Sustainable Business sering kali menjadi tujuan utama dari sebuah bisnis atau perusahaan agar mampu menghasilkan kebaikan bersama. Tidak hanya untuk bisnis itu sendiri, tapi juga untuk semua komponen yang terlibat dan bersinggungan.

Sayangnya, sebagian besar perusahaan di dunia didominasi oleh pemikiran dan strategi jangka pendek di mana fokusnya hanyalah menyelesaikan masalah yang ada. Makanya, konsep Sustainable Business mencuat sebagai solusi.

Untuk memahami hal ini lebih lanjut, simak informasi berikut!

Apa Itu Sustainable Business?

Untuk memahami definisi Sustainable Business, Anda terlebih dahulu harus membedah frasa ini ke dalam dua kata, yakni Sustainable dan Business.

Secara harfiah, Sustainable diartikan sebagai berkelanjutan. Istilah ini menggambarkan sebuah proses berkelanjutan jangka panjang, sehingga untuk mendapatkan hasilnya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sementara Business dalam bahasa Indoneisa adalah bisnis di mana istilah ini merujuk pada kegiatan yang dilakukan oleh individu, sekelompok orang, atau sebuah insititusi untuk menghasilkan nilai dari produk atau jasa.

Jadi, Sustainable Business adalah proses bisnis yang berkelanjutan dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuan jangka panjang dari bisnis tersebut.

Agar hasilnya optimal, sebuah bisnis yang mengusung konsep ini biasanya memerlukan strategi khusus. Ingat, Anda tidak bisa menerapkan strategi jangka pendek atau waktu yang singkat untuk hal ini.

3 Bottom Lines Sustainable Business

Selain penjelasan panjang dari definisi tersebut, ada manfaat Sustainable Business yang juga banyak dibicarakan. Khusus Sustainable Business tidak hanya fokus pada profit, tapi juga aspek lingkungan. Bahkan ada istilah 3 Bottom Lines dalam Sustainable Business, yakni Profit, People, dan Planet.

  • Profit: Setiap bisnis tentu ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Langkah ini ditempuh dengan berbagai aspek, mulai dari manajemen bisnis, manajemen sumber daya manusia, hingga manajemen produksi.
  • People: Dalam prosesnya, sebuah bisnis mau tidak mau akan berhubungan denga berbagai orang dari berbalai latar belakang. Tujuannya tidak lain untuk kelangsungan dan perkembangan usaha. Makanya, perlu komitmen untuk memberi dampak ke masyarakat dan orang-orang yang terkait dengan bisnis.
  • Planet: Karena berada lingkungan erat kaitannya dengan bisnis, maka hal ini tidak boleh dianggap sepele. Tanpa lingkungan yang baik dan memadai, sebuah bisnis tentu tidak akan bisa berjalan.

Shell Fleet Solutions

Kartu BBM Pacabayar untuk efesiensi operasional armada, yang menawarkan kemudahan, fleksibilitas, kontrol, transparansi, dan penghematan untuk efesiensi perusahaan Anda.

Pelajari Lebih Lanjut

Mengenal Shell Fleet Solutions

Adapun contoh Sustainable Business bisa Anda temukan di kehidupan sehari-hari di berbagai industri. Salah satu di antaranya, yakni Shell melalui Shell Fleet Solutions.

Shell Fleet Solutions pada dasarnya hadir sebagai solusi mobilitas untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, baik sekarang maupun di masa depan. Mengapa harus Shell Fleet Solutions?

  • Shell punya pengalaman lebih dari 60 tahun di industri kartu bahan bakar, melayani lebih dari 2 juta pelanggan bisnis setiap hari.
  • Pemimpin global dalam mobilitas B2B, membantu memindahkan orang dan barang secara internasional, regional, dan lokal.
  • Platform pembayaran terbesar dalam mobilitas bisnis.
  • Lebih dari 8 juta Shell Fleet Card aktif di 47 pasar yang dilayani bisnis kami.
  • Shell punya sekitar 45.000 situs bermerek Shell di lebih dari 75 negara. Shell Fleet Card diterima di seluruh jaringan mitra kami yang lebih besar; menawarkan akses ke sekitar 200.000 situs di seluruh dunia.

Demikianlah informasi terkait Sustainable Business dan hadirnya Shell Fleet Solutions untuk masa depan keberlanjutan bisnis Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca artikel terbaru kami

Fuel Cards Sebagai Anti Fraud Bahan Bakar Kendaraan

Ada berbagai alasan mengapa Fuel Cards bisa berguna sebagai Anti Fraud bahan bakar kendaraan. Selengkapnya di sini!

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!

5 Cara Hemat Bensin Bagi Kendaraan Operasional Perusahaan

Ada berbagai cara menghemat bensin kendaraan operasional. Cek 5 di antaranya berikut ini!