Jump menu

Main content |  back to top

Press Releases

Wirausaha Muda Pemula Raih Penghargaan Shell LiveWIRE - Business Start-Up Awards (BSA) 2009

Shell Indonesia berikan penghargaan kepada 10 pemenang Shell LiveWIRE – BSA 2009

PT Shell Indonesia kembali memberikan apresiasi kepada para generasi muda yang telah berhasil membuktikan diri menjadi wirausahawan muda pemula yang terbaik dengan memberikan penghargaan Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards (BSA) 2009. Acara penyerahan penghargaan kepada 10 pemenang Shell LiveWIRE BSA 2009 telah digelar pada Kamis (4/6) di Jakarta. Hadir dalam acara tersebut, President Director dan Country Chairman  PT Shell Indonesia  Darwin Silalahi mendampingi Asdep Kader Kewirausahaan  Pemuda - Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI Drs. H. Sukarno, MM yang mewakili Menteri Pemuda dan Olah Raga Adhyaksa Dault.

Adhyaksa Dault dalam sambutan yang diwakili nya menyatakan terimakasih dan apresiasinya terhadap Shell Indonesia atas usaha dan dukungannya dalam mendorong generasi muda Indonesia menjadi wirausahawan muda berkualitas. “Apa yang dilakukan oleh Shell Indonesia melalui program Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards dapat dijadikan inspirasi bagi institusi lain, dengan demikian akan semakin banyak generasi muda yang dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam turut membangun negeri,” tambahnya lagi.

Para pemenang Shell LiveWIRE BSA Awards 2009 masing-masing berhak mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta.  Yang tak kalah penting, para pemenang juga mendapatkan pelatihan dan nasihat usaha serta ekspose media. Ke-10 pemenang tersebut merupakan hasil seleksi juri dari 14 peserta terbaik yang masuk tahap final. Para juri adalah praktisi papan atas yang berasal dari berbagai profesi yaitu akademisi, perbankan, media, pengusaha dan dari Shell sendiri. Kali ini, Sandiaga Uno, Kepala Kamar Dagang dan Industri (KADIN) bidang UKM, menjadi Ketua Dewan Juri.

Sandiaga Uno mengatakan, “Banyak ide kreatif dari bisnis yang ditawarkan para finalis dan layak diacungi jempol. Bisnis yang mereka coba kembangkan merupakan hasil dari pengamatan lingkungan yang ada di sekitar mereka, sehingga lahir aneka produk variatif yang sangat menjanjikan prospeknya. Para wirausaha muda pemula yang memiliki potensi ini sangat layak mendapatkan dukungan dan bimbingan, agar bisnisnya tidak berhenti di tengah jalan.”
Upaya Shell Indonesia mengembangkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda berangkat dari perhatian perusahaan terhadap angka penggangguran yang tinggi. Meskipun berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran terbuka di Indonesia pada Februari 2009 tercatat sebesar 9,26 juta orang atau 8,14% dari total angkatan kerja. Angka ini  turun dibandingkan periode yang sama tahun 2008 yang sebesar 9,43 juta orang (8,46%). Namun upaya untuk menekan angka pengangguran harus terus dilakukan agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.  

Dalam sambutan pembukaannya Darwin Silalahi mengatakan, “Merupakan komitmen Shell untuk dapat memberikan bukti nyata kepada masyarakat di setiap tempat kami berbisnis. Dengan semangat tersebut, kami ingin berperan positif mengembangkan ekonomi Indonesia khususnya dalam mengurangi angka pengangguran di kalangan anak muda.” Ia pun menyatakan kegembiraannya atas antusiasme para generasi muda dalam mengikuti ajang Shell LiveWIRE BSA 2009. Selain itu, pelatihan kewirausahaan LiveWIRE yang telah diselenggarakan di 25 lokasi di seluruh Indonesia telah diikuti oleh 3000 anak muda. Pelatihan itu dilakukan atas kerjasama dengan universitas setempat. ”Ini menunjukan bahwa banyak generasi muda Indonesia yang memiliki semangat enterpreneur. Semangat mereka tak harus pupus akibat kendala yang seharusnya dapat kita dukung bersama,” tambahnya lagi.

Aspek penilaian pada Shell LiveWIRE BSA 2009 ini terdiri dari: Kewirausahaan, Situasi Bisnis dan Perencanaan ke Depan. Untuk aspek kewirausahaan, penilaiannya meliputi: ide bisnis, inovasi, tujuan dan motivasi pribadi. Sementara untuk aspek situasi bisnis, penilaiannya meliputi: kinerja operasional, seperti efisiensi, penjualan dan pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, teknologi dan hak intelektual. Untuk aspek perencanaan ke depan, penilaiannya meliputi: tujuan jangka panjang, rencana strategis serta peluang pengembangan usaha.

Program Shell LiveWIRE BSA 2009 merupakan investasi sosial dari PT Shell Indonesia yang bertujuan untuk memotivasi para wirausahawan muda pemula berusia 18 – 32 tahun yang telah memulai dan menjalankan usahanya selama minimal 3 bulan dan maksimal 24 bulan. Dengan bekerjasama dengan UKM Center FE- Universitas Indonesia, sebanyak lebih dari 300 proposal yang berasal dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Jawa Tengah Jawa Timur dan Bali masuk mendaftarkan diri mengikuti ajang  yang telah dilaksanakan 3 (tiga) kali sejak tahun 2003.

Tentang Shell LiveWIRE

Shell LiveWIRE BSA 2009 merupakan bagian dari program Shell LiveWIRE yang telah dilaksanakan oleh PT Shell Indonesia sejak tahun 2003. Selain ajang penghargaan “Business Start-Up Awards”, Shell LiveWIRE juga mengadakan program pelatihan, konsultasi bisnis dan diskusi bisnis untuk membantu dan memberikan inspirasi kepada kaum muda untuk tertarik memulai bisnis atau mengembangkan usaha yang sudah dirintisnya.

Sebagai bagian dari program sosial Shell Internasional, hingga saat ini, program Shell LiveWIRE telah diaplikasikan di lebih dari 23 negara dan telah membantu mengembangkan lebih dari 2.800 bisnis baru serta menciptakan lapangan kerja bagi 8,900 tenaga kerja. Sejak dimulai pada tahun 1982, program ini telah memberikan kontribusi kepada 1.3 juta anak muda dalam mengembangkan ide dan bisnisnya melalui informasi, saran dan dukungan yang diperolehnya.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
www.shell.com/indonesia

Ruli Nurlaili
Consultant
G.Communication
Phone:+62 21 4246413
Fax:+62 21 4254108