Fleet management system atau disebut sistem manajemen armada mempunyai peran paling krusial dalam industri manufaktur atau konstruksi. Fleet management system sangat dibutuhkan dalam pengelolaan aktivitas kendaraan, seperti motor, mobil, bus, truk, kapal, pesawat terbang, dan alat berat. Adanya fleet management atau manajemen armada yang baik, mampu menjaga kelancaran suatu bisnis dari perusahaan tersebut.

Fleet Services untuk mengelola armada operasional

Fleet atau armada merupakan sejumlah kendaraan milik perusahaan yang digunakan untuk operasional demi mencapai tujuan-tujuan bisnis perusahaan tersebut.

Umumnya, yang dimaksud dengan fleet dalam sebuah bisnis mencakup kendaraan yang dimiliki oleh perusahaan seperti perusahaan sewa mobil, kendaraan pelayanan publik, kendaraan ekspedisi, operasional karyawan, kendaraan pengantar barang, dan banyak lagi.

Sementara itu, fleet services sendiri berarti layanan yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan armada operasional perusahaan mulai dari pemantauan, pelacakan, pelatihan supir, manajemen aset, hingga perawatan kendaraan-kendaraan tersebut.

Pengertian Fleet Management System

Fleet management atau manajemen armada adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengelola kendaraan bermotor milik perusahaan, seperti motor, mobil, bus, dan lain-lain. Hasilnya adalah agar Anda bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan kendaraan, menghemat bahan bakar kendaraan perusahaan, serta memprediksi waktu pemeliharaan kendaraan agar usianya lebih lama.

Untuk mencapai tujuan ini, tentunya dibutuhkan kombinasi sistem yang di dalamnya mampu memantau kebiasaan pengemudi, melacak posisi kendaraan perusahaan, melaporkan penggunaan bahan bakar, dan sistem manajemen pemeliharaan kendaraan.

Jenis-jenis fleet tools

Dalam fleet management system, terdapat beberapa tools yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan armada. Teknologi RFID dan fuel card di antaranya membuat manajemen pengelolaan armada menjadi lebih mudah. Fleet tools yang biasanya digunakan antara lain:

1. Hardware dan software untuk fleet monitoring

Hardware dan software fleet monitoring berupa GPS yang bersifat real time memberikan visualisasi rute dan lokasi dari seluruh kendaraan dan supir yang bertugas. Dengan alat ini, perusahaan dapat memantau kecepatan dan efisiensi mobilitas kendaraan operasional. Pemantauan membuat kinerja semakin terlihat, akuntabel, dan produktif.

2. Pencatat dan pengingat perawatan armada

Alat ini membantu memantau jadwal perawatan sehingga kondisi armada tetap fit untuk digunakan. Perawatan rutin memperpanjang usia kendaraan, menggunakan lebih sedikit bahan bakar, memiliki nilai jual yang tinggi, dan mencegah kondisi darurat.

3. Tool pengelolaan bahan bakar

Alat ini memantau penggunaan bahan bakar dan jarak tempuh. Dengan tools pengelolaan bahan bakar, perusahaan bisa mengurangi biaya operasional dengan operasional yang efisien. Untuk pencatatan otomatis, kartu bahan bakar bisa dihubungkan dengan peranti lunak. Seperti pada penggunaan Shell Fuel Card.

4. Pemantau dan pencatat penggunaan inventaris, alat, dan perlengkapan lain

Memantau peralatan, perlengkapan, serta kendaraan pada sebuah armada perusahaan cukup rumit. Untuk itu, alat ini membantu manajemen inventaris sehingga semuanya dapat terpantau secara otomatis tanpa harus menelusuri aset secara manual. Teknologi RFID yang ada sekarang memudahkan pemantauan ini.

5. Tool pengelolaan dokumen digital

Melalui proses digitalisasi, seluruh dokumen fisik kini dapat diganti ke dalam bentuk digital. Dokumen digital lebih mudah disimpan, dibagikan, dicari ketika hilang, dan diulas. Dengan adanya tool ini, maka urusan administrasi akan lebih mudah, dan informasi yang tercerai berai dapat jadi terpusat.

