Jump menu

Main content |  back to top

Media Releases

Kementerian Koperasi & UKM dan Shell Indonesia Menandatangani Nota Kesepakatan Pengembangan Wirausaha Muda Indonesia

Pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat masih merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian serius di Indonesia. Pemberdayaan pengusaha dan pemerintah sebagai salah satu penggerak dan pemacu munculnya pengusaha-pengusaha muda baru di Indonesia merupakan salah satu solusi yang konkrit yang dapat dikerjakan. Dalam rangka pengembangan wirausaha muda di Indonesia, Kementerian Koperasi & UKM bersama PT Shell Indonesia menjalin kerjasama.

Penandatanganan nota kesepahaman yang disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan ini dilaksanakan oleh Neddy Rafinaldy Halim, Deputi Bidang Pengembangan SDM dari Kementerian Koperasi dan UKM dengan Darwin Silalahi, President Director and Country Chairman PT Shell Indonesia. Nota kesepakatan bersama ini merupakan landasan bagi kedua pihak dalam melakukan kerja sama untuk pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

Pengembangan kewirausahaan di kalangan anak muda merupakan bagian dari program investasi sosial (CSR). Program yang diberi nama Shell LiveWIRE ini bertujuan memicu semangat kewirausahaan dan memacu pengembangan usaha yang dijalankan oleh anak muda. Hal ini sejalan dengan program kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM yang memfokuskan pada para lulusan Sarjana. Dengan nota kesepakatan ini, maka Shell Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM dapat saling mendukung implementasi masing-masing program tersebut. Kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM memberikan nilai tambah bagi pesertaShell LiveWIRE workshop, karena peserta dapat mengakses fasilitas lembaga keuangan maupun perusahaan, terutama pemerintah melalui program koperasi civitas akademi yg dijalankan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Sjarifuddin Hasan, Menteri Koperasi dan UKM mengatakan, ”Kerjasama ini mendukung pencapaian target pelaksanaan program wirausaha muda pemerintah dalam rangka mendorong pertumbuhan wirausahawan baru dari kalangan sarjana. Tentu dengan harapan dapat membuka peluang terciptanya lapangan kerja, mengurangi jumlah penduduk miskin melalui upaya pengikatan produktivitas dikalangan sarjana, menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi nasional serta menciptakan pengusaha-pengusaha berwawasan global yang menghasilkan produk-produk global. Saya yakin potensi di kalangan muda Indonesia untuk berwirausaha cukup besar.

Darwin Silalahi mengatakan, “Pada awal mula program Shell LiveWIRE di Indonesia tahun 2003, program ini kami lakukan sendiri dengan skala terbatas. Kemudian dengan seiringnya waktu, kerjasama berkembang dengan puluhan universitas serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM diharapkan menjadi tonggak sejarah baru bagi Shell LiveWIRE, dan menjadikan program kewirausahaan ini dapat terakselarasi jangkauan dan dampaknya, sehingga dapat menginspirasi jauh lebih banyak anak muda serta memberikan kontribusi yang lebih signifikan bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program Shell LiveWIRE ini memiliki semangat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda Indonesia dan sekaligus memberikan penghargaan atas usaha yang telah dikembangkannya. Tahun lalu, program Shell LiveWIRE berhasil mendapat penghargaan Excellence Award for Best Corporate Sustainability for Community Deveopment 2009 dari Indonesian-Netherlands Association (INA). Selain itu, lima pemenang Shell LiveWIRE Business Start-Up Awards juga dinominasikan oleh majalah BusinessWeek Asia sebagai Asian Best Young Entrepreneurs of the Year 2009.

Sejak 2003, LiveWIRE Indonesia telah membantu lebih dari 4,000 anak muda untuk menggali potensi memulai bisnis dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan di 32 lokasi di seluruh Indonesia, bekerja sama dengan universitas setempat untuk menyebarkan semangat wirausaha.

Pada tahun 2009, Shell Indonesia juga telah menandatangani nota kesepakatan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam pemberian program bimbingan dan konsultasi bisnis  bagi wirausaha muda binaan Shell LiveWIRE.

Tentang Shell LiveWIRE
Shell LiveWIRE adalah salah satu program Investasi Sosial/Corporate Social Responsibility (CSR) Shell Internasional yang dilakukan secara global. Tujuan utama dari program ini adalah mendukung tumbuhnya kewirausahaan di kalangan anak-anak muda, dan khususnya memberikan motivasi dan inspirasi bagi mereka untuk memulai bisnis. Program Shell LiveWIRE merupakan bagian dari program sosial Shell Internasional yang pertama kali diluncurkan di Shell Skotlandia tahun 1982, dan kini sudah dilaksanakan di lebih dari 23 negara di dunia. Program ini telah membantu mengembangkan lebih dari 2.800 bisnis baru serta menciptakan lapangan kerja bagi 8,900 tenaga kerja. Sejak dimulai pada tahun 1982, program ini telah memberikan kontribusi kepada 1.3 juta anak muda dalam mengembangkan ide dan bisnisnya melalui informasi, saran dan dukungan yang diperolehnya. Di Indonesia sendiri program ini telah dimulai sejak tahun 2003.

Untuk keterangan lebih lanjut, foto atau wawancara dapat menghubungi:

Dharmono
Humas Kementerian Koperasi dan UKM
Republik Indonesia
Jl. HR Rasuna Said Kav. 3-4
Telp. +62 21 52992798
Fax: +62 21 520 4383
Email: agus_sudharmono@yahoo.com
www.depkop.go.id/

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
Email: fathia.syarif@shell.com
www.shell.com/indonesia