Harga bahan bakar yang kian hari kian meningkat membuat perusahaan harus cari cara menghemat penggunaan BBM dengan tepat. Sebab jika tidak biaya operasional bisa saja terus membengkak dan menjadi pengeluaran terbesar perusahaan.

Belum lagi biaya perawatan kendaraan yang juga tidak murah dari hari ke hari. Lantas, bagaimana cara menghemat bensin? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Rencanakan rute

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan merencanakan rute perjalanan terlebih dahulu. Maksudnya, jika dalam 1 hari Anda harus mendatangi 5-6 tempat dan jaraknya jauh, maka Anda wajib mengecek jalanan terdekat mana yang bisa dilalui dan bebas macet untuk sampai ke satu tempat.

Pasalnya, bisa saja Anda terjebak macet atau berputar-putar mencari jalan yang pada akhirnya akan menguras bensin. Jadi, selalu rencakan rute, sehingga perjalanan jadi lebih efisien dan Anda tidak harus menempuh perjalanan jauh.

Tetap pada batas kecepatan maksimum

Ketika berkendara, pengemudi perlu diwanti-wanti untuk tetap pada batas kecepatan maksimum. Jika sebuah rambut menganjurkan batas kecepatan maksimum, maka patuhi hal tersebut sebab hal ini akan memengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan. Melebihi batas maksimum berkendara akan membuat penggunaan bahan bakar jadi lebih boros.

Menghemat Bensin dengan Merawat kendaraan secara berkala

Meski terdengar sepele, merawat kendaraan secara berkala bisa menjadi salah satu cara menghemat bensin. Ganti oli, bersihkan saringan udara, tune up sesuai jadwal, serta berbagai perawatan lainnya tidak hanya baik untuk performa kendaraan secara menyeluruh, tapi juga menghemat bahan bakar.

Sebagai contoh, saringan udara yang kotor menghambat aliran udara, sehingga piston mobil terasa berat dan tenaga mesin jadi berkurang. Akibatnya, pengemudi perlu menginjak pedal gas dengan dalam. Jika dialkukan secara terus menerus, bahan bakar akan cepat habis. Kondisi ini juga berlaku pada bagian mobil lainnya.

Periksa tekanan ban secara rutin

Tahukah Anda bahwa dengan memeriksa tekanan ban secara rutin juga merupakan cara irit bensin?

Pasalnya, ban dengan tekanan sesuai yang ditentukan akan membuat laju mobil lebih stabil dan konsumsi bahan bakar lebih irit. Sebaliknya, jika tekanan ban kurang, maka laju mobil terhambat dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Gunakan Shell Fleet Card

Terakhir, cara menghemat bahan bakar bensin adalah dengan menggunakan Shell Fleet Card. Perlu dipahami bahwa Shell Fleet Card hadir sebagai solusi pembayaran untuk semua pengeluaran armada Anda.

Mengapa demikian?

Shell Fleet Card menawarkan berbagai kemudahan seperti sistem pembayaran cashless atau non-tunai yang dapat diterima di lebih dari 80 SPBU bahan bakar Shell di Jabodetabek dan Bandung.

Melalui sistem Fleet Card, pembelian bahan bakar bisa dilakukan baik dengan sistem prabayar maupun pascabayar. Setiap perusahaan akan mendapatkan laporannya secara harian dan bulanan dari laporan yang dikirimkan.

Hal ini menjadi solusi dalam meminimalisasi terjadinya penyalahgunaan biaya bahan bakar. Dari segi keamanan transaksi, Shell Fleet Card juga aman sebab telah dilengkapi dengan Chip dan PIN yang memenuhi standar industri dunia perbankan.

Dengan begini, Shell Fleet Card pun mampu meningkatkan efisiensi biaya operasional perusahaan. Apalagi dengan sistem pembatasan dan report yang terus diperbarui; perusahaan bisa memantau dan mengurangi penyalahgunaan pembelian bahan bakar.

Berdasarkan data yang dihimpun dari konsumen, penggunaan Fleet Card dapat menekan biaya pengeluaran bahan bakar.

Demikianlah informasi lengkap mengenai cara menghemat bensin untuk kendaraan operasional perusahaan. Intinya, salah satu cara menghemat bensin adalah dengan memanfaatkan Shell Fleet Card.

Baca artikel terbaru kami

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!

5 Manfaat Real Time Monitoring pada Bisnis Anda

Real Time Monitoring jadi cara efisien memantau operasional. Shell Fleet Card jadi implementasi Real Time Monitoring yang bermanfaat untuk bisnis Anda.