Jump menu

Main content |  back to top

Press Releases

Jarak Anyer-Panarukan Dengan 1 Liter Bensin

UGM Meluncurkan Semar: Mobil Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Tim SEMART dari Universitas Gadjah Mada (UGM) siap mengikutsertakan kendaraan SEMAR, yang mampu menempuh jarak setara Anyer – Panarukan hanya dengan 1 liter bensin, ke ajang Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2010 di Sirkuit Sepang, Malaysia 8-10 Juli. Keikutsertaan UGM pada ajang internasional ini merupakan wujud nyata visi UGM menjadi World Class Research University (universitas riset kelas dunia). Kendaraan super efisien dan ramah lingkungan ini diluncurkan pada Rabu, 17 Maret dengan arak-arakan dari kampus UGM menuju alun-alun kota Yogya.

SEM ASIA 2010 adalah sebuah ajang pendidikan yang bertujuan memotivasi kreatifitas dan inovasi mahasiswa dalam menjawab tantangan di bidang kelangkaan energi di masa depan dengan menciptakan kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar seminimal mungkin. Jenis kendaraan yang dikompetisikan terbagi dua kategori yakni futuristic prototype dan urban concept. Desain futuristic prototype menuntut kendaraan agar dapat memaksimalkan efisiensi energi dan mengurangi gaya hambat angin. Sementara desain urban concept merupakan desain realistis yang dapat digunakan di perkotaan. SEMAR termasuk dalam kategori futuristic prototype.

Filosofi pemberian nama mobil ini “SEMAR” didasarkan pada tiga hal yaitu : SEMAR merupakan nama yang unik, mudah diingat, dan mencerminkan kebudayaan asli Indonesia karena mengambil salah satu karakter dari tokoh pewayangan. Mobil SEMAR mengangkat sisi menarik tokoh Semar yang kuat dan adiluhung.

Rektor UGM Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng. Ph.D mengatakan, "Pembuatan Si Semar, adalah contoh rintisan terpuji dalam perjalanan mahasiswa calon pemimpin bangsa pada bidangnya, yang berambisi mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan melalui karya nyata penerapan ilmu pengetahuan bagi kebudayaan, kemanfaatan dan kebahagiaan manusia." Keikutsertaan UGM di SEM Asia 2010 sesuai dengan salah satu visi dan misi UGM sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia yakni menuju perguruan tinggi Tri Dharma : sebagai kampus kerakyatan, research university, dan sebagai kampus sosiokultural.

Darwin Silalahi, Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia, mengatakan, “Shell Eco-marathon memberikan kesempatan kepada generasi muda yang tertarik dengan teknologi, energi dang transportasi, sebuah wadah yang unik untuk men-showcase inovasi mereka.  Kami bangga Tim Semart dari UGM, sebagai salah satu dari 9 tim dari Indonesia yang akan berlaga di SEM Asia 2010 nanti, sudah dapat meluncurkan kendaraannya. Sebagai wakil bangsa Indonesia di ajang tersebut, kami berharap ke-9 tim dari UGM, ITS, UI dan ITB dapat unjuk gigi dan berprestasi di tingkat internasional.”

Secara keseluruhan mobil SEMAR memiliki panjang total 2.7 m, tinggi 0.8 m, dan lebar total 0.88 m. Body kendaraan terbuat dari bahan fiber composite dan berkonsep airfoil untuk mengurangi coefisien of drag (CD) dari kendaraan. Struktur rangka dari kendaraan SEMAR menggunakan kombinasi plat dan profile almunium yang didesain sedemikian hingga berat struktur body tidak lebih dari 25 kg, termasuk berat mesin, sehingga sangat ringan.

Kendaraan ini didesain dengan 3 roda berpenggerak dan steering roda belakang. Sedangkan sebagai penggerak mula, digunakan mesin 4-tak dengan kapasitas 25 cc yang mengaplikasikan sistem injeksi yang dapat diprogram. Dengan sistem ini diharapkan konsumsi bahan bakar dapat dioptimalisasi dengan tepat sesuai dengan kebutuhan riil.

Dengan konsep tersebut di atas, kendaraan ini diharapkan dapat melaju dengan konsumsi bahan bakar seminimal mungkin, sehingga menjadi kendaraan ramah lingkungan. Harapannya kendaraan SEMAR dapat menempuh jarak kurang lebih 1000 km atau setara dari Anyer sampai Panarukan dengan konsumsi bahan bakar 1 liter bensin. Selain itu kelebihan lain dari kendaraan ini adalah memiliki body yang sangat unik, mengaplikasikan prinsip perforated suction untuk menambah keaerodinamisan kendaraan, dan menggunakan teknologi sederhana namun tepat guna.

TIM UGM telah mendapatkan banyak dukungan dari berbagai kalangan antara lain dari pihak alumni, jurusan, universitas, pemerintah kota, Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Gubernur pemerintah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pemerintah provinsi Kalimantan Timur, dan tentunya masyarakat Yogyakarta. Selain itu, TIM UGM juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Shell Indonesia, Medco E & P, BP Migas, Yamaha, Garuda Indonesia, Indosaparela, dan Grandstar. Garuda Indonesia mendukung semua tim SEM Asia dari Indonesia dengan memberikan tiket pesawat gratis kepada anggota inti. SEMAR tentunya akan menjadi salah satu ikon Universitas Gadjah Mada sebagai universitas penelitian kelas dunia dan sebagai wujud nyata UGM sebagai kampus riset yang inovatif dan mendukung adanya konservasi energi demi tercapainya efisiensi energi yang lebih baik.

“Menang memang harapan semua orang, tapi bagi tim UGM menang bukanlah segalanya. Yang paling penting adalah partisipasi kita. Sekecil apapun partisipasi kita, menunjukkan bahwa kita telah ikut berkontribusi dalam mencari solusi yang dihadapi bangsa kita khususnya dalam masalah kelangkaan energi dan lingkungan,” ungkap Dr. Ir. Suhanan, DEA, selaku ketua Jurusan Teknik Mesin dan UGM memberikan semangat kepada tim SEMART.

Untuk Informasi dan keterangan mengenai Shell dan SEM, hubungi:

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
www.shell.com/indonesia

Untuk Informasi dan keterangan mengenai  SEMAR Project, hubungi:

Jayan Sentanuhady
Dosen Pembimbing
Phone: 081 227 00187

Teofilus Hartono
Ketua tim SEMART
Phone: 0856 282 2682
teofilus_777@yahoo.com