"Melalui kerja sama dengan orang-orang dari semua disiplin dan latar belakang, saya mendapatkan pengalaman luar biasa dalam berbagai jenis pekerjaan dan budaya kerja di Shell"

Siobhan
Potret spontan Siobhan Kelly
Siobhan Kelly, Insinyur Proses, Australia

Bagaimana Program Magang dengan Evaluasi selama 12 pekan bersama Shell memberikan wawasan mengenai Shell sebagai sebuah organisasi, budaya, proyek-proyek, dan jenis pekerjaannya?

Saya harus bekerja sama dalam sebuah tim berisi para insinyur proses di lapangan, di lokasi operasional, dengan melakukan sejumlah proyek yang memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja sama dengan orang-orang dari seluruh kilang. Dengan bekerja sebagai anggota tim, menghadiri rapat, dan bekerja sama dengan orang-orang dari semua jenis disiplin dan latar belakang, saya mendapatkan pengalaman luar biasa dalam berbagai jenis pekerjaan dan budaya kerja di Shell.

Apa jenis pekerjaan yang Anda lakukan selama mengikuti magang, apakah Anda terlibat dalam proyek spesifik?

Saya cukup beruntung bisa terlibat dalam beberapa proyek yang benar-benar menarik untuk dikerjakan. Salah satu di antaranya adalah dengan mengambil data pabrik dan melakukan simulasi komputer untuk menemukan cara-cara mengoptimalkan operasi; sedangkan proyek lainnya mengharuskan saya ke lapangan bersama operator dan teknisi untuk menilai cara kerja peralatan tertentu. Akhirnya fokus lainnya adalah seputar analisis data laboratorium, dan menemukan cara-cara untuk memanfaatkan teknik pengujian laboratorium baru untuk menyempurnakan metode pemantauan pabrik.

Seperti apa pengalaman Anda di program magang Shell? Apa yang akan Anda sampaikan kepada mahasiswa yang ingin melakukan magang di Shell?

Saya sangat menikmati magang yang saya jalani; saya mendapatkan supervisor dan pendamping yang luar biasa, serta staf lain dari seluruh lokasi yang selalu siap meluangkan waktu mereka untuk menjawab pertanyaan, membantu dalam proyek, atau sekadar mengajarkan saya tentang berbagai aspek bisnis yang berbeda. Kesempatan ini benar-benar membuka mata. Saya bisa melihat dan mengalami secara langsung berbagai peluang yang tersedia sebagai sarjana teknik kimia dalam industri ini. Tentu saja saya akan mendorong siapa saja walaupun paling sedikit minatnya dalam karier di industri minyak dan gas untuk mengajukan aplikasi ikut program magang Shell.

Bagaimana program magang dengan evaluasi mampu menyiapkan Anda untuk memulai karier Anda dan bagaimana rasanya mengetahui bahwa Anda berhasil meraih posisi untuk sarjana bahkan sebelum tanggal kelulusan Anda?

Menghabiskan waktu tiga bulan dalam sebuah lingkungan profesional, belajar untuk bekerja di dalam dan di seluruh tim multidisiplin, serta punya hasil dan target proyek spesifik yang harus dipenuhi, adalah persiapan yang fantastis untuk karier profesional di bidang teknik. Mengetahui bahwa saya berhasil memperoleh posisi untuk sarjana pada tahun terakhir kuliah saya sangat melegakan sehingga saya bisa menikmati tahun terakhir kuliah saya, dan bisa jalan-jalan dulu selama beberapa bulan, sebelum kembali lagi dan memulai karier saya sebagai sarjana.

Dengan kesempatan untuk berkiprah di Shell melalui program magang, apakah menurut Anda hal ini memberikan Anda keuntungan saat memulai Graduate Programme?

Saya kira berhasil menyelesaikan magang merupakan keuntungan tersendiri dan menjadi jalan bagi saya untuk memulai karier sebagai sarjana yang baru lulus. Ini karena kita punya kesempatan merasakan sendiri budaya Shell, cara kerja yang kolaboratif, standar K3L (Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan) yang tinggi, dan banyak lagi sistem Shell lainnya; belum lagi bertemu dengan wajah-wajah bersahabat di koridor sejak hari pertama.

Bisa Anda jelaskan apa yang membuat Program Magang dengan Evaluasi di Shell unik?

Kami semua ditugaskan untuk menyelesaikan sejumlah proyek yang spesifik dan berarti, dengan sistem dukungan formal dalam bentuk supervisor, mentor, dan rekan kerja.  

Mengapa sebaiknya mahasiswa mengajukan aplikasi untuk mengikuti magang dengan evaluasi bersama Shell?

Peluang untuk melihat dari dekat bagaimana perusahaan seperti Shell beroperasi, memetik ilmu dari beberapa orang terbaik dalam bisnis minyak dan gas, serta memberikan keuntungan yang sangat besar ketika kita berhasil memperoleh posisi untuk sarjana.

Apa yang akan dijalani mahasiswa dalam berbagai tahap Program Magang dengan Evaluasi?

Selama mengikuti magang, kami menjalani aktivitas orientasi, mengenali tim dan proyek kami, kemudian menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja mencapai tujuan proyek kami, serta berpartisipasi dalam peluang pembelajaran lainnya jika tersedia. Di akhir masa magang, kami harus mempresentasikan pekerjaan yang telah kami lakukan di hadapan sesama peserta magang dan pimpinan dari seluruh bisnis, dan juga para penilai.

Dalam wawancara yang dinilai, kami berkesempatan untuk menunjukkan bagaimana kami memenuhi kriteria Kapasitas, Prestasi, dan Hubungan (CAR) Shell melalui pengalaman aktual dalam mengerjakan proyek-proyek kami.

Apa saran Anda untuk mahasiswa yang ingin mengikuti magang dan bagaimana Anda memotivasi mereka untuk menunjukkan kesan terbaik?

Perlakukan aplikasi magang Anda seperti aplikasi untuk posisi sarjana, karena program ini dapat mengarahkan Anda ke posisi tersebut!  

Ada saran terakhir yang ingin Anda berikan untuk mahasiswa yang mempertimbangkan ikut magang?

Ini jelas pengalaman terbaik saya saat di universitas, dan ini telah membentuk fondasi untuk karier saya ke depannya.

Lebih lanjut dalam Mahasiswa dan Sarjana

Shell Graduate Programme

Akselerasikan karir Anda dengan program pembelajaran terstruktur kami yang terdepan dalam industri bagi. lulusan universitas.

Keuntungan bekerja di Shell

Temukan berbagai keuntungan dengan bekerja di Shell, mulai dari pelatihan yang luar biasa hingga peluang tak terbatas untuk membentuk jaringan dan berkolaborasi.