6. Penugasan dan penjadwalan aset

Penugasan dan penjadwalan aset yang dilakukan menggunakan tool dan dianalisa menggunakan data akan membuatnya lebih efisien. Tool ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kendaraan mana saja yang kurang digunakan dan mana saja yang terlalu sering digunakan sekaligus meningkatkan produktivitas.

7. Tool optimisasi rute

Optimisasi rute memastikan agar kendaraan operasional bergerak mencapai tujuan dengan efisien sehingga dapat hemat bensin. Dengan alat yang dapat memantau pergerakan kendaraan, maka perusahaan dapat menentukan rute yang benar dan tepat waktu setiap saat tanpa memboroskan bahan bakar.

Kiat Fleet Management

Untuk mengoptimalkan armada yang dimiliki oleh perusahaan, terdapat beberapa kiat atau tips manajemen armada yang dapat dilakukan, antara lain:

Memaksimalkan kebutuhan

Menetapkan standarisasi untuk pembelian kebutuhan armada sangat efektif secara biaya dalam jangka panjang. Hal ini juga memudahkan jika seluruh pembelian dilakukan oleh fleet manager atau kepala departemen masing-masing. Tetapkan ceklis saat menentukan standar.

Gunakan pelacakan

Pelacakan armada dapat dipermudah melalui teknologi yang ada. Data-data mengenai armada, pengemudi, mekanik dan lainnya dapat dikumpulkan dan dapat digunakan untuk menganalisis efektivitas serta memberikan dasar untuk semua pembelian.

Gunakan otomatisasi untuk pendataan agar lebih memudahkan. Tandai data-data kunci yang penting agar Anda tidak perlu melacak dan menganalisis semua data yang ada.

Rotasi penggunaan armada

Rotasi penggunaan armada dapat memastikan agar seluruh kendaraan digunakan secara merata. Dengan demikian, kerusakan dan waktu servisnya dapat lebih mudah diukur.

Lakukan perawatan preventif

Perawatan semestinya tidak perlu menunggu kerusakan terjadi. Dengan servis berkala, makan perusahaan dapat mengirit uang yang lebih besar daripada harus memperbaiki. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lagipula, kendaraan akan idle lebih lama ketika harus menunggu rusak.

Optimalkan jumlah armada

Tips manajemen armada lainnya adalah dengan memaksimalkan jumlah armada. Maka itu, perhitungan yang tepat menjadi kunci. Pastikan selalu ada armada operasional setiap saat tanpa harus menunggu kendaraan tersebut idle terlalu lama. Jangan sampai armada perusahaan digunakan untuk hal-hal yang tidak relevan dengan tugasnya. Lakukan audit pada pengemudi serta kendaraan mengenai waktu yang dibutuhkan untuk beroperasi.

Gunakan fleet management solution

Otomatisasi armada perusahaan dapat memudahkan dan memaksimalkan waktu daripada melakukan semuanya secara manual. Teknologi yang ada dapat membuat karyawan lebih produktif dalam memanfaatkan waktunya.

Fleet management untuk industri manufaktur

Salah satu industri yang bergerak dengan begitu cepat adalah industri manufaktur. Dalam industri manufaktur, selain kecepatan, akurasi juga dibutuhkan untuk meminimalisir kerugian bagi perusahaan. Manajemen manufaktur yang baik artinya bukan saja perusahaan dapat menghasilkan produk yang baik, tapi juga proses manufakturnya dijalani melalui alur yang baik.

Seperti sudah diketahui, fleet management atau manajemen armada akan membantu memantau dan mengelola kebutuhan armada perusahaan mulai dari melacak data penggunaan, jadwal perawatan, konsumsi bahan bakar, manajemen pengemudi, penggunaan aset, perencanaan rute, dan lain sebagainya. Dengan aspek-aspek yang dipantau ini, maka perusahaan bisa mengaplikasikan teknologi yang ada dan mengkonversikannya ke dalam alur kerja yang lebih efisien.

