Dalam acara ramah tamah bertemakan “Bersama Membangun Indonesia” yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 ini, Dian Andyasuri, Direktur Pelumas PT Shell Indonesia mengatakan, “Kami mempunyai keyakinan kuat akan pertumbuhan ekonomi di Indonesia ke depan dan hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu fokus investasi Shell. Pabrik pelumas Shell di Marunda yang diresmikan 4 November 2015, adalah salah satu wujud komitmen kami untuk bisa mendukung pembangunan di Indonesia melalui pemenuhan kebutuhan pasar pelumas kendaraan dan industri yang setiap tahun mengalami peningkatan. Melalui pabrik ini, kami menghadirkan kapabilitas produksi pelumas kelas dunia ‘buatan Indonesia’ dan memperkuat rantai pasokan kami.” Saat ini Pabrik pelumas Shell yang sepenuhnya dioperasikan oleh tenaga lokal itu sudah mampu memproduksi 139 SKU (stock keeping unit). Kapasitas produksinya juga terus meningkat dan kini sudah mencapai 85%.

Dian menambahkan bahwa di bisnis pelumas, Indonesia merupakan salah satu dari tiga pasar pertumbuhan paling penting untuk Shell, selain Tiongkok dan India. Ini terjadi karena Indonesia merupakan salah satu dari 10 pasar pelumas dengan permintaan tertinggi di dunia, ke-5 tertinggi di Asia setelah Tiongkok, India, Jepang, dan Korea Selatan, serta terbesar di ASEAN. “Kami melihat adanya pertumbuhan yang stabil di negara ini. Karena itu kami berkomitmen untuk mengembangkan bisnis kami di sini,” kata Dian.

Pelumas Shell memiliki portfolio yang luas sehingga Shell bisa menargetkan segmen pasar yang beragam dan memenuhi kebutuhan konsumen. Dian mengatakan, “Seiring dengan semangat Pemerintah Indonesia membangun infrastruktur di daerah-daerah yang menjadi prioritas, Shell juga bekerjasama erat dan dalam jangka panjang dengan para pelaku bisnis di berbagai sektor, seperti sektor manufaktur, power, kelautan dan pertambangan. Kami berupaya untuk memberi nilai tambah yang dapat membantu mitra, tidak hanya dengan menyediakan produk yang berkualitas yang membantu memperpanjang usia mesin namun juga penghematan biaya operasional.” Ia mencontohkan, dalam kerjasama antara Shell Lubricants Indonesia dan PT Thiess Contractors Indonesia, Shell Lubricants telah mampu mengidentifikasi adanya potensi penghematan sebesar USD 320 ribu dengan penggunaan pelumas Shell Gadus S3 V460D 2 selama empat tahun.

Adapun di bisnis ritel SPBU, sejak pembukaan SPBU Shell pertama tahun 2005, jaringan SPBU Shell di Indonesia kini telah mencapai lebih dari 80 SPBU di Jabodetabek, Bandung dan Sumatra Utara. Pada saat yang sama Shell menawarkan perluasan jaringan SPBU melalui program kemitraan DODO (Dealer Own Dealer Operate) dimana mitra membangun dan mengoperasikan SPBU dengan produk berkualitas dan standar pelayanan Shell.

Wahyu Indrawanto, Direktur Ritel PT Shell Indonesia dan Cluster General Manager Ritel Indonesia, Singapura, Hongkong mengatakan,”Kami senang dapat menjadi bagian dari kemajuan pembangunan di Indonesia (‘powering progress together’) dengan menyediakan solusi energi yang lebih banyak dan lebih bersih melalui teknologi dan inovasi. Di bidang Retail, Shell tentunya ingin menjadi pilihan konsumen di Indonesia dan oleh karenanya, kami terus mengembangkan jaringan SPBU kami dan meluncurkan produk inovatif yang menjawab kebutuhan konsumen. Kami ingin menjadikan SPBU kami sebagai suatu ‘oase’ yang menyegarkan di tengah mobilitas dan kesibukan pelanggan.”

Wahyu berharap agar bisnis SPBU dapat tumbuh lebih baik di tahun-tahun mendatang. Oleh karenanya, Shell terus menerus melakukan inovasi produk dengan meluncurkan bahan bakar bensin dengan teknologi Dynaflex di akhir April 2017 dimana Indonesia merupakan negara kedua di seluruh dunia yang meluncurkan BBM terbaru dan paling mutakhir dari Shell ini. Di samping itu, Shell retail juga terus melakukan upgrade dari retail stores untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Shell menawarkan beragam produk dan layanan, mulai dari bahan bakar berkualitas, pelumas, layanan ganti oli, program loyalitas Clubsmart hingga program B2B untuk armada kendaraan perusahaan agar pelanggan dapat memenuhi kebutuhannya dengan nyaman.

“Kami sedang memperluas jaringan Ganti Oli Express untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, dan convenience store Shell Select/ Deli2Go untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mendukung bisnis SPBU secara keseluruhan. Tahun ini Ganti Oli Express dan Select/Deli2Go akan hadir lebih banyak di SPBU Shell,” tambah Wahyu.

Selain itu budaya K3LH (Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup) dan keterampilan serta pengembangan karyawan di setiap SPBU terus menerus dilakukan sebagai hal yang mendasar untuk terus menjadikan Shell sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi para pelanggan dan karyawannya.

Shell Berinvestasi Pada Pengembangan SDM Indonesia

Sebagai bagian dari warga perusahaan di Indonesia, Shell mempunyai komitmen kuat untuk berinvestasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, staf lokal telah menjadi bagian dari tim pimpinan (leadership team) perusahaan. Shell Indonesia juga memberikan kesempatan kepada local talent-nya (staf lokal) untuk terus berkembang dan mendunia (go-global). Mereka dikirim bekerja di Shell di negara lain dalam kurun waktu tertentu dan kemudian kembali ke Shell Indonesia untuk mengkontribusikan ilmunya. Selain itu beberapa staf lokal di Shell Indonesia juga dipercaya untuk memegang jabatan level regional dan global.

Pengembangan kapasitas para distributor dan retailer yang mendukung bisnis Hilir Shell di Indonesia juga menjadi perhatian perusahaan. Pelatihan dan pengembangan kapasitas mereka untuk tumbuh dari skala kecil ke menengah atau skala menengah ke tingkat yang lebih besar merupakan hal yang penting untuk pertumbuhan bisnis mereka di masa depan dan juga tentunya untuk mendukung kegiatan usaha Shell di Indonesia.

Di bidang investasi sosial (CSR), Shell Indonesia menitikberatkan pada pembangunan kapasitas anak muda yang inovatif dan dapat berkontribusi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik - ‘Powering Talent to Progress the Nation’. Hal ini diwujudkan dalam beberapa inisiatif seperti Shell Eco-Marathon, Shell LiveWIRE dan Shell Road Safety.

Shell Eco-Marathon (SEM) adalah sebuah kompetisi unik yang menantang mahasiswa untuk mendesain, membangun dan mengendarai kendaraan hemat energi sebagai bentuk transportasi masa depan. Kompetisi unik ini setiap tahunnya diikuti oleh ratusan tim mahasiswa dari berbagai negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah. Indonesia adalah negara yang telah mengikuti SEM di tingkat Asia sejak lomba ini diselenggarakan pada tahun 2010 lalu. Tahun 2016 lalu, pada ajang SEM Drivers’ World Championship yang diselenggarakan untuk pertama kalinya untuk mengadu mobil hemat energi sebagai mobil paling cepat di dunia, tim Bumi Siliwangi Team 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berhasil meraih juara pertama.

Selain SEM, Shell juga memiliki program Shell LiveWIRE, sebuah program kewirausahaan yang mendukung pebisnis muda pemula yang berusia antara 18 – 32 tahun yang telah menjalankan usahanya mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Mereka berasal dari berbagai bidang usaha seperti kuliner, teknologi informasi, kreatif, dan agrobisnis.

Sementara itu, sebagai perusahaan yang sangat peduli akan keselamatan, Shell pun memiliki program Shell Road Safety yang mengkhususkan pada peningkatan kesadaran tertib berlalulintas demi meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Program ini telah dijalankan sejak tahun 2009 di Indonesia dan telah berhasil mendidik ribuan anak sekolah dasar usia 9– 12 tahun. Melalui kegiatan kompetisi yang berlangsung selama satu hari, anak-anak usia sekolah dasar ini diajak memahami rambu-rambu lalu lintas dan menerapkan disiplin berlalu lintas dalam keseharian.

Shell juga senantiasa peduli kepada lingkungan di sekitar kegiatan bisnisnya. Di sekitar pabrik pelumasnya di Marunda, misalnya, Shell bersama dengan masyarakat desa Segaramakmur dan Pantaimakmur menjalankan program pengelolaan sampah secara terpadu yang dinamakan Desa BERSEMI (Desa Bersih, Sehat dan Mandiri). Program ini diluncurkan pada tahun 2015 dan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan inisiatif komunitas dalam mewujudkan pemukiman yang bersih, sehat, ramah lingkungan dan produktif. Program ini juga melatih para kader penggerak di dua desa Segaramakmur dan Pantaimakmur yang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam menginisiasi dan mengembangkan program Bank Sampah, rumah kompos, industri kreatif menggunakan sampah yang tidak bisa terurai, dan taman pangan Lestari (sayuran dan obat-obatan).

Untuk keterangan lebih lanjut, foto atau wawancara, silahkan menghubungi:

Haviez Gautama
GM External Relations Shell Indonesia
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
www.shell.co.id