan University College London,  sedangkan di Belanda adalah Delft University of Technology, Eindhoven University of Technology dan University of Twente. Pemberian beasiswa ini bertujuan untuk membantu negara berkembang menyiapkan generasi penerus yang berpeluang menjadi pemimpin, pengambil keputusan dan opinion formers.

Darwin Silalahi, Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia mengatakan, “Di Shell, kami sangat peduli dengan generasi muda Indonesia yang merupakan generasi penerus masa depan bangsa. Melalui program The Shell Centenary Scholarship Fund, kami berkomitmen untuk mendorong generasi muda untuk tumbuh, mengembangkan potensinya serta turut berkontribusi terhadap perkembangan Indonesia.”

Sri Endah, Social Investment Manager PT. Shell Indonesia mengatakan, program Shell Centenary Scholarship Fund merupakan program investasi sosial yang perlu dimanfaatkan oleh anak muda Indonesia. Dengan 90 beasiswa yang diberikan setiap tahun dan diperebutkan oleh anak-anak muda di 60 negara berkembang di dunia, beasiswa Shell Centenary merupakan program yang hanya dapat diraih oleh anak muda berprestasi   yang perlu didukung untuk mendapatkan peluang mengenyam pendidikan lanjutan di universitas unggul di dunia.

Berkomentar berdasarkan pengalamannya setelah mengikuti program The Shell Centenary Scholarship Fund, salah satu alumni 2000/ 2001 yaitu Dwi R Shara Shinta Soekarno yang sudah lulus dari Durham University mengatakan: “Beasiswa The Shell Centenary Scholarship Fund yang tadinya diharapkan memberikan kesempatan untuk melanjutkan sekolah yang tidak mungkin saya lakukan dengan biaya sendiri, ternyata memberikan keuntungan yang jauh lebih besar dari perkiraan saya. Banyak sekali ilmu-ilmu baru, pengalaman yang didapatkan, serta mendapat kesempatan untuk bisa bertukar pikiran dengan teman-teman dari berbagai penjuru dunia yang mempunyai latar belakang budaya dan ilmu yang berbeda-beda.”

Direncanakan, kelima mahasiswa penerima beasiswa tersebut akan memulai tahun akademis Agustus dan September, dimana mereka akan mendapat pembiayaan untuk pendidikan, akomodasi serta transportasi.

Tentang Shell Centenary Scholarship Fund

Di bulan Oktober 1997 Shell Transport and Trading Company plc merayakan seabad berdirinya perusahaan. Untuk menandai perayaan tersebut dengan cara yang memiliki makna lebih dan dapat dikenang, Royal Dutch/Shell Group of Companies mendirikan The Shell Centenary Scholarship Fund sebagai kegiatan amal yang mendanai Shell Centenary Scholarship. Beasiswa-beasiswa ini mendukung peningkatan pendidikan dan kerja sama di seluruh dunia dengan cara memberikan kesempatan bagi para lulusan S1 dari negara asing untuk belajar di Kerajaan Inggris (UK).

Berbagai perguruan tinggi memberikan dukungan pada pendanaan beasiswa tersebut dari sumber pendanaan dan melalui dana perwalian mereka masing-masing. Beasiswa tersebut diberikan dengan maksud memberikan dampak yang global. Namun, sebagai upaya untuk mencapai sasaran dalam memberikan dukungan bagi yang mereka yang paling kurang mampu dalam membantu diri mereka sendiri, maka siswa-siswa yang berasal dari negara yang menjadi anggota di Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tidak diperkenankan untuk berpartisipasi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
www.shell.com/indonesia