Jump menu

Main content |  back to top

News and Media Releases

Shell untuk Pelestarian Lingkungan untuk Mewujudkan PANJI KAMI (Panjang Jiwo Kampung Asri, Mandiri dan Inspiratif)

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni kemarin, Shell menggelar program SUPEL (Shell Untuk Pelestarian Lingkungan).

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni kemarin, Shell menggelar program SUPEL (Shell Untuk Pelestarian Lingkungan). Peluncuran SUPEL diselenggarakan di Panjang Jiwo Surabaya dengan tema PANJI KAMI (Panjang Jiwo Kampung Asri, Mandiri dan Inspiratif). Kegiatan ini merupakan kemitraan antara Shell, warga Panjang Jiwo, Pemerintah Kota Surabaya dan Pusdakota Universitas Surabaya.

Wally Saleh, Vice President Director, Business Development PT Shell Indonesia mengatakan,  “Shell memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi menjadi bagian dari masyarakat yang bertanggung jawab dimanapun kami beroperasi. Melalui program SUPEL ini, Shell berharap dapat membantu membangun kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat sekitar tempat kami beraktifitas. Kami mengharapkan masyarakat Panjang Jiwo dapat membawa  kampungnya menjadi lebih ramah lingkungan, lebih peduli sanitasi, produktif dan menjadi percontohan bagi kampung yang lain."

Hidayat Syah Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya menyampaikan, “Langkah yang diambil Shell merupakan langkah yang tepat dengan mengembangkan program pertanggungjawaban perusahaan yang semakin kontekstual terhadap kebutuhan masyarakat. Surabaya sangat berterimakasih atas kesadaran komunitas Panjang Jiwo membantu menata wajah kota dan dengan bangga mendukung seluruh partisipasi warganya. Semoga budaya rasa memiliki masyarakat Panjang Jiwo semakin melengkapi dan memperluas gerakan ligkungan oleh seluruh masyarakat kota. Pelaksanaan program SUPEL- dan PANJI KAMI yang melibatkan pihak swasta, pemerintah dan komunitas hendaknya semakin memotivasi semua pihak, bahwa perbaikan lingkungan dapat dimulai dari sesuatu yang sederhana dari lingkungan terdekat kita. Pemerintah menghimbau agar program ini tidak membuat kita terlena dan terjebak dalam kegiatan-kegiatan sesaat atau gebyarnya saja, karena perawatan yang menjamin keberlanjutan kesadaran lingkungan adalah tantangan terberat bagi kita.”

Acara ini melibatkan sekitar 1000 partisipan multipihak, yang terdiri dari warga, pimpinan dinas terkait, lembaga pendidikan, perusahaan, kader lingkungan, kader kesehatan, anak-anak dan kaum muda. Pemkot Surabaya dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) turut menghadiri acara tersebut. Berbagai aktifitas yang akan digelar antara lain; gerak jalan, lomba lukis anak, eksposisi karya kader kesehatan, gelar seni warga, pelatihan manajemen sumberdaya alami, pelatihan tata kelola sanitasi dan penandatanganan prakarsa bersama antara Shell, Pemerintah Kota Surabaya dan Komunitas dalam mewujudkan PANJI KAMI.

Program SUPEL – Panji Kami ini akan berlangsung selama enam bulan dan diharapkan mampu meningkatkan kepedulian warga dalam mengelola lingkungan berbasis 3 R (Reduce, Reuse & Recycle atau 3 M yaitu Mengurangi, Menggunakan Kembali & Mendaur Ulang) dan menjadikan Panjang Jiwo sebagai model kampung ramah lingkungan dengan dan menjadi agen perubahan untuk peduli lingkungan.

Kesungguhan semua pihak mewujudkan impian pelestarian lingkungan dideklarasikan dalam aksi pemilahan sampah secara massal, penghijauan di lahan kosong dan gang-gang kampung, serta pembersihan saluran drainase di RW 01 Panjang Jiwo. Kepedulian tersebut akan dikukuhkan dalam jalinan sosial multipihak. Momentum ini selanjutnya akan dijadikan landas pacu untuk mewujudkan budaya bersih, asri, sehat dan produktif di komunitas Panjang Jiwo.

Untuk Informasi dan keterangan lebih lanjut, hubungi:

Fathia Syarif
Manager - Media Relations, External Affairs & Communications
PT Shell Indonesia
Email: fathia.syarif@shell.com
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679