Mohammed Alathba, Potret Perekrutan Lulusan Baru

"Saya pertama kali berminat dalam sains dan matematika saat masih duduk di kelas delapan. Ketika saya masuk SMA saya mulai fokus pada fisika dan mempelajari tentang gaya dan interaksi segala sesuatu satu sama lain, benar-benar menakjubkan. Sejak saat itu saya menyadari bahwa saya benar-benar berminat dengan bidang teknik.

Pada tahun 2012 saya lulus dari jurusan Teknik Mesin dari Universitas Texas A&M di Qatar. Saya tahu bahwa Shell Graduate Programme adalah program ternama di dunia, sistematis, dan efektif, maka saya pun bertekad untuk bergabung. Dan saya berhasil! Saya memulai karier sebagai Insinyur Integritas pada bulan September 2012. Saya masih mengemban tugas ini sekarang."

Detektif pabrik

“Pearl GTL adalah pabrik terbesar di dunia yang mengubah gas alam menjadi BBM dengan pembakaran yang lebih bersih”?

Saya bekerja untuk Pearl GTL di Qatar. Pabrik ini dibagi ke dalam lima area dan dalam dua area saya memiliki seorang pembina teknis yang membantu saya memenuhi kompetensi yang diperlukan. Salah satu di antaranya adalah dalam unit pemisahan udara. Di sini pada prinsipnya kami mengisap udara dari atmosfer dan menghasilkan oksigen dan nitrogen.

Kami harus menjadi detektif pabrik. Jika ada yang tidak berjalan dengan semestinya kami harus berpikir: apa yang salah? Bagaimana kesalahan itu terjadi? Kemudian kami menanggalkan topi detektif dan menggantinya dengan topi ahli bedah atau dokter. Saat Itulah kami mulai mengatasi masalah sesungguhnya.

Berkontribusi dan belajar bersama

Saya punya teman di departemen yang sama yang juga melalui jalur Shell Graduate Programme. Beberapa kursus yang kami terima hampir sama, jadi kami saling bertukar informasi jika terlibat dalam tugas dan proyek baru. Kami selalu memastikan bahwa kami berkontribusi dan belajar bersama. Itulah salah satu hal yang benar-benar saya sukai dari Shell.

Jika ada dua orang sedang membicarakan masalah pekerjaan, mereka tidak keberatan kalau saya turut menyimak dan bertanya apakah ada yang bisa saya lakukan. Mereka biasanya senang bisa membantu saya dengan memberikan tugas kepada saya karena hal itu sedikit meringankan beban mereka, dan memberi saya kesempatan untuk mempelajari sesuatu.

Saat ini saya tengah mempelajari pengujian non-destruktif (NDT); pengujian terhadap peralatan tanpa berdampak terhadap peralatan tersebut atau harus mematikannya. Untungnya setiap kali tim melakukan NDT, mereka akan memanggil saya dan mengizinkan saya melihat mereka melakukannya. Ini benar-benar membantu saya untuk belajar. Mereka sangat terbuka dan selalu menjelaskan setiap langkah.

"Saya mempelajari teknologi baru dan cara mengatasi masalah baru hampir setiap hari."

Mohammed Al Athaba

Berkiprah untuk Qatar

Saya bekerja dengan beragam jenis tim, yang semuanya memiliki pandangan dan pendekatan yang berbeda dalam mengatasi masalah. Bagi saya, sisi terbaiknya adalah bahwa visi Shell sangat sejalan dengan visi Qatar. Hubungan antara keduanya tidak hanya memberikan manfaat bagi warga negara Qatar dan Shell Qatar, tapi juga para ekspatriat yang datang dari berbagai penjuru dunia.

"Saya rasa salah satu hal terbaik dalam bekerja di Shell adalah: bagaimana budaya dan orang-orang berpadu dalam satu lingkungan internasional. Secara pribadi, saya memberikan dampak untuk Qatar dan warga negara Qatar di masa mendatang dan bagi rekan kerja saya dari seluruh dunia."

Mohammed Al Athaba

Saya memang ingin menetap di Qatar, tapi saya juga ingin meraih peluang untuk berkeliling dunia. Dalam jangka pendek, saya ingin menyelesaikan Shell Graduate Programme dan menjadi insinyur integritas tetap. Untuk jangka panjang, saya ingin meraih posisi kepemimpinan agar saya bisa membantu para pemimpin masa depan bagi Shell dan Qatar."

Lebih lanjut dalam Mahasiswa dan Sarjana

Shell Graduate Programme

Akselerasikan karir Anda dengan program pembelajaran terstruktur kami yang terdepan dalam industri bagi. lulusan universitas.

Keuntungan bekerja di Shell

Temukan berbagai keuntungan dengan bekerja di Shell, mulai dari pelatihan yang luar biasa hingga peluang tak terbatas untuk membentuk jaringan dan berkolaborasi.