Bensin adalah campuran dari berbagai bahan kimia yang disuling dari minyak mentah. Bensin mengandung zat aditif, seperti MTBE, yang mempengaruhi cara pembakarannya. Seperti yang diketahui, cairan ini tidak berwarna, tapi bisa saja tampak biru, kuning, atau coklat muda.

Adapun penggunaan bensin bermacam-macam, tergantung dari kebutuhan. Namun, kebanyakan dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin, seperti mobil, kapal, sepeda motor, mesin pemotong rumput, dan lain sebagainya.

Masalah yang sering dihadapi oleh mereka yang menggunakan bensin, termasuk juga mungkin Anda, adalah bensin menguap. Beberapa orang telah menyelidiki penyebab bensin menguap, nyatanya hal ini memerlukan penjelasan ilmiah.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai penyebab bensin menguap dan bagaimana cara agar bahan bakar ini tidak boros; segera cari tahu informasinya di bawah ini!

Penyebab Bensin Menguap

Penyebab utama besin menguap adalah udara. Bensin dapat menguap dengan cepat saat terkena udara. Ketika bensin tumpah, maka bahan bakar ini akan menguap dengan sendirinya. Lalu, apakah bensin di tangki bisa menguap?

Suhu yang tinggi nyatanya berdampak saat bensin dipompa ke kendaraan yang panas. Sebagai contoh, saat Anda berkendara di bawah matahari yang terik dengan tangki bensin terisi setengah. Dengan keadaan seperti ini, bensin di dalam tangki dapat dengan mudah memuai dan menguap.

Maka dari itu, jangan heran saat Anda mengecek tangki, bensin yang tadinya terisi setengah tiba-tiba hampir habis.

Tips Mencegah Bensin Menguap

Pertanyaannya, adakah cara agar bensin tidak menguap di dalam tangki? Agar hal ini tidak terjadi dan merugikan, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

  • Gunakan kadar oktan bensin yang sesuai dengan kendaraan.
  • Hindari mengisi bensin lebih dari batas maksimal tangki.
  • Selalu pastikan tutup bensin dalam keadaan tertutup rapat.
  • Parkir kendaraan di tempat yang teduh demi mencegah panas.

Demikianlah jawaban seputar pertanyaan mengapa bensin menguap. Selain menjaga agar bensin tidak menguap, bahan bakar ini juga perlu dikontrol penggunaannya.

Salah satu cara untuk mengontrol penggunaan bahan bakar adalah dengan memanfaatkan Shell Fleet Card. Shell adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung bisnis terus berkembang maju dan mencapai tujuan utamanya.

Dengan kehadiran kehadiran Shell Fleet Card, Anda dapat mengontrol pemakaian BBM mobil operasional dan tentu menekan angka fraud.

Seperti yang diketahui pengisian bensin kadang menjadi salah satu hal yang paling sulit dikontrol dan berakhir pada kerugian. Padahal dengan mengontrol pemakaian bahan bakar, sebuah perusahaan bisa menghemat biaya operasional hingga 80%.

Tidak hanya efisiensi bahan bakar dengan menggunakan Shell Fleet Card, Anda juga bisa menghemat waktu administrasi. Shell Fleet Card telah dilengkapi dengan berbagai tools yang akan memudahkan Anda.

Mulai dari menarik laporan pemakaian bulanan bahkan harian dengan cara yang mudah hingga keleluasan mengontrol armada yang Anda miliki. Shell Fleet Card menawarkan berbagai macam fleksibilitas untuk mengatur armada mulai dari dimana pom bensin Shell yang bisa digunakan hingga pembatasan pada plat nomor mobil atau hari dan juga waktu.

Jadi, dengan menggunakan Shell Fleet Card, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol budget bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, mengurangi kelalaian pegawai dalam proses pelaporan yang lebih aman dan mudah.
Semua hal inilah yang menjadi bagian dari proses efisiensi biaya operasional perusahaan agar diperoleh keuntungan yang maksimal.