Di bawah lautan di muka bumi ini – di dalam perairan dengan kedalaman yang berkisar antara beberapa ratus hingga beberapa ribu meter, terdapat pasokan minyak dan gas alam yang melimpah dan berpotensi melejitkan pertumbuhan ekonomi dan memainkan peran penting dalam bauran energi di masa depan.

Suhu yang sangat dingin, tekanan air yang sangat besar, dan kegelapan palung semuanya menyebabkan proses produksi minyak dan gas dari laut dalam menjadi tantangan teknis yang besar. Kami telah berupaya mendorong batas-batas yang mungkin diwujudkan dan dicapai secara aman untuk membuka sumber daya yang dibutuhkan dunia ini.

Shell telah berpengalaman puluhan tahun dalam mengembangkan dan mengoperasikan proyek laut dalam, dengan lebih dari 20 proyek besar yang aktif saat ini, serta proyek baru signifikan yang sedang dikembangkan. Aktivitas laut dalam kami membentang dari Teluk Meksiko hingga Laut Tiongkok, dari paparan benua Norwegia hingga perairan lepas pantai Nigeria.

Baca bagaimana kami menaklukkan tantangan laut dalam

Manfaat lokal

Kami bekerja sama dengan orang-orang yang tinggal dekat dengan operasi kami dan memberikan manfaat bagi masyarakat di darat. Proyek kami memberikan kontrak kepada pemasok lokal dan merangsang pertumbuhan industri pendukung, seperti perahu dan material. Di Brasil dan Nigeria, misalnya, kami membantu menciptakan generasi pertama insinyur minyak dan gas nasional. Di Malaysia, kami mendukung sebuah skema pelatihan, bersama dengan pihak berwenang setempat, untuk menguji kualifikasi juru las yang banyak dibutuhkan untuk industri minyak dan gas.

Baca lebih lanjut tentang masyarakat lokal di dekat operasi laut dalam kami

Seorang pria sedang bekerja di anjungan dengan seragam keselamatan lengkap

Utamakan keselamatan

Di seluruh operasi kami, termasuk operasi yang berada jauh di bawah permukaan laut, keselamatan selalu menjadi prioritas utama kami. Semua sumur laut dalam Shell harus memenuhi standar rancangan dan konstruksi yang ketat. Sumur tersebut dibor dan diselesaikan oleh insinyur yang telah menjalani pelatihan bertahun-tahun. Kami menggunakan sensor canggih untuk memantau sumur laut dalam secara langsung selama pengoperasian. Dengan demikian para insinyur yang berada di pusat operasi darat dapat mengidentifikasi potensi risiko dan segera meresponsnya.

Baca lebih lanjut tentang keselamatan di laut dalam

Proyek laut dalam kami

Proyek laut dalam kami yang utama meliputi Perdido di Teluk Meksiko, yang mencatat rekor kedalaman air untuk anjungan pengeboran dan produksi minyak lepas pantai pada kedalaman 2450 meter (8000 kaki).

Kami juga tengah mengembangkan Stones, sebuah pengembangan minyak dan gas laut ultra-dalam yang akan menaungi fasilitas produksi terdalam di dunia dengan kedalaman 2900 meter (9500 kaki).

Lebih Lanjut dalam Energi dan Inovasi

Menjawab tantangan teknologi

Kami mengembangkan teknologi inovatif untuk menemukan dan membuka dengan aman lebih banyak energi yang terjangkau dari tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Gas alam

Kami membantu menggerakkan kehidupan di seluruh dunia dengan gas alam, hidrokarbon dengan pembakaran paling bersih.