Semakin tinggi RON semakin irit biaya yang harus dikeluarkan. Istilah ini mengemuka di berbagai perusahaan yang mengandalkan kendaraan untuk operasional bisnisnya.

Pasalnya, biaya bahan bakar sangat berkorelasi dengan anggaran perusahaan. Makanya, tidak jarang sebuah bisnis justru mencari RON paling irit demi menekan biaya bahan bakar kendaraannya.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai RON, simak informasi lengkap di bawah ini!

Apa Itu RON?

Research Octane Number atau sering kali disebut RON adalah patokan kualitas bahan bakar dengan indikator nilai oktan. Angka RON yang biasa Anda lihat di kendaraan merupakan nilai ketukan atau banyaknya ketukan yang dihasilkan oleh ruang bakar kendaraan saat pembakaran terjadi.

Singkatnya, RON menjadi penanda seberapa besar tekanan yang mampu diberikan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan di ruang bakar kendaraan. Di Indonesia sendiri, setiap bahan bakar terdiri dari beberapa tingkatan RON. Khusus Shell Indonesia, yakni:

  • Shell Reguler angka RON 90
  • Shell Super angka RON 92
  • Shell V-Power angka RON 95

Apakah Semakin Tinggi RON Semakin Irit?

Pertanyaan ini bisa muncul di benak siapa saja. Jawabannya, semakin tinggi RON, maka bahan bakar semakin irit. Mengapa demikian?

Hal ini disebabkan oleh sistem pembakaran mesin yang berlangsung dengan sempurna, sehingga membuat kendaraan lebih irit dan tidak perlu khawatir mengenai intensitas pengisian bahan bakar.

Jawaban ini juga sejalan dengan pertanyaan, semakin tinggi nilai oktan, maka mesin akan bebas dari berbagai masalah yang disebabkan oleh bahan bakar. Pasalnya, bahan bakar lebih lambat terbakar, sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang dapat mengganggu kinerjanya.

Hubungan RON dan Biaya Bahan Bakar

Jika membaca penjelasan sebelumnya, sudah jelas bahwa nilai oktan tinggi BBM irit. Maksudnya, nilai RON berdampak pada biaya bahan bakar yang harus dikeluarkan.

Semakin tinggi nilai RON bahan bakar yang digunakan, maka semakin rendah biaya yang harus dikeluarkan karena proses pembakaran yang berlangsung lambat tadi.

Demikianlah informasi mengenai RON dan biaya bahan bakar kendaraan operasional bisnis. Salah satu solusi untuk menekan biaya bahan bakar kendaraan, selain menyesuaikan dengan nilai RON bahan bakar yang digunakan adalah dengan menggunakan Shell Fleet Card.

Mengapa demikian?

Perlu dipahami bahwa Shell adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk mendukung bisnis agar terus berkembang maju dan mencapai tujuan utamanya. Dengan kehadiran kehadiran Shell Fleet Card, Anda dapat mengontrol pemakaian BBM mobil operasional.

Seperti yang diketahui pengisian bahan bakar kadang menjadi salah satu hal yang paling sulit dikontrol dan berakhir pada kerugian. Padahal dengan mengontrol pemakaian bahan baar, sebuah perusahaan bisa menghemat biaya hingga 80%.

Dengan menggunakan Shell Fleet Card, Anda tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar, tapi juga menghemat waktu administrasi. Shell Fleet Card dilengkapi dengan juga dilengkapi dengan berbagai tools yang akan memudahkan Anda.

Mulai dari menarik laporan pemakaian bulanan bahkan harian dengan cara yang mudah hingga keleluasan mengontrol armada yang Anda miliki. Shell Fleet Card menawarkan berbagai macam fleksibilitas untuk mengatur armada mulai dari dimana pom bensin Shell yang bisa digunakan hingga pembatasan pada plat nomor mobil atau hari dan juga waktu.

Jadi, dengan menggunakan Shell Fleet Card, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol budget bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, mengurangi kelalaian pegawai dalam proses pelaporan yang lebih aman dan mudah.

Semua hal inilah yang menjadi bagian dari proses efisiensi biaya operasional perusahaan. Dengan demikian, perusahaan atau sebuah bisnis dapat memperoleh keuntungan yang maksimal.