Jump menu

Main content |  back to top

News and Media Releases

Turut Membangun Karakter Bangsa: Tim Indonesia Untuk Shell Eco-marathon Asia 2010

Sebagai puncak acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2010, Kementerian Pendidikan Nasional akan memperkenalkan sembilan kendaraan hemat energi karya anak bangsa dari empat universitas negeri terkemuka UI, ITB, ITS dan UGM yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2010.

Sebagai puncak acara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2010, Kementerian Pendidikan Nasional akan memperkenalkan sembilan kendaraan hemat
energi karya anak bangsa dari empat universitas negeri terkemuka UI, ITB, ITS dan UGM yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2010. Acara puncak dari rangkaian Hari Pendidikan Nasional yang tahun ini bertema “Pendidikan Karakter untuk Membangun Keberadaan Bangsa”, dibuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia, di Istana Negara.

SEM Asia 2010 adalah sebuah ajang pendidikan yang bertujuan memotivasi kreatifitas dan inovasi mahasiswa dalam menjawab tantangan di bidang kelangkaan energi di masa depan dengan menciptakan kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal mungkin.

Darwin Silalahi, President Director dan Country Chairman PT Shell Indonesia, mengatakan, “Kami menyambut baik dan berterima kasih atas dukungan pemerintah untuk memotivasi mahasiswa/i Indonesia dalam menjawab tantangan ketahanan energi. Partisipasi mahasiswa/i dalam Shell Eco-marathon memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk membangun karakter dengan mengedepankan keperdulian terhadap tantangan besar Indonesia, pentingnya penguasaan teknologi, pengembangan kepemimpinan kelompok, serta dorongan untuk menjadikan sebuah gagasan atau imajinasi menjadi kenyataan."

Dr. Muhammad Nur Yuniarto, dosen pembimbing tim prototype ITS, mengatakan “Tim ITS tidak setengah-setengah dalam persiapan lomba kali ini. Kami selalu berupaya melakukan yang terbaik. Kami mendesain dan membuat semua bagian kendaraan kami. Hal yang paling membanggakan adalah kami menggunakan mesin buatan kami sendiri yang kami beri nama PAIJO EXPERIMENT 01. Mesin ini menjadi tonggak dan tanda bahwa mahasiswa Indonesia mampu membuat mesin sendiri. Kedepannya kami berharap teknologi yang kami gunakan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Indonesia secara umum. Kami
bangga bisa menunjukkan karya kami di Istana Negara. Ini merupakan rekognisi yang luar biasa.”

Cahyo, ketua The Dazzling Tim UI, mengatakan ”Dengan berpartisipasi dii SEM Asia 2010, kami berharap menjadi pionir untuk dapat berkarya bagi negeri ini. SEM Asia 2010 ini memberikan kesempatan kepada kami untuk mengaplikasikan berbagai ilmu yang sudah kami pelajari pada saat kami menciptakan kendaraan-kendaraan kami, berbasiskan kreativitas dan pengembangan tiada henti.”

Untuk Informasi dan keterangan mengenai SEM, silakan hubungi:


Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679