Seorang pria mengendarai mobil menerjang genangan air

Dalness itu sangat terpencil, bahkan seorang anggota tim SAR gunung pun tidak pernah mendengarnya. “Dalness? Di mana itu?” Catatan untuk diri sendiri: jangan sampai tersesat di Dalness. Tempat ini juga tidak tercantum di sistem navigasi satelit. Jadi, tadi pagi kami memasukkan koordinat GPS yang tepat untuk Dalness, sebelum melakukan satu-satunya hal bijak yang seharusnya dilakukan pecandu mobil yang menghargai diri sendiri dengan mobil dan beberapa hari kosong: mengencangkan syal dan mengemudi ke Tanah Tinggi Skotlandia yang indah.

Menerjang Banjir

Menurut Badan Meteorologi Inggris, Dalness adalah lokasi terbasah di Inggris. Tempat ini ‘menikmati’ curah hujan rata-rata 3,3 meter per tahun. Untung saja, tempat ini juga berada di tengah-tengah pemandangan yang paling spektakuler di Tanah Tinggi Skotlandia yang pernah Anda temukan.

Jalannya juga tidak buruk - jalan berlapis aspal yang bagus, dengan mulus terbentang di dasar lembah dan memotong sisi pegunungan yang menjulang. Jalan dan ekosistem Tanah Tinggi Skotlandia adalah salah satu lokasi terbaik yang dibuka sebagai jalan umum Eropa 24/7, 365 hari setahun.

Ketika pada akhirnya kami menemukannya, pertanyaan pertama adalah siapa yang mengukur curah hujan di Dalness? Selain sekawanan rusa yang penasaran, tidak ada satu pun mahluk hidup di sana. Peta daerah sekitarnya menunjukkan Dalness masuk dalam perbatasan barat daya Kawasan Glencoe dan Dalness seluas 5.800 hektar yang dikelola National Trust Skotlandia.

Dalness terletak beberapa kilometer saja di sebelah barat jalan A82, antara Fort William dan Crianlarich. Jalan ini diberi tanda ke arah Glen Etive dan tanpa marka, berkelok-kelok berkejaran dengan Sungai Etive, menyusuri dasar lembah. Bunga heather berwarna oranye yang memberikan warna khas pada pemandangan sekelilingnya banyak disiram air. Cucuran air dari langit yang tiada hentinya mengalir ke bawah di sisi bukit. Amukan sungai dan riak loch (danau) tinggi menerpa pantai danau sementara arah air hujan menjadi horisontal dihembus angin kencang.

Jalan Tanpa Tujuan

Bahkan cuaca buruk tidak menundukkan kami; jalan kosong ini menjadi milik kami. Jalan A82 tepatnya adalah jenis jalan yang harus dilewati mobil. Cepat, terbuka dan dianugerahi ketinggian yang berubah-ubah, jalan ini memberikan lingkungan yang aman tempat Anda dapat menikmati perjalanan berkendara.

Tapi, tidak ada toko atau lalu lintas di sini. Sulit dipercaya betapa sedikit penduduk di Tanah Tinggi Skotlandia. Menikmati jalan dan pemandangan di sekelilingnya hanya untuk diri Anda sendiri menjadikan kawasan ini salah satu mutiara terpendam bagi para pecandu berkendara.

Mobil di jalan raya di pinggir danau di gunung

Mencoba Shell V-Power Nitro+

Tapi, dengan satu peringatan. Tetap awasi jarum indikator bahan bakar. Glasgow atau Fort William adalah lokasi pitstop terdekat, jadi jika Anda berkunjung, pastikan penuhi tangki dengan bahan bakar berperforma terbaik, Shell V-Power Nitro+  di Glasgow sebelum memberanikan diri lebih jauh ke utara.

Pada saat kami memerlukan bahan bakar lebih banyak, wanita di kasir pompa bensin bertanya ke mana tujuan kami. “Dalness?” dia bertanya. “Belum pernah dengar.” Ketika saya katakan bahwa itu adalah tempat terbasah di Inggris, kebangaan sebagai warga Skotlandia membuatnya tidak tahan untuk menyangkal. “Itu tidak benar! Fort William yang terbasah. Mereka mengukur hujan dalam milimeter di tempat lain, di sini kami mengukurnya dalam satuan kaki!”

Kami berhenti di Kingshouse, benteng tua dengan pemanas yang menggunakan batu bara yang membara dan dinding yang menceritakan kisah yang membuat kami merinding. Kue scone yang tersedia cukup untuk satu peleton, tapi pengunjungnya hanya kami saja. Ini mengingatkan bahwa pengaturan waktu yang tepat – akhir musim gugur atau awal musim semi – memungkinkan Anda untuk memanjakan kegemaran Anda berkendara di jalan-jalan yang paling mendebarkan di Eropa.

Ada waktu untuk menikmatinya sekali lagi. Siapa yang peduli jika badai mengancam di cakrawala?

Penuhi tangki dengan Shell V-Power Nitro+ untuk melintasi ruas jalan terpencil berikutnya yang dirancang untuk memberi perlindungan terhadap kotoran dan korosi.*

Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Shell V-Power

 *Manfaat yang ada bisa bervariasi tergantung pada kondisi kendaraan, usia kendaraan, kondisi saat mengemudi dan cara mengemudi.

Lebih banyak lagi di bagian Pengendara Bermotor

Jalan Setan Tasmania

Reli Jalan Targa Tasmania adalah pengalaman berkendara yang sangat mengasyikkan. Reli yang menamakan diri sebagai ‘Ultimate Tarmac Rally’ (reli jalan aspal yang tiada taranya) mengitari pulau di ujung timur Australia.