Jump menu

Main content |  back to top

Media Releases

UI Wakili Indonesia Dalam Kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2010

Mahasiswa UI Ciptakan Kendaraan Hemat Energi dan Ramah Lingkungan.

Sebagai perwakilan Indonesia pada kompetisi Shell Eco-marathon Asia 2010, untuk pertama kalinya Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) akan memperkenalkan tiga jenis kendaraan hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan aman pada Grand Launching kendaraan Shell Eco-marathon  UI  pada hari Jumat, 30 April 2010 di Balai Sidang UI, Kampus Depok.

Produk  inovatif karya mahasiswa FTUI ini mengusung tema ”Hemat Energi dan Ramah Lingkungan ” yang direpresentasikan pada tiga jenis mobil dengan nama KERIS, PASOEPATI dan EQUATOR.  Rektor UI, Prof. Gumilar R. Somantri menegaskan bahwa UI sangat peduli pada ancaman energy shortage dan decreasing environment quality. Melalui kompetensi UI di bidang ilmu pengetahuan, upaya-upaya pengembangan teknologi yang berkualitas dan ramah lingkungan senantiasa menjadi perhatian utama.

Darwin Silalahi, Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia, mengatakan,  “Sebagai universitas yang mengedepankan inovasi dan riset di bidang teknologi, UI berhasil melucurkan 3 kendaraan sekaligus sebagai wakil Indonesia untuk SEM Asia 2010. Kami percaya bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi yang besar dalam memberikan solusi terhadap tantangan energi masa depan yang bermanfaat terhadap masyarakat Indonesia dan dunia."

Grand Launching kendaraan Shell Eco-marathon UI ini merupakan bagian dari serangkaian acara dalam menyambut ajang kompetisi bergengsi Shell Eco-marathon Asia 2010 yang melibatkan 108 kontestan terbaik di level Asia pada 8-10 Juli 2010 di Sepang International Circuit, Malaysia.  Ketiga jenis mobil yang akan diluncurkan ini secara utuh dikonsep dan dikembangkan oleh tangan-tangan mahasiswa FTUI dan menjadi Pandawa Indonesia pada ajang prestisius tersebut.  Dengan semangat ”Merah Putih”, ketiganya ini akan bertarung pada dua kategori kendaraan, yaitu tipe prototype yang futuristik (berkonsep mobil masa depan) dan tipe urban yang berspesifikasi kendaraan perkotaan ramah lingkungan. Shell Eco-marathon Asia 2010 merupakan perhelatan akbar bagi anak-anak muda di Asia menuju perkembangan konsep kendaraan masa depan.

Tentang Kendaran SEM UI : Keris, Pasoepati dan Equator

Keris merupakan karya Tim Dazzlings FTUI yang masuk dalam kategori Futuristic Prototype. Secara filosofis terinspirasi dari senjata etnis Indonesia yang memiliki bentuk unik dan motif estetik. Mobil bermesin SOHC, kapasitas 35 cc dengan kompresi 4 tak ini merupakan konsep mobil masa depan yang ideal dengan mengedepankan desain modern dan irit bahan bakar yang ramah lingkungan.
 
Pasoepati, kendaraan berkapasitas satu penumpang memiliki keunggulan pada akesibilitas dan kemudahan aplikasi desain / bentuk. Ide awal desain body terinspirasi dari bentuk ikan karena  ikan memiliki bentuk tubuh yang aerodinamis dan memiliki kontur streamline yang membuatnya mudah cepat bergerak di dalam air.  Mobil besutan Tim Yellow Makara ini bermesin Mahator 125 cc dengan kompresi 4 tak sehingga dapat menempuh jarak 200 km dengan satu liter bensin. Pasoepati masuk dalam kategori Urban Concept dan memiliki koefisiean drag yang kecil sehingga mengurangi hambatan udara ketika mobil melaju.
 
Equator, mobil karya Tim Zamrud Khatulistiwa FT UI masuk dalam kategori Urban Concept, didesain dengan mengedepankan konsep aerodinamis, streamline, efisien, dan mengutamakan kenyamanan pengendara dengan adanya  lekukan pada sisi samping mobil yang dapat menimbulkan down force sehingga mobil tidak ada guncangan saat melaju di kecepatan tinggi. Equator mengandalkan mesin Suzuki 110 cc dengan kompresi 4 tak, Equator diproyeksikan dapat menempuh jarak sejauh 300 km dengan satu liter bensin.

Selain Shell sebagai penyelenggara SEM Adia 2010, tim UI menghargai dukungan para sponsor yang telah membantu dalam persiapan menuju SEM Asia 2010 antara lain : Garuda Indonesia, Suzuki dan Karoseri Roda Tangerang.

Untuk Informasi dan keterangan mengenai Shell dan SEM, hubungi: 

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
www.shell.com/indonesia

Vishnu Juwono
Kepala Kantor Komunikasi UI
vjuwono@ui.ac.id