Kata Shell pertama kali muncul pada tahun 1891, sebagai merek dagang minyak tanah yang dikirim ke Timur Jauh oleh Marcus Samuel and Company. Bisnis kecil di London ini semula menjual cangkang kerang oriental, barang langka, dan barang antik. Barang-barang ini kemudian menjadi begitu populer. Orang di zaman Viktoria menggunakannya untuk mendekorasi perhiasan. Tidak lama bisnis ini pun menjadi landasan perdagangan impor dan ekspor perusahaan ini yang menguntungkan dengan Timur Jauh.

Kata ini meningkat menjadi status korporat pada tahun 1897, ketika Samuel mendirikan Shell Transport and Trading Company. Logo pertama pada tahun 1901 adalah cangkang remis, tetapi pada tahun 1904 cangkang kerang atau lambang cangkang telah digunakan sebagai representasi visual korporat dan nama merek.

Ketika Royal Dutch Petroleum Company dan Shell Transport and Trading bergabung pada tahun 1907, nama merek dan simbol perusahaan yang disebutkan belakangan (Shell dan kerang) menjadi nama singkat dan lambang bagi perusahaan baru hasil penggabungan tersebut, Royal Dutch Shell Group. Dan hal itu tetap dipertahankan hingga hari ini.

Bentuk lambang Shell telah mengalami perubahan bertahap seiring berjalannya waktu mengikuti tren dalam desain grafis. Lambang yang digunakan saat ini diluncurkan pada tahun 1971. Tiga puluh tahun berjalan dan lambang ini tetap bertahan seiring waktu sebagai salah satu simbol yang paling dikenal di dunia.

Temukan sejarah kami di [country]

Suara Shell

Sejak awal abad ke-20, Shell telah menggunakan musik dalam komunikasi visual dan audio, termasuk kolaborasi dengan penyanyi Bing Crosby dan Sammy Davis Jr. Melalui kerja sama dengan pencipta soundtrack film dan TV berkebangsaan Inggris, Tom Howe, pada tahun 2015 kami meluncurkan "Suara Shell," sebuah ciri khas suara yang menampilkan nilai-nilai dan energi dari merek Shell sebagai sebuah perusahaan modern yang berinovasi untuk membantu membangun masa depan energi yang berkelanjutan.

Hasilnya adalah sebuah komposisi orkestra selama tiga menit dan rangkaian berisi lebih dari 50 variasi aliran dan gaya musik yang berbeda. Masing-masing variasi itu didasarkan pada sebuah melodi sentral yang dapat diekspresikan dalam banyak gaya, mulai dari raungan lantang gitar listrik hingga adaptasi khas Thailand dan Turki. Ekspresi paling singkat adalah mnemonik – atau melodi utama – dua detik yang, misalnya, menyertai logo Cangkang di akhir film Shell. Lambat laun, kami berharap suara itu dapat segera dikenali, seperti halnya Cangkang itu sendiri. 

Simak mnemonik 2 detik

Saksikan film singkat mengenai pembuatan Suara Shell

Prakarsa #makethefuture

Dengan prakarsa #makethefuture kami mengajukan pertanyaan yang berani kepada orang-orang di seluruh dunia: bagaimana jika gagasan Anda dapat membantu menjawab tantangan energi dunia?

Sasaran prakarsa tersebut adalah untuk menemukan kecerdasan ilmiah dan jiwa kreatif manusia dan menginspirasi mereka untuk bergabung dalam program kami yang difokuskan pada inovasi – misalnya Shell Ideas360 dan Shell Eco-marathon untuk mahasiswa, Shell LiveWIRE untuk usahawan muda, dan Shell GameChanger untuk inovator berpengalaman.

Saat ini, lebih dari yang sudah-sudah, dunia membutuhkan lebih banyak ilmuwan, teknolog, insinyur, dan matematikawan untuk menghadapi tantangan energi dunia.

Kemajuan yang digerakkan oleh langkah kaki

Prakarsa #makethefuture difokuskan pada inovasi yang mendorong kemajuan manusia. Contoh yang sempurna adalah Laurence Kemball-Cook, yang menghadirkan gagasan luar biasa bagi program Shell LiveWIRE: memugar lapangan sepakbola masyarakat miskin di Morro da Mineira, sebuah pemukiman padat penduduk di Rio de Janeiro.

Di bawah permukaannya kami memasang sekitar 200 ubin kinetik yang dikembangkan oleh Laurence. Ubin ini menangkap energi yang dihasilkan melalui gerakan pemain dan dikombinasikan dengan energi dari panel listrik. Kini penduduk setempat memiliki sumber listrik yang dapat diperbarui sebagian untuk membantu menyalakan lampu sorot di lapangan mereka.

Temukan lebih lanjut tentang prakarsa #makethefuture

Lebih lanjut tentang kami

Siapakah kami

Pelajari tentang bisnis dan SDM kami, dan bagaimana kami tumbuh dari sebuah toko kecil di London hampir 200 tahun yang lalu.

Aktivitas kami

Shell adalah grup perusahaan energi dan petrokimia global. Kami mempekerjakan sekitar 270 karyawan di Indonesia.

Anda mungkin juga tertarik pada

Masa depan energi

Kami menggunakan pengetahuan, teknologi, dan inovasi kami untuk menghadirkan energi yang lebih banyak dan lebih bersih untuk populasi dunia yang terus bertambah.

Make the future

We believe the answers to tomorrow’s energy challenges lie in the power of people’s ingenuity, and that together we can #makethefuture today.