Jika Anda adalah pelaku bisnis yang menggunakan banyak armada kendaraan dalam operasionalnya, salah satu sistem yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis adalah fleet management system. Lalu, seperti apa fleet management dan apa fungsinya untuk bisnis yang Anda miliki? Simak informasinya berikut ini!

Apa Itu Fleet Management System?

Fleet management adalah kegiatan pengelolaan suatu armada dalam sebuah perusahaan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan efisiensi dari kendaraan, meningkatkan produktivitas, memantau waktu service, serta meningkatkan keselamatan kendaraan dan pengemudinya, hingga konsumsi bahan bakar.

Manfaat Penting Dari Fleet Management System

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, software fleet management akan membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas bisnis Anda. Namun selain itu, masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan fleet management system:

Dapat Memantau Armada Secara Real-Time

Fleet management system dapat membantu proses pemantauan armada, baik secara jarak jauh ataupun dekat, melihat tingkat produktivitas karyawan atau pengemudi, performa armada berdasarkan tujuan, rute, hingga penggunaannya. Fleet management system juga memudahkan Anda jika terjadi keterlambatan dalam pengiriman atau logistik. Hal ini juga dapat meminimalisir kekecewaan dan kepuasaan pelanggan terhadap operasi bisnis yang Anda miliki.

Meningkatkan Keamanan Armada dan Pengemudi

Fleet management system dirancang untuk menunjang keamanan pengendara atau staff perusahaan. Sistem ini sangat bermanfaat untuk memonitor kecepatan kendaraan, melacak rute driver, melihat perilaku driver saat berkendara, hingga memastikan pengemudi tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Fleet management system akan melaporkan kondisi secara otomatis. Dengan demikian, perusahaan dapat mengevaluasi perilaku pengemudi secara lebih cepat.

Memantau Penggunaan Bahan Bakar

Semua kendaraan yang digunakan dalam kegiatan operasional bisnis pasti membutuhkan bahan bakar. Namun, ternyata hal ini cukup menguras omset perusahaan. Pengelolaan bahan bakar yang tidak teratur tentu dapat mengganggu kelancaran dari sebuah bisnis. Dengan menggunakan fleet management system, bahan bakar lebih mudah dikelola dengan melacak informasi biaya yang dikeluarkan.

Mengontrol Kondisi Kendaraan

Perawatan kendaraan termasuk bagian penting untuk menjaga kualitas performa armada yang akan dikendarai. Fleet management system akan mengecek kualitas mesin dan memprediksi kapan harus melakukan service. Secara otomatis, sistem akan membunyikan alarm sebagai pengingat bila waktu maintenance sudah dekat. Terdapat pula pengingat kapan harus mengganti oli rutin.

Setelah memahami pengertian dari fleet management system serta manfaatnya bagi perusahaan bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa tips efektif untuk menerapkan fleet management pada perusahaan:

Efisiensi Jarak Tempuh

Penggunaan fleet management system dengan basis GPS tracker akan mengetahui persentase dari durasi operasional dari setiap kendaraan armada Anda agar lebih seimbang.Selain itu, fleet management system juga memiliki fitur untuk memilih rute tercepat ke tempat tugas.

Memperbaiki Perilaku & Produktivitas Pengemudi

Fleet management system berbasis GPS tracker akan memberikan laporan hasil pemantauan dan penilaian dari pengemudi berdasarkan beberapa parameter perilaku si pengendara, seperti mengerem keras atau mendadak, mengebut, menikung tajam, dan lainnya.

Digitalisasi Penugasan

Seorang operator bisa memberikan tugas lengkap beserta uraian informasinya kepada pengemudi melalui ponsel. Penyelesaiannya pun bisa dengan mudah dilacak dan bukti pengiriman bisa berupa foto langsung dikirim oleh pengemudi lewat aplikasi.

Itulah informasi seputar pengertian dan fungsi dari fleet management yang perlu Anda ketahui. Mari, beri rancangan manajemen kendaraan operasional bisnis Anda bersama Shell Fleet Card. Dengan menggunakan Shell Fleet Card, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol budget bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, mengurangi kelalaian pegawai dalam proses pelaporan, lebih aman dan mudah.

Untuk informasi lengkap seputar Shell Fleet Card, Anda dapat mempelajarinya lewat laman resmi Shell Indonesia. Selamat mencoba!