Memaksimalkan manajemen armada untuk industri manufaktur artinya armada digunakan untuk mengumpulkan alat-alat, bahan, serta perlengkapan sekaligus tugas-tugas manajemen seperti penjualan, rapat, pameran, hingga peluncuran produk. Aspek-aspek tersebut dapat memenuhi target sesuai harapan.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, fleet management solutions dapat digunakan sebagai solusi manajemen armada untuk industri manufaktur karena teknologinya membantu menghemat biaya, membantu manajemen armada dari hulu ke hilir, canggih, dan membantu menghemat waktu.

Shell Fleet Solutions, Solusi Kebutuhan Bisnis Anda

Baik Anda mengelola kendaraan untuk bisnis UMKM, layanan logistik, atau armada tugas berat besar yang mengangkut barang internasional, Kami menyediakan berbagai kartu bahan bakar dan solusi mobilitas untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, sekarang dan di masa depan.

Dari alat digital dan API yang mengoptimalkan manajemen armada perusahaan, pengisian electric vehicle (EV) dan bahan bakar rendah emisi, hingga pembayaran tol di jalan, Shell Fleet Solutions mendukung Anda untuk mencapai tujuan mereka dalam industri yang terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Mengapa Shell Fleet Solutions?

  • Shell sudah memiliki pengalaman lebih dari 60 tahun di industri kartu bahan bakar, melayani lebih dari 2 juta pelanggan bisnis setiap hari.
  • Pemimpin global dalam mobilitas B2B, membantu memindahkan orang dan barang secara internasional, regional, dan lokal.
  • Platform pembayaran terbesar dalam mobilitas bisnis.
  • Lebih dari 8 juta Kartu Shell aktif di 47 pasar yang dilayani bisnis kami.
  • Kami memiliki sekitar 45.000 situs bermerek Shell di lebih dari 75 negara. Kartu Shell diterima di seluruh jaringan mitra kami yang lebih besar; menawarkan akses ke sekitar 200.000 situs di seluruh dunia.

Manfaat Menggunakan Shell Fleet Service Solutions

Berapapun ukuran armada Anda dan di mana pun pengoperasiannya, rangkaian lengkap solusi kami dirancang untuk memberi nilai tambah pada setiap bagian bisnis Anda:

1. Memberikan Kenyamanan

Kami memiliki jaringan pengisian bahan bakar dan EV, berbagai penawaran kartu bahan bakar, serta produk dan layanan fleet management system yang dirancang untuk membantu menyederhanakan proses dan memudahkan pengemudi Anda, sehingga setiap perjalanan yang dilakukan dapat berjalan lebih lancar.

2. Memberikan Kontrol

Shell Fleet Card memberikan Anda kontrol penuh untuk mengatur kendaraan operasional dengan cara yang mudah dan efisien. Anda bisa mengontrol jenis BBM yang digunakan, lokasi SPBU, plat mobil, hari, waktu, dan nilai atau budget tiap armada.

3. Keamanan

Anda bisa mendapatkan gambaran lengkap tentang pengeluaran armada Anda dengan sejumlah langkah keamanan untuk membantu Anda mengatasi penipuan.

4. Penghematan

Dari bahan bakar dengan harga bersaing, pelatihan mengemudi tingkat lanjut, hingga mencegah kemungkinan fraud seperti pembelian jenis BBM yang tidak sesuai dengan jenis armada atau kecurangan lain seperti struk palsu. Menggunakan Shell Card memungkinkan akan menekan potensi fraud hingga 80%. Anda bisa ada berbagai cara untuk memastikan armada Anda bekerja dengan biaya seefektif mungkin – dan Shell Account Manager dapat membantu Anda memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Ke mana pun armada Anda perlu pergi, Shell Fleet Solutions menemukan cara baru dan lebih baik untuk membantu Anda mencapainya. Selamat mencoba!

Baca artikel terbaru kami

Memahami Asset Tracking dan Manfaat Penerapannya

Asset tracking adalah salah satu metode yang digunakan untuk menelusuri aktiva tetap atau aset fisik. Apa manfaatnya?

Fleet Management: Pengertian, Fungsi, & Tips

Pengelolaan armada atau fleet management jadi elemen penting bagi bisnis Anda. Seperti apa sebenarnya fungsi fleet management? Simak informasinya di sini!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!