Membangun dan mengembangkan bisnis UMKM yang sukses membutuhkan strategi yang tepat. Strategi ini harus mencakup pemahaman pasar yang mendalam, produk atau layanan yang berkualitas, dan strategi pemasaran yang efektif.

Dengan menerapkan strategi yang tepat, Anda dapat meningkatkan profitabilitas dan penjualan bisnis dan membangun branding yang kuat dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.

Strategi yang tepat akan menjadi kunci kesuksesan Anda dalam mengembangkan bisnis UMKM. Strategi ini akan membantu Anda untuk menghadapi tantangan yang ada dan meraih peluang yang terbuka lebar di dunia UMKM. Bagi Anda yang ingin membawa bisnis Anda ke level selanjutnya, simak strategi lengkapnya di sini!

Strategi Mengembangkan Bisnis UMKM

Bagi para pelaku UMKM, memahami strategi yang paling efisien menjadi kunci penting untuk menghadapi era digital di tahun 2024. Strategi ini membantu UMKM menghadapi berbagai tantangan bisnis dan memaksimalkan pemasaran produk. Berikut 10 strategi pengembangan usaha untuk bisnis UMKM:

1. Mengenali Target Pasar

Strategi pengembangan bisnis UMKM yang efektif membutuhkan pemahaman mendalam tentang segmentasi pasar dan kebutuhan konsumen. Melalui riset pasar yang terstruktur, pelaku UMKM dapat memperoleh wawasan berharga untuk:

  • Mengidentifikasi tren terkini: Memahami tren yang berkembang di industri dan bagaimana hal ini mempengaruhi perilaku konsumen.
  • Menemukan peluang pasar: Mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi dan membuka peluang baru untuk produk atau layanan inovatif.
  • Memperkuat relevansi produk: Menyesuaikan produk atau layanan agar lebih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan.
  • Segmentasi pasar, contohnya, dapat membantu bisnis UMKM untuk memahami karakteristik dan perilaku kelompok konsumen tertentu. Hal ini memungkinkan penyesuaian produk atau layanan secara lebih terarah, seperti:
  • Contoh: Bisnis UMKM yang menjual produk baju dapat menggunakan riset pasar untuk mengidentifikasi target utama, baik remaja, dewasa muda, maupun orang tua. Riset ini juga dapat membantu memahami tren fashion, preferensi warna dan bahan, serta kebutuhan khusus yang belum terpenuhi di pasaran.

Kepuasan pelanggan akan menghasilkan ulasan positif dan rekomendasi dari mulut ke mulut (word-of-mouth) yang berharga untuk pertumbuhan bisnis.1

2. Menyesuaikan dengan Tren Saat Ini

Di era yang penuh dengan dinamika dan perubahan, menyesuaikan tren terkini menjadi strategi krusial bagi UMKM untuk bertahan dan berkembang. Tren mencerminkan kebutuhan dan ekspektasi konsumen yang terus berkembang. Dengan mengikuti tren, UMKM dapat memastikan produk atau layanan mereka tetap relevan dan menarik bagi pasar.

Di tengah persaingan bisnis yang ketat, mengikuti tren membantu UMKM untuk tetap kompetitif dan unggul dalam menawarkan solusi yang dibutuhkan pelanggan. Selain itu, Tren memungkinkan UMKM untuk menjangkau segmen pasar baru yang sebelumnya belum tersentuh. Misalnya, penggunaan media sosial dan e-commerce membuka peluang untuk menjangkau pelanggan di luar wilayah geografis yang sempit.

Menyesuaikan dengan tren bukan hanya tentang mengikuti hype, tetapi juga tentang memahami perubahan yang terjadi di industri dan di masyarakat. Dengan beradaptasi dan menangkap peluang yang muncul dari tren, UMKM dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan memperkuat posisinya di pasar.

Dengan memahami dan memanfaatkan tren, UMKM dapat membuka peluang baru, meningkatkan efisiensi, dan membangun reputasi yang positif, sehingga meraih kesuksesan dalam jangka panjang.

3. Manajemen Biaya yang Efisien

Bagi UMKM, manajemen biaya yang efisien merupakan strategi penting untuk mencapai kesuksesan. Hal ini dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya UMKM untuk mengelola keuangan dengan lebih efektif dan memastikan setiap rupiah digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan bisnis.

Dengan melacak pemasukan dan pengeluaran secara cermat, UMKM dapat mengidentifikasi peluang untuk menghemat biaya dan meningkatkan profitabilitas. Selain itu, informasi keuangan yang akurat membantu pemilik UMKM membuat keputusan bisnis yang lebih tepat, seperti investasi, pengembangan produk, pengelolaan aset, dan ekspansi pasar.

Hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan investor dan mitra bisnis, sehingga memperkuat daya saing UMKM di pasar. Manajemen keuangan yang efektif membantu UMKM mengelola risiko keuangan dan memastikan kelangsungan bisnis di masa depan.

4. Manfaatkan Teknologi Digital

Teknologi dan influencer marketing telah menjadi alat yang tak tergantikan untuk strategi UMKM. Teknologi digital seperti media sosial, e-commerce, dan website memungkinkan UMKM untuk menjangkau audiens yang lebih luas dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Teknologi digital menawarkan berbagai platform dan tools pemasaran yang lebih terjangkau seperti Ads, dibandingkan dengan metode konvensional seperti iklan cetak atau billboard. Ini memungkinkan UMKM untuk memaksimalkan anggaran pemasaran mereka dan mencapai hasil yang optimal.

Selain itu, Platform digital memungkinkan UMKM untuk menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan karakteristik demografis, minat, dan perilaku. Hal ini memastikan pesan pemasaran yang dikomunikasikan lebih relevan dan berdampak pada target audience yang tepat.

Selain teknologi digital, bekerja sama dengan influencer dapat menjadi strategi pendukung yang efektif. Influencer, khususnya micro-influencer, memiliki komunitas yang lebih kecil namun lebih terikat. Hal ini memungkinkan mereka untuk secara otentik mempromosikan produk atau layanan UMKM dan membangun kepercayaan di antara para pengikutnya.

Gabungan teknologi digital dan influencer marketing dapat memberikan dampak yang sinergis bagi UMKM. Teknologi digital membantu UMKM menjangkau audiens yang luas dan tertarget, sementara influencer dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas brand UMKM di mata calon pelanggan.2

Shell Fleet Solutions

Kartu BBM Pascabayar untuk efisiensi operasional armada, yang menawarkan kemudahan, fleksibilitas, kontrol, transparansi, dan penghematan untuk efisiensi perusahaan Anda.

Pelajari Lebih Lanjut

5. Bangun Hubungan dengan Mitra

Membangun jaringan yang kuat dan saling mendukung merupakan elemen penting dalam strategi pengembangan bisnis UMKM. Dengan menjalin kemitraan, berpartisipasi dalam komunitas, dan mengikuti program edukasi, UMKM dapat membuka peluang baru, meningkatkan akses ke sumber daya, dan membangun kredibilitas untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

6. Meningkatkan Retensi Pelanggan untuk Bisnis

Tidak cukup hanya dengan mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis Anda. Anda juga perlu membuat pelanggan yang sudah ada terus datang kembali. Ketika meningkatkan retensi pelanggan, Anda sedang membangun loyalitas pelanggan, yang dapat meningkatkan penjualan.

Mengingat biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lima kali lipat lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, fokus pada retensi pelanggan berarti bisnis Anda tidak akan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang bukanlah investasi yang pasti.

Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan dengan cara berikut:

  • Memprioritaskan layanan pelanggan: Jika Anda tidak memperlakukan pelanggan dengan baik, mereka tidak akan mau mendukung bisnis Anda. Pastikan Anda menangani keluhan mereka dan memberikan pengalaman terbaik kepada mereka untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan.
  • Menggunakan sistem CRM (Customer Relations Management): Sistem CRM membantu bisnis Anda mengelola hubungan dengan pelanggan yang ada dan potensial. Sistem ini membantu Anda menyimpan informasi pelanggan dan mengidentifikasi peluang penjualan. Salah satu manfaat terbesarnya adalah data disimpan di satu tempat, sehingga Anda dan karyawan lain yang membutuhkannya dapat mengaksesnya.
  • Membuat program loyalitas pelanggan: Program ini memberi penghargaan kepada pelanggan setia Anda atas dukungan mereka terhadap bisnis Anda. Program ini juga dapat membantu Anda menarik pelanggan baru atau mengembalikan pelanggan yang meninggalkan bisnis Anda.
  • Meluncurkan kampanye email: Menggunakan kampanye email dapat membantu memastikan bisnis Anda tetap diingat oleh pelanggan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendorong pelanggan lama dan potensial melalui saluran penjualan Anda.
  • Berinteraksi dengan pelanggan di media sosial: Pelanggan Anda mungkin menghubungi bisnis Anda di media sosial untuk mengajukan pertanyaan atau berbagi umpan balik, kesulitan, atau keluhan. Meluangkan waktu untuk menanggapi dan berinteraksi dengan mereka menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka dan menganggap serius keluhan mereka.3

7. Memiliki Delivery yang Efektif

Layanan pengiriman barang yang efektif menjadi kebutuhan penting bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan. Berikut beberapa alasannya:

  • Pengiriman barang yang tepat waktu dan aman: Layanan pengiriman yang andal dan terpercaya dapat memastikan produk diterima pelanggan dalam kondisi baik dan sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Hal ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong pembelian berulang.
  • Opsi pengiriman yang fleksibel: Menyediakan berbagai pilihan pengiriman, seperti pengiriman ekspres atau standar, dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan komitmen UMKM untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya.
  • Pelacakan barang: Memberikan akses bagi pelanggan untuk melacak status pengiriman barangnya secara real-time meningkatkan transparansi dan kepercayaan terhadap UMKM.

