Jadi, Anda sudah mengisi tangki dengan bahan bakar berperforma cepat Shell V-Power Nitro+ Unleaded  (tanpa timbal), dirancang untuk langsung bekerja di mesin Anda. Tetapi apa yang terjadi di dalam mesin? Bagaimana cara kerjanya?

Kontrol adalah segalanya. Siklus empat tak yang menggerakkan mesin pada dasarnya masih sama seperti 100 tahun yang lalu. Tetapi, detailnya sangat berbeda. Kini, yang terpenting adalah mendapatkan energi sebanyak mungkin dari sesedikit mungkin bahan bakar.

Jadi apa tepatnya inovasi yang menjadikan mesin bensin empat tak masa kini lebih canggih?

Variable Valve Timing Masa Kerja Katup Variable (Masa Kerja Katup Variable)

Di masa lalu katup masuk dan katup buang terbuka dan tertutup dalam waktu tertentu, mengatur karakteristik dan performa mesin. Tetapi jika Anda ubah waktu pembukaan dan penutupan katup, mesin Anda akan mampu bergerak pada kecepatan tinggi yang tidak merugikan kemampuan tarik pada kecepatan rendah.

Variable valve timing dicapai dengan mengubah posisi rotasi poros bubungan untuk katup masuk dalam hubungannya dengan poros bubungan untuk pembuangan.

Mesin turbocharging dengan latar belakang kuning

Valvematic, Valvetronic, MultiAir & lebih banyak lagi

Selanjutnya, kami mengubah besar dan lamanya bukaan katup. Cara terbaik untuk mengubah besar dan lama bukaan adalah dengan terus-menerus melakukannya dalam bermacam-macam ukuran.

Tidak perlu trotel. Alih-alih, jika Anda menggunakan katup masuk untuk mengontrol arus udara, dengan mengubah besar bukaan katupnya, ini akan melancarkan arus udara.

Bertahun-tahun pabrikan mobil telah mencoba merancang sistem yang dapat membuka katup secara elektronis atau hidraulis, bebas dari keterbatasan poros bubungan. Akhirnya mereka mencapai sasaran ini pada tahun 2009, menciptakan mesin MultiAir yang dapat memberi daya tarikan yang kuat dari kecepatan rendah dan mempercepat rotasi mesin seperti mobil balap tanpa merugikan performa.

Sekarang inilah bagian yang canggih: katup solenoid listrik merembeskan sebagian aliran pelumas di dalam pipa hidraulis sebanyak yang diperlukan, sampai 60 kali per detik, membiarkan sisanya dipakai membuka katup masuk. Mungkin inilah terobosan yang paling signifikan dalam desain mesin piston selama 100 tahun terakhir ini.

Direct Injection (Injeksi Langsung)

Dengan injeksi langsung, bahan bakar langsung disemprotkan ke dalam silinder. Dengan beban ringan, bahan bakar dapat disemprotkan sesaat sebelum terjadinya percikan, dekat bagian atas langkah kompresi. Pada dasarnya, Anda dapat menginjeksi bahan bakar yang lebih sedikit daripada volume total udara yang menurut teori diperlukan dan masih mendapatkan pembakaran yang baik.

Untuk berjalan pada daya yang besar, bahan bakar diinjeksikan pada langkah hisap seperti pada injeksi tidak langsung. Ini memberi waktu untuk menginjeksikan bahan bakar lebih banyak, mendinginkan udara saat memasuki silinder. Ini berarti campuran dapat dikompresi lebih banyak tanpa menjadi terlalu panas.

Mesin kompresor udara turbocharging dengan latar belakang warna kuning

Turbocharging

Mesin turbochager mempunyai turbin yang memanfaatkan tenaga buang dari aliran gas buang untuk menggerakkan kompresor udara - ini mungkin yang paling mendekati dorongan daya “gratis” yang dapat Anda peroleh.  Turbo menekan udara dan mendorongnya ke dalam mesin, jadi lebih banyak udara yang bisa ditekan masuk ke setiap silinder guna memperoleh daya yang lebih besar.

Lindungi mesin dengan Shell

Teknologi yang kami sebutkan tadi semuanya berkaitan dengan mengelelola siklus empat tak, tetapi ada banyak cara lagi yang dipakai mesin modern untuk menghemat energi. Gesekan adalah musuh efisiensi, jadi semakin mudah komponen mesin dapat bergerak, semakin baik.

Pelumas Shell tidak hanya melumas mesin tetapi juga membersihkannya dari endapan berbahaya berkat agen pembersih aktif yang canggih. Anda dapat memeriksa pelumas mana yang menawarkan perlindungan optimal bagi mesin Anda dengan menggunakan alat Shell lube match.

Mesin empat tak dalam empat langkah mudah

Langkah pertama

mesin bensin empat tak dengan saluran injeksi bahan bakar konvensional

Mari memahami cara kerja mesin bensin empat tak dengan saluran injeksi bahan bakar konvensional.

1. Katup masuk terbuka ketika torak akan turun, menghisap campuran bahan bakar dan udara.

Langkah kedua

Anatomi mesin menunjukkan torak naik untuk menekan bahan bakar dan udara

2. Dengan kedua katup sekarang tertutup, torak naik ke atas, menekan campuran bahan bakar dan udara.

Langkah ketiga

Anatomi mesin menunjukkan campuran bahan bakar dan udara dinyalakan oleh busi

3. Sesaat sebelum torak mencapai puncak, campuran bahan bakar dan udara dinyalakan oleh busi.

Langkah keempat

Anatomi mesin menunjukkan pipa pembuang terbuka untuk mengeluarkan gas yang terbakar

4. Katup gas buang terbuka dan torak kembali naik ke puncak, membuang gas yang terbakar.

Lebih banyak lagi di bagian Pengendara Bermotor

Anatomi mesin: Nutrisi mesin

Di jantung setiap mesin terdapat bahan bakar yang digunakannya, dan Shell V-Power Nitro+ adalah bahan bakar berperforma terbaik kami. Mari kami tunjukkan cara kerjanya kepada Anda.