Kebutuhan terhadap data makin ke sini makin meningkat. Anda mungkin pernah menemukan data yang tidak cocok dengan kondisi terkini yang terjadi di satu lini sebuah perusahaan di mana hasil dari implementasi data tersebut tidak membawa dampak yang signifikan terhadap perusahaan tersebut.

Bahkan data yang yang digunakan sudah tidak relevan lagi dengan kondisi perusahaan atau produk yang dihasilkan.

Untuk masalah seperti ini, kuncinya cuma satu, yakni perusahaan perlu melakukan implementasi real time monitoring. Survei Decision Analyst yang dilakukan terhadap 150 produsen di Amerika Utara pada Februari 2019 lalu menemukan bahwa 81% produsen merasakan betul kontribusi real time monitoring pada bisnisnya.

Agar tidak bingung dan punya pemahaman mendalam, berikut informasi lengkap mengenai real time monitoring.

Definisi Real Time Monitoring

Pada dasarnya, real time monitoring adalah proses di mana pihak perusahaan melakukan peninjauan, evaluasi, serta modifikasi penambahan atau penghapusan database atau sistem yang ada.

Proses ini kemudian makin sering bergulir melihat kondisi di lapangan yang juga berubah dengan cepat dan demi mendapatkan data yang benar-benar terbarukan atau sering disebut sebagai real time monitoring.

5 Manfaat Real Time Monitoring

Apa saja manfaat real time monitoring? Berikut 5 di antaranya yang wajib Anda pahami:

  1. Mengatasi ketidakmampuan sebuah divisi dalam perusahaan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya.
  2. Meningkatkan produktivitas perusahaan karena adanya insight terbaru setiap waktu. Informasi ini kemudian menjadi acuan dalam peningkatan dan percepatan produktivitas agar bisa unggul dalam memenuhi permintaan konsumen.
  3. Memperpanjang usia aset produksi karena semakin kompleksnya proses produksi yang menuntut real time monitoring demi mengurangi terjadinya waktu henti produksi.
  4. Memantau energi dan pemborosan yang terjadi di setiap proses produksi perusahaan, sehingga terjadi keberlanjutan. Hasilnya, kemampuan untuk terus berproduksi pun akan berlangsung.
  5. Mendapatkan feedback mengenai produk dan proses yang telah dijalankan selama ini oleh perusahaan.

Singkatnya, real time monitoring bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja perusahaan. Tujuannya, tidak lain untuk mendapatkan untung semaksimal mungkin dengan usaha sebisanya.

Real Time Monitoring dengan Shell Fleet Card

Salah satu solusi real time monitoring pada kendaraan operasional perusahaan adalah pemanfaatan Shell Fleet Card. Mengapa?

Fleksibilitas untuk dapat melakukan pengisian bahan bakar di semua SPBU Shell bisa lebih terbuka. Selain itu, proses pelaporan administrasi yang mudah melalui pengiriman laporan transaksi harian. Beberapa manfaat Shell Fleet Card lainnya, yakni:

  • Pembatasan penggunaan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan instansi
  • Pengurangan potensi penyalahgunaan kartu dengan sistem CHIP & PIN
  • Tidak memerlukan uang tunai (cash) saat membayar
  • Metode pembayaran pascabayar (postpaid) dengan jangka waktu pembayaran (term of payment)

Itulah informasi seputar real time monitoring dan manfaatnya bagi perusahaan Anda. Penggunaan Shell Fleet Card, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menawarkan manfaat yang bakal sangat berguna bagi perusahaan.

Mari, mulai merancang sistem real time monitoring manajemen kendaraan operasional bisnis Anda bersama Shell Fleet Card.

Dengan menggunakan Shell Fleet Card, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol pengeluaran bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, serta mengurangi kelalaian pengemudi atau pegawai yang terlibat dalam proses pelaporan, lebih aman dan mudah.

Untuk informasi lengkap seputar Shell Fleet Card, Anda dapat mempelajarinya lewat laman resmi Shell Indonesia. Selamat mencoba!

 

Baca artikel terbaru kami

Memahami Asset Tracking dan Manfaat Penerapannya

Asset tracking adalah salah satu metode yang digunakan untuk menelusuri aktiva tetap atau aset fisik. Apa manfaatnya?

Fleet Management: Pengertian, Fungsi, & Tips

Apa itu Fleet management dan apa fungsinya bagi bisnis Anda? Simak informasinya berikut ini!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!