Konsepnya sederhana dan bagus: berkendara di salah satu jalan terbaik di dunia pada hari terpanjang dalam setahun. Anda bisa mendebat soal jalan yang diambil dan waktu start/finisnya. Tapi saya tidak yakin bisa mengalahkan jalan ini: Route 1 California; 21 Juni.

Melarikan diri dari kota

Karena hari ini adalah yang terpanjang selama setahun, hari dimulai pagi sekali. Pagi-pagi sekali. Tetapi tidak sepagi saya. Secara resmi matahari terbit pukul 5.47 pagi tetapi pada saat itu saya sudah bangun dan mencoba keluar dari tempat parkir di bawah hotel. Idenya sekarang adalah menuju ke luar kota secepat mungkin, sebelum warga kota lainnya bangun.

Tujuan kami, Big Sur, jaraknya 236,57 kilometer dan tempat pemandangan pantai barat yang paling dramatis. Ini juga tempat satu ruas Route 1 yang dijuluki American National Scenic Byway - 'suatu kehormatan bagi jalan raya yang sangat istimewa sehingga jalan itu sendiri menjadi tempat tujuan’.

Berkendara di sisi Buih Ombak

Kami turun dengan cepat menuju Half Moon Bay, dengan buih ombak bergulung di sebelah kanan kami, langit biru sekali di atas, dan di depan jalan sama sekali kosong sepanjang berkilo-kilometer. Kami melewati San Jose, tidak lama kemudian melesat lewat mercusuar Pigeon Point; pada ketinggian 35 meter, mercusuar ini salah satu yang tertinggi di AS. Perhentian berikut yang dijadwalkan adalah Pebble Beach di Carmel, di selatan Monterey, tempat diselenggarakannya pameran mobil Concours D’Elegance, dan tempat sirkuit balap tua masih tersembunyi di hutan.

Bahkan dengan perhentian yang lalu, ditambah beberapa kali untuk berfoto, waktu baru saja lepas pukul satu ketika kami berhenti di Monterey untuk mengagumi pemandangan ke seberang tanjung ke Pebble Beach. Jarak yang harus ditempuh menyusur pantai ke Big Sur tidak sampai 48 kilometer tapi paling sedikit masih ada 7 jam lagi sebelum cahaya matahari siang yang berharga ini tenggelam pada pukul 8.35 malam. Cuacanya cocok dan saya tahu ada ruas Route 1 yang fantastis sedikit di selatan Big Sur yang tidak masuk akal untuk dilewati.

Udara Laut yang Manis

Dengan pikiran itu berputar di kepala saya, mobil berderak dan melaju dengan cepat menuruni jalan aspal yang seperti pita membatasi pinggiran jalan di tepi jurang. Ini mungkin salah satu ruas jalan yang paling dramatis dari jalan raya besar ini dan mobilnya semakin menyatu dengan jalanan, menggulung tanjakan demi tanjakan di jalan itu.

Tetapi kemudian, begitu saya mulai terbiasa dengan irama mobil, Big Sur muncul di kejauhan dan sudah hampir tiba waktunya untuk berbalik arah dan pulang. Berhenti di Rocky Creek Bridge, berdiri sejak tahun 1932, saya keluar dari mobil untuk menghirup udara laut.

Sebetulnya saya harus sudah mulai perjalanan pulang – tapi di jalan ini, pada hari ini, siapa yang bisa menyalahkan saya untuk tetap berada di luar lebih lama lagi?

Lebih banyak lagi di bagian Pengendara Bermotor

Di atas gunung

Jika Anda menyukai udara terbuka yang luar biasa, segalanya ada di pegunungan Alpen di Swiss: ski, snowboarding, sepeda gunung, hiking, arung jeram. Tetapi kami mencari sensasi lain. Wartawan otomotif James Mills melewati Flüelapass yang legendaris.