Pemenang kategori Prototype

Pencapaian jarak tempuh terbaik di Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 diraih oleh VIRGIN TEAM dari Sakonnakhon Technical College, Thailand, pada kategori Prototype, subkategori mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) di 1.867,8 kilometer per liter (km/l), yang mana jarak ini sama seperti mengemudi dari Jakarta ke Kuala Lumpur.

Pemenang lainnya termasuk juara bertahan Semar Proto UGM dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan hasil 779,6 kilometer per kilowatt jam (km/kWh) di subkategori baterai elektrik, dan KUST dari Universitas Kookmin, Korea Selatan, dengan hasil 373,7 kilometer per meter kubik (km/m3) di subkategori sel bahan bakar hidrogen.

Nattapong Singhakul, pengemudi VIRGIN TEAM, mengatakan, “Kami merasa sangat senang berhasil mendapatkan hasil terbaik dibandingkan tim-tim lainnya di kategori yang sama. Salah satu tantangan kami adalah ketika membawa kendaraan kami dari Thailand ke Indonesia dan memastikan kendaraan dalam kondisi terbaiknya. Dapat menyelesaikan kompetisi ini di posisi pertama merupakan sebuah kemenangan besar untuk kami.”

Regional Championship

Di Regional Championship, satu tim dari Singapura dan tiga tim dari Indonesia berhasil mengungguli empat tim lainnya dalam kategori kompetisi Urban Concept dan akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi di ajang global tahun ini.

Tim-tim ini akan diundang untuk mengikuti ajang World Championship untuk berkompetisi dengan tim-tim dari Amerika, serta Eropa dan Afrika. Ajang ini akan berlangsung di Shell Technology Center di Bangalore, India, pada 10-12 Oktober.

Tim-tim Urban Concept dengan efisiensi energi terbaik dalam kompetisi Regional Mileage Challenges akan diberikan alokasi energi berdasarkan hasil yang diperoleh. Mereka kemudian berlomba untuk melihat siapa yang dapat melewati garis finis terlebih dahulu tanpa kehabisan alokasi energi.

Penghargaan Off-Track

Tidak hanya peserta yang menampilkan performa luar biasa di trek yang mendapatkan penghargaan di kategori On-Track Awards. Off-Track Awards juga diberikan sebagai bentuk penghargaan atas keterampilan dan keberhasilan tim di luar lintasan balap. Berbagai kategori yang diberikan termasuk safety, technical innovation, serta Spirit of the Shell Eco-marathon sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta yang menggunakan keterampilan mereka untuk membantu sesama.

Norman Koch, Global General Manager Shell Eco-marathon, mengungkapkan, “Sungguh mengesankan melihat standar kinerja yang tinggi dan ide-ide inovatif yang dihasilkan oleh para pemikir muda ini. Walaupun dihadapkan pada berbagai tantangan sepanjang kompetisi, mereka tetap gigih dan berhasil mencapai hasil yang luar biasa dalam mendesain kendaraan hemat energi.”

Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia, menyampaikan, "Shell Eco-marathon menjadi platform bagi generasi muda untuk terlibat dalam inovasi yang mendorong percepatan transisi energi, sesuai dengan agenda Pemerintah untuk mencapai target net-zero emission pada tahun 2060. Lebih lagi, para pelajar memiliki konektivitas berskala internasional dengan industri, pembuat kebijakan, pakar di bidang energi dan keberlanjutan untuk bersama-sama menciptakan solusi dengan pendekatan baru dalam mencapai efisiensi energi untuk masa depan.”

Ajang bergengsi Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika ini diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa dari Asia-Pasifik dan Timur Tengah dengan total 75 tim peserta dari 13 negara.

Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023

Daftar Pemenang

Regional Championship

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas
1 601 TP ECO FLASH Singapore Politeknik Temasek
2 501 GARUDA UNY ECO TEAM I Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta
3 502 ITS Team Sapuangin Indonesia Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4 701 ARJUNA UI TEAM Indonesia Universitas Indonesia

Prototype

Pemenang kategori Internal Combustion Engine (ICE)

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Capaian Waktu Terbaik (km/l)
1 7 VIRGIN TEAM Thailand Perguruan Tinggi Teknik Sakonnakhon 1.867,8
2 1 NAKOELA UI TEAM Indonesia Universitas Indonesia 1.190,3
3 18 Fueang Fha Thailand Amphawa Industrial and Community Education 893,4

Pemenang kategori Bahan Bakar Hidrogen

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Capaian Waktu Terbaik (km/m3)
1 201 KUST Korea Universitas Kookmin 373,7
2 204 Bumi Siliwangi Team 2 Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia 287,5
3 202 ANTASENA ITS TEAM Indonesia Institut Teknologi Sepuluh Nopember 216,2

Pemenang kategori Baterai Elektrik

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Capaian Waktu Terbaik (km/kWh)
1 301 Semar Proto UGM Indonesia Universitas Gadjah Mada 779,6
2 303 IMEI TEAM Indonesia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 749,2
3 307 ANTAWIRYA EV Indonesia Universitas Diponegoro 649,9

Penghargaan Off-Track

Pemenang kategori Stimulate to Innovate didukung oleh Altair

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Skor
1 308 BITEPC Cina Institut Teknologi Beijing 72,7
2 507 SEMERU TEAM II UM Indonesia Universitas Negeri Malang 70,0

Pemenang kategori Data and Telemetry didukung oleh Schmid Elektronik

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Skor
1 502 ITS Team Sapuangin Indonesia Institut Teknologi Sepuluh Nopember 80,7
2 301 Semar Proto UGM Indonesia Universitas Gadjah Mada 74,7

Pemenang kategori Carbon Footprint Reduction

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Skor
1 713 Team AVERERA India

Institut Teknologi India

Universitas Banaras Hindu

83,7
2 202 ANTASENA ITS TEAM Indonesia Universitas Negeri Malang 79,0

Pemenang kategori Technical Innovation didukung oleh Southwest Research Institute

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Skor
1 327 Pravega India Sekolah Tinggi Teknik Pemerintahan Barton Hill 81,3
2 602 HYD12OGEN Singapura Universitas Teknik Nanyang 66,7

Pemenang kategori Safety didukung oleh DuPont

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Skor
1 327 Pravega India Sekolah Tinggi Teknik Pemerintahan Barton Hill 97,5
2 313 GARUDA UNY ECO TEAM II Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta 82,0

Pemenang kategori Spirit of Shell Eco-marathon

Juara No Balap Nama Tim Negara Universitas Skor
1 329 S.U. Racing Team Kazakhstan Universitas Teknik Nasional Satbayev Kazakhs 100,0
- - - - - -

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Reza Fawzy
Corporate Communications - Shell Indonesia
reza.fawzy@shell.com

Media Asia Pacific:
apac-media@shell.com

Media Middle East:
Mena.media@shell.com

Tentang Shell Eco-marathon

Shell Eco-marathon merupakan kompetisi yang menantang pelajar dan mahasiswa perguruan tinggi di berbagai negara di dunia, untuk berinovasi merancang dan membangun kendaraan yang paling hemat energi untuk menjawab tantangan energi di masa depan guna mewujudkan mobilitas yang lebih cerdas dan lebih berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi(https://www.shellecomarathon.com/).

Cautionary note

Perusahaan di mana Shell plc memiliki investasi secara langsung dan tidak langsung adalah badan hukum yang terpisah. Dalam pengumuman ini, “Shell”, “Shell Group” dan “Group” kadang-kadang digunakan untuk kenyamanan di mana referensi dibuat untuk Shell plc dan anak perusahaannya secara umum. Demikian juga, kata “kami”, “kita” dan “milik kami” juga digunakan untuk merujuk pada Shell plc dan anak perusahaannya secara umum atau siapapun yang bekerja untuk mereka. Istilah-istilah ini juga digunakan di mana tidak ada tujuan tertentu yang ingin mengidentifikasi entitas tertentu. ''Anak perusahaan'', "Anak perusahaan Shell" dan "Perusahaan Shell" seperti yang digunakan dalam pengumuman ini merujuk pada entitas yang dikendalikan oleh Shell plc baik secara langsung maupun tidak langsung. Entitas dan pengaturan tidak berbadan hukum di mana Shell memiliki pengendalian bersama umumnya disebut sebagai “usaha bersama” dan “operasi bersama”. “Usaha bersama” dan “operasi bersama” secara bersama-sama disebut sebagai “pengaturan bersama”. Entitas di mana Shell memiliki pengaruh signifikan tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama disebut sebagai “rekanan”. Istilah "Kepentingan Shell" digunakan untuk memudahkan untuk menunjukkan kepentingan kepemilikan langsung dan/atau tidak langsung yang dipegang oleh Shell dalam suatu entitas atau pengaturan bersama yang tidak berhubungan, setelah mengesampingkan semua kepentingan pihak ketiga.

Pernyataan Berwawasan ke Depan

Pengumuman ini berisi pernyataan berwawasan ke depan (dalam arti Undang-Undang Reformasi Litigasi Sekuritas Swasta AS tahun 1995) mengenai kondisi keuangan, hasil operasi, dan bisnis Shell. Semua pernyataan selain pernyataan fakta sejarah adalah, atau mungkin dianggap, pernyataan berwawasan ke depan. Pernyataan berwawasan ke depan adalah pernyataan harapan masa depan yang didasarkan pada harapan dan asumsi manajemen saat ini dan melibatkan risiko dan ketidakpastian yang diketahui dan tidak diketahui yang dapat menyebabkan hasil, kinerja, atau peristiwa aktual berbeda secara material dari yang diungkapkan atau tersirat dalam pernyataan ini. Pernyataan berwawasan ke depan mencakup, antara lain, pernyataan mengenai potensi paparan Shell terhadap risiko pasar dan pernyataan yang mengungkapkan ekspektasi, keyakinan, perkiraan, prakiraan, proyeksi, dan asumsi manajemen. Pernyataan berwawasan ke depan ini diidentifikasi dengan penggunaan istilah dan kata seperti "bertujuan", "ambisi", ''mengantisipasi'', ''percaya'', ''bisa'', ''memperkirakan'', '' mengharapkan'', ''sasaran'', ''berniat'', ''mungkin'', "tonggak sejarah", ''sasaran'', ''pandangan'', ''rencana'', ''mungkin'', ''proyek'', ''risiko'', "jadwal", ''mencari'', ''harus'', ''target'', ''akan'' dan istilah dan kata serupa. Ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi operasi Shell di masa mendatang dan dapat menyebabkan hasil tersebut berbeda secara material dari yang dinyatakan dalam pernyataan berwawasan ke depan yang disertakan dalam pengumuman ini, termasuk (tidak terbatas pada): (a) fluktuasi harga minyak mentah dan gas alam; (b) perubahan permintaan produk Shell; (c) fluktuasi mata uang; (d) hasil pengeboran dan produksi; (e) perkiraan cadangan; (f) hilangnya pangsa pasar dan persaingan industri; (g) risiko lingkungan dan fisik; (h) risiko yang terkait dengan identifikasi properti dan target akuisisi potensial yang sesuai, dan negosiasi yang berhasil serta penyelesaian transaksi tersebut; (i) risiko berbisnis di negara-negara berkembang dan negara-negara yang terkena sanksi internasional; (j) perkembangan legislatif, yudikatif, fiskal dan regulasi termasuk langkah-langkah regulasi yang menangani perubahan iklim; (k) kondisi ekonomi dan pasar keuangan di berbagai negara dan kawasan; (l) risiko politik, termasuk risiko pengambilalihan dan negosiasi ulang persyaratan kontrak dengan entitas pemerintah, keterlambatan atau kemajuan dalam persetujuan proyek dan keterlambatan dalam penggantian biaya bersama; (m) risiko yang terkait dengan dampak pandemi, seperti wabah COVID-19 (virus corona); dan (n) perubahan kondisi perdagangan. Tidak ada jaminan yang diberikan bahwa pembayaran dividen masa depan akan sesuai atau melebihi pembayaran dividen sebelumnya. Semua pernyataan berwawasan ke depan yang terkandung dalam pengumuman ini secara tegas memenuhi syarat secara keseluruhan oleh pernyataan peringatan yang terkandung atau dirujuk dalam bagian ini. Pembaca tidak boleh terlalu mengandalkan pernyataan berwawasan ke depan. Faktor risiko tambahan yang dapat memengaruhi hasil di masa mendatang tercantum dalam Formulir 20-F Shell plc untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 (tersedia di www.shell.com/investor dan www.sec.gov). Faktor-faktor risiko ini juga secara tegas memenuhi syarat semua pernyataan berwawasan ke depan yang terkandung dalam pengumuman ini dan harus dipertimbangkan oleh pembaca. Setiap pernyataan berwawasan ke depan hanya berlaku pada tanggal pengumuman ini, 9 Juli 2023. Baik Shell plc maupun anak perusahaannya tidak berkewajiban untuk memperbarui atau merevisi pernyataan berwawasan ke depan secara publik sebagai akibat dari informasi baru, peristiwa di masa mendatang atau informasi lainnya. Mengingat risiko ini, hasil dapat berbeda secara materi dari yang dinyatakan, tersirat atau disimpulkan dari pernyataan berwawasan ke depan yang terkandung dalam pengumuman ini.

Jejak karbon bersih Shell

Selain itu, dalam pengumuman ini kami dapat merujuk pada “Jejak Karbon Bersih” atau “Intensitas Karbon Bersih” Shell yang mencakup emisi karbon Shell yang dihasilkan dari proses produksi dari produk energi kami, emisi karbon dari pemasok dalam menyediakan energi bagi proses tersebut, dan emisi karbon para pelanggan kami yang terkait dengan penggunaan produk energi yang kami jual. Shell hanya mengontrol emisinya sendiri. Shell menggunakan istilah “Jejak Karbon Bersih” dan “Intensitas Karbon Bersih” untuk kemudