"Saya kira setiap orang berbeda, apakah Anda penyandang disabilitas atau tidak. Apa pun perbedaannya tidaklah menjadi masalah. Dan kita harus merayakan perbedaan tersebut."

Bob Nolan, Pimpinan Dukungan Bawah Permukaan dan Sumur – Eropa
Bob Nolan sedang mengendarai sepeda
Bob telah meniti karier ini sekalipun secara teknis ia merupakan seorang tuna netra sekaligus tuna rungu.

Di Shell, kami menciptakan ruang yang membuat orang-orang dengan disabilitas tetap bisa berkembang. Mulai dari menjadikan proses perekrutan terbuka dan transparan bagi semua orang, hingga menjadikan tempat kerja sebagai lingkungan yang aman dan memberdayakan.

Saksikan videonya untuk lihat bagaimana Bob Nolan, seorang tuna netra dan tuna rungu, mengelola tim pendukung bawah permukaan dan sumur di empat lokasi Shell di kawasan Eropa.

"Satu hal yang unik terkait disabilitas, keberagaman, dan inklusi adalah tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua. Solusi yang berhasil untuk seseorang tidak selalu berhasil untuk orang lain."

Andy Kneen, Manajer Sumber Daya Manusia untuk Gas dalam Proyek dan Teknologi serta Ketua jaringan enABLE di Belanda.
Andy Kneen berjalan dan berbicara melalui telepon di kantor Shell
Andy pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. Setelah menjalani operasi dan rehabilitasi selama dua tahun, ia merasa siap untuk mencari pekerjaan.

Beragam Dukungan

Untuk mendukung karyawan dengan disabilitas, kami memiliki sejumlah jaringan dukungan internal, yang paling utama adalah Jaringan enABLE. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 di Inggris, sekarang terdapat enam Jaringan enABLE di seluruh dunia, termasuk di Inggris, Belanda, Prancis, AS, Kanada, dan Brasil.

Jaringan enABLE menyediakan forum terbuka untuk melibatkan diri dan berbagi pengalaman bagi orang-orang dengan disabilitas dan bagi mereka yang kehidupannya bersinggungan dengan penyandang disabilitas. Melalui diskusi terbuka ini, jaringan tersebut meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap tantangan yang dihadapi sehingga manajer lini dan rekan kerja memiliki pengetahuan tentang bagaimana mereka dapat berkembang di tempat kerja. Dengan demikian, karyawan dengan disabilitas berkesempatan untuk memperbaiki proses dan lingkungan kerja untuk menjadikannya lebih inklusif bagi semua.

Menciptakan ruang dialog semacam ini adalah hal penting guna memfasilitasi kolaborasi terbuka yang diperlukan agar karyawan dengan disabilitas dapat berhasil.

"Saya mendapatkan dukungan dan bantuan. Mengungkapkan keadaan kita adalah hal yang sangat penting. Ini merupakan bagian dari proses penerimaan."

Thobile Mkhize, Penasihat Keuangan Ritel

Terbuka untuk berbagi

Mengungkapkan disabilitas kepada rekan kerja menjadi salah satu hambatan terbesar yang dihadapi karyawan di tempat kerja. Melalui diskriminasi positif atau negatif, mengungkapkan kondisi sebenarnya kepada rekan kerja menjadi kekhawatiran yang nyata. Kami sangat menganjurkan pengungkapan dan kami juga memberdayakan karyawan untuk mengemukakan permasalahan mereka sehingga kami dapat membantu mengatasinya. Kami meyakini nilai-nilai kejujuran, integritas, dan rasa hormat untuk semua.

Bersama-sama kita menciptakan lingkungan yang benar-benar terbuka dan kolaboratif yang bermanfaat bagi semua karyawan Shell.

"Shell adalah perusahaan pertama yang menghubungi saya. Pada saat itu saya masih menggunakan kursi roda, tetapi mereka meyakinkan bahwa itu bukan masalah. Saya merasa pengalaman perekrutan yang sangat positif, dan akhirnya saya bisa bergabung dengan perusahaan ini. Shell sangat akomodatif dan mereka membuat kesan pertama yang sangat baik."

Andy Kneen, Manajer Sumber Daya Manusia untuk Gas dalam Proyek dan Teknologi

Kesempatan yang setara untuk semua

Tim Keberagaman dan Inklusi (D&I) Shell sangat bangga bisa mempromosikan secara aktif kesempatan yang setara bagi karyawan dengan disabilitas. Komitmen inilah yang pertama kali memikat Andy Kneen, Manajer Sumber Daya Manusia untuk Gas dalam Proyek dan Teknologi, untuk bergabung dengan organisasi ini.

Andy mengalami kecelakaan lalu lintas tidak lama setelah ia lulus dari universitas. Setelah menjalani masa rehabilitasi selama dua tahun, ia merasa siap untuk mencari pekerjaan.

Beberapa tahun kemudian, Andy ingin membalas budi, sehingga pada tahun 2005 ia bergabung dengan Jaringan enABLE Inggris, yang pada saat itu merupakan sebuah kelompok karyawan kecil yang membahas persoalan disabilitas di tempat kerja.

Sejak saat itu, sekarang terdapat enam Jaringan enABLE di seluruh dunia, termasuk di Inggris, Belanda, Prancis, AS, Kanada, dan Brasil.

“Kami memanfaatkan jaringan tersebut untuk meningkatkan kesadaran terkait berbagai jenis disabilitas dan gangguan. Jaringan ini memberi kami wewenang untuk melobi organisasi agar menjadikan lingkungan kerja yang lebih inklusif.”

Jika bagi Andy, inilah peluang baginya untuk membalas budi, bagi Shell ini merupakan peluang untuk menciptakan lingkungan yang memberdayakan setiap orang untuk meraih potensi penuh mereka.

"Banyak disabilitas, seperti Sindrom Asperger, yang merupakan kemampuan tersembunyi, dan kita hanya perlu mengeluarkan potensi tersebut."

Diederik Weve, Konsultan Senior K3L

Menciptakan peluang karier yang sukses bagi penyandang disabilitas

Di Shell, kami memberikan pengakuan kepada karyawan karena bakat mereka.

Diederik Weve adalah Konsultan Senior K3L yang berkedudukan di Shell Rijswijk. Pada tahun 2009 beliau didiagnosis mengidap Sindrom Asperger. Alih-alih memandang disabilitasnya sebagai masalah, Diederik mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang baik.

Dengan keyakinan ini kami dapat bekerja sama dengan karyawan penyandang disabilitas, sehingga semua individu dapat berkinerja dengan potensi penuh mereka.

FAQs

Lebih lanjut dalam karier

Perspektif Perempuan

Simak kisah beberapa wanita yang memberikan pengaruh di Shell dan temukan bagaimana mereka mengembangkan karier dan menginspirasi perubahan di tempat kerja.

Mempertemukan budaya bersama-sama

Bakat yang ada dewasa ini lebih beragam dibandingkan yang pernah ada sebelumnya, sehingga memiliki lingkungan kerja yang inklusif adalah kunci dalam berinovasi, mengembangkan, dan mempertahankan bakat tersebut.