Pada saat mobil pertama melesat melintasi celah gunung menuju tempat kami berada, jelas orang-orang Tasmania tahu apa yang bagus. Lampu depannya terang benderang, mesinnya berdesis, knalpot berteriak serak dan badan mobil miring ke kiri lalu ke kanan melewati serangkaian tikungan tajam yang menanjak. Sorak sorai penonton menandingi derit ban yang melewati tikungan cepat ke kanan yang panjang. Targa telah tiba, dan Tasmania menyukainya.

Pesta Selamat Datang

Mengikuti reli di sirkuit pulau (pulau mungil berukuran 362 km dari timur ke barat, 306 km dari utara ke selatan), sambutan penduduk setempat tidak kalah meriah.

Melewati pusat kota dan pedesaan, lewat pegunungan tandus dan di bawah naungan pepohonan di hutan, di tepi hempasan ombak laut atau melewati tepi danau yang terbentang luas, Targa memberikan segalanya kepada pengemudi 300 mobil klasik dan mobil sport yang siap mengikuti reli. 

Dan kami juga. Kami ikuti mereka melewati setiap etape, atau kalau mata yang lelah mau diajak, tiba-tiba mendahului mereka agar berada di depan sebelum pemandangan spektakular Tasmania terkuak. Bukan karena awal hari pada pukul empat pagi itu tidak enak. Tapi dengan belum adanya kemacetan, memulai perjalanan di jalan raya Tassie lebih enak daripada double espresso.

Sepenggal sejarah reli

Bagi penonton, daya tarik Targa bukan hanya keragaman pemandangan Tasmania, pengemudi tak dikenal yang heroik, atau daya tarik nama-nama besar – mantan pembalap Kejuaraan Reli Dunia (WRC) Alister McRae – yang mencoba peluang untuk menang. Mobil-mobilnya juga.

Mark II Ford Escorts, 2.7 RS 911s dan Alfa GTV6s yang menari-nari di depan Anda dalam kaleidoskop bereli sepanjang beberapa dekade. Bedanya dengan Subaru Impreza WRX STis dan Mitsubishi Evos yang teramat sangat efisien jelas terlihat. Lalu ada beberapa mobil buatan masa kini yang paling impresif, seperti Lamborghini Gallardo Superleggera atau Porsche 911 GT2.

Anda ingin mencoba?

Sebagian jalan berkelok-kelok di pegunungan, lainnya lurus langsung menyeberangi dataran jingga, sementara rute pantai merangkul pemandangan indah yang semula Anda pikir hanya ada di film. Sungguh tidak terbayangkan untuk betul-betul mengemudi dalam acara itu. Dan, mengesampingkan persoalan keuangan yang membosankan, mengapa tidak? Reli Rookie melatih para pemula sedikit demi sedikit, dengan reli tiga hari dan bukan lima hari. Atau, jika itu masih terlalu berat, kelas Tour memungkinkan Anda mengikuti semua etape yang ada di medan dengan mobil pribadi Anda tanpa tekanan waktu atau biaya spesialis untuk mempersiapkan mobil.

Tetapi jika itu tidak menarik minat Anda, kunjungi saja Tasmania, dengan penduduknya yang berhati hangat dan ramah, pemandangan yang berkesan dan, tentu saja jalan-jalan itu, layak untuk diabadikan dalam foto kenangan.

Lebih banyak lagi di bagian Pengendara Bermotor

Jalan ke Norwegia

Tidak banyak yang pernah mendengarnya. Lebih tidak banyak lagi yang pernah melewatinya. Wartawan otomotif James Mills menyingkap rahasia surga berkendara di jalan Lysebotn.

Peringatan badai

Kami berangkat ke tempat yang paling basah di Inggris, mencari jalan terbaik di Eropa.