Pembalap Ducati di superbike menikung tajam di tikungan ketika berlomba

Sejarah singkat MotoGP

MotoGP adalah kejuaraan balap motor premier di dunia: seri 18-perlombaan yang akan mengunjungi 14 negara di empat benua pada musim ini, dengan liputan televisi di seluruh dunia. Pembalap yang paling mahir di dunia berjajar di garis start berbekal teknologi tercanggih sepeda motor dan mesin prototip.

Diadakan sebagai kejuaraan dunia oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) pada tahun 1949, MotoGP sekarang memasuki tahun yang ke 67. Ini merupakan kejuaraan olahraga bermotor tertua di dunia dan penuh dengan sejarah yang kaya dengan berbagai event yang telah diselenggarakan di segala penjuru dunia, dan lebih dari 2,2 juta orang memasuki gerbang sirkuitnya untuk menonton MotoGP pada tahun 2010.

Sebelumnya disebut ‘500 cc’, kejuaraan ini mengalami perubahan pada tahun 2002, dengan peraturan teknis baru yang mengizinkan dipakainya mesin empat tak, sementara kapasitas mesin juga ditingkatkan menjadi 900 cc, maka menjadi MotoGP. Pada tahun 2007, peraturan diubah lagi, yang membatasi kapasitas mesin menjadi 800 cc, sementara itu pada tahun 2012, era 1.000 cc yang baru dimulai.

Juara Dunia MotoGP pada saat ini adalah pengendara Yamaha Jorge Lorenzo, yang menahan upaya rekan satu timnya Valentino Rossi untuk meraih gelar, dalam suatu pertarungan kejuaraan yang diperebutkan secara ketat hingga ke perlombaan terakhir musim ini.

Tahun ini dimulai dengan ideal bagi Ducati, dengan Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone mencatat finis ganda di podium juara pada perlombaan pertama di Qatar. Andrea dengan susah payah berhasil meraih dua posisi tiga teratas lagi di dua perlombaan berikutnya, dan sementara kedua pembalap ini menambah jumlah rekor itu dengan berjalannya musim ini, 2016 pasti akan melihat mereka berupaya naik ke posisi ketiga yang pada akhirnya dicatat Ducati untuk kategori Pabrikan dan Tim pada musim balap yang lalu.

Lebih banyak lagi di bagian Pengendara Bermotor