Mengelola bahan bakar armada akan sangat membantu perusahaan. Hal ini tidak hanya berdampak pada Cost Efficiency, tapi juga pada banyak hal. Untuk memahami alasan bahan bakar harus dihemat, simak artikel ini lebih lanjut!

Meningkatkan Akurasi Data

Pertama, pengelolaan bahan bakar dengan baik yang dilakukan oleh sebuah bisnis akan meningkatkan akurasi data. Mengapa demikian?

Pasalnya, saat sebuah bisnis menyadari bahwa semua hal yang berkaitan dengan manajemen bahan bakar dikelola dengan baik, maka akurasi data bahan bakar yang menyita banyak anggaran juga bisa ditingkatkan.

Menekan Biaya Bahan Bakar

Pengelolaan bahan bakar dengan baik juga mampu menekan biaya bahan bakar. Besar kemungkinan setiap bisnis yang menggunakan kendaraan operasional akan menghabiskan banyak uang dalam manajemen armada.

Harga bahan bakar yang meningkat dari waktu ke waktu menyebabkan peningkatan biaya operasi dalam bisnis. Maka dari itu, mengelola bahan bakar dengan sistem teknologi akan menekan biaya pengeluaran bahan bakar.

Mengurangi Risiko Penipuan

Berikutnya, alasan bahan bakar harus dihemat adalah demi mengurangi risiko penipuan. Apa hubungannya?

Sudah bukan rahasia lagi jika kecurangan yang dilakukan oleh SPBU masih sering terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini dilakukan tidak lain untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pengelola SPBU pun nekat melakukan kecurangan dalam sistem pengisian bahan bakar.

Oleh karena itu, mengelola bahan bakar dengan lebih baik, apalagi jika Anda menerapkan teknologi terkini yang terintegrasi, maka bukan tidak mungkin risiko penipuan bisa dicegah.

Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat Anda menerapkan teknologi terkini demi pengelolaan bahan bakar yang lebih baik, maka Anda akan merasakan manfaat dari efesiensi bahan bakar. Apalagi jika rute pengemudi tidak bisa dilacak, sehingga menyebabkan pemborosan bahan bakar.

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Terakhir, pengelolaan bahan bakar dengan bijak juga berguna menjaga kelestarian lingkungan. Perlu dipahami bahwa semakin sedikit pembakaran yang terjadi, semakin sedikit pula polusi yang dihasilkan. Jika polusi terus terjadi, maka bukan tidak mungkin lapisan ozone akan semakin menipis. Dampaknya tidak hanya pada makhluk hidup secara menyeluruh, tapi juga pada sistem pernapasan manusia.

Itulah informasi singkat mengenai alasan bahan bakar harus dihemat. Pada intinya, menghemat pengelolaan bahan bakar tidak hanya bermanfaat dari segi lingkungan, tapi bisnis secara keseluruhan.

Sebab bahan bakar kendaraan operasional memerlukan anggaran yang tidak sedikit, apalagi bagi bisnis yang bergerak di bidang transportasi maupun logistik. Perlu dicatat bahwa untuk mengelola bahan bakar, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan mulai dari pencatatan manual hingga implementasi teknologi terkini.

Teknologi terkini dengan sistem terintegrasi yang dimaksud adalah Fleet Card yang secara spefisik berupa Shell Fleet Card.

Dengan menggunakan Shell Fleet Card, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol anggaran bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, mengurangi kelalaian pegawai dalam proses pelaporan, lebih aman dan mudah.

Untuk informasi lengkap seputar Shell Fleet Card, Anda dapat mempelajarinya lewat laman resmi Shell Indonesia. Selamat mencoba!

Baca artikel terbaru kami

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!

5 Manfaat Real Time Monitoring pada Bisnis Anda

Real Time Monitoring jadi cara efisien memantau operasional. Shell Fleet Card jadi implementasi Real Time Monitoring yang bermanfaat untuk bisnis Anda.