Oleh karena itu, para pelaku usaha UMKM wajib memiliki kartu kendaraan armada atau fleet card untuk membantu perusahaan melacak penggunaan bahan bakar dan mengontrol pengeluaran untuk kendaraan operasional agar pengelolaan aset dan manajemen biaya bisnis menjadi efisien.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Shell Card sebagai solusi pengelolaan armada yang lebih efisien. Shell Card mungkin menawarkan laporan penggunaan bahan bakar yang lebih rinci dan terintegrasi dengan sistem manajemen armada perusahaan dan dapat digunakan di seluruh SPBU Shell.

Dengan bahan bakar Shell, armada kendaraan operasional dapat menghemat bahan bakar sebanyak 3% untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

8. Evaluasi dan Tingkatkan Strategi Secara Berkelanjutan

Sangat penting untuk terus mengevaluasi dan menyempurnakan strategi Anda secara berkala. Anda dapat menemukan area yang dapat ditingkatkan dan memodifikasi strategi Anda dengan cara:

  • Melacak performa dan hasil: Pantau pencapaian dan hasil yang Anda dapatkan dari penerapan strategi.
  • Menetapkan tujuan dan KPI yang jelas: Tetapkan tujuan yang spesifik dan Key Performance Indicator (KPI) yang terukur untuk menilai keberhasilan strategi.
  • Melakukan analisis data secara teratur: Analisis data yang diperoleh dari pelacakan performa untuk mengidentifikasi pola dan tren.
  • Minta dan tindak lanjuti feedback: Mintalah umpan balik dari mitra, karyawan, dan pelanggan Anda tentang strategi yang sedang berjalan. Gunakan umpan balik tersebut untuk perbaikan.

Dengan melakukan evaluasi dan peningkatan strategi secara berkelanjutan, Anda dapat mengidentifikasi kelemahan dan memperbaikinya sebelum pesaing memanfaatkannya dan menyesuaikan strategi dengan perubahan kondisi pasar dan kebutuhan pelanggan untuk memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Evaluasi dan peningkatan strategi secara berkala merupakan siklus penting untuk memastikan bisnis Anda selalu relevan, adaptif, dan mampu mencapai tujuan jangka panjang.4

Demikian informasi strategi sukses mengembangkan bisnis UMKM di era modern saat ini. Terkait pengembangan usaha yang efektif, Anda perlu paham bahwa salah satu solusi untuk menghemat biaya operasional bisnis bisa dimulai dengan menggunakan Shell Card untuk kendaraan perusahaan sebagai bagian dari anggaran mobilitas transportasi yang lebih efisien.

Sebagai salah satu solusi untuk menghemat biaya operasional bisnis, Anda bisa mulai menggunakan Shell Card untuk kendaraan perusahaan sebagai strategi manajemen operasional bisnis Anda.

Shell Card merupakan solusi penghematan biaya operasional perusahaan. Pasalnya, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol budget bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, memiliki sistem anti fraud, mengurangi kelalaian pegawai dalam proses pelaporan, lebih aman dan mudah.

Untuk informasi lengkap seputar Shell Card, Anda dapat mempelajarinya melalui laman resmi Shell Indonesia. Selamat mencoba!

Referensi:

1 https://binus.ac.id/bandung/2020/11/cara-menentukan-target-market-bagi-umkm/

2 https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2022/06/02/16-simple-ways-to-affordably-grow-a-small-business/

3 https://www.thehartford.com/business-insurance/strategy/accelerate-growth/how-to-grow-small-business

4 https://www.engagebay.com/blog/small-business-growth/#7_Monitor_your_finances_and_adjust_your_strategy_accordingly

Baca artikel terbaru kami

Memahami Asset Tracking dan Manfaat Penerapannya

Asset tracking adalah salah satu metode yang digunakan untuk menelusuri aktiva tetap atau aset fisik. Apa manfaatnya?

5 Manfaat Real Time Monitoring pada Bisnis Anda

Real Time Monitoring jadi cara efisien memantau operasional. Shell Fleet Card jadi implementasi Real Time Monitoring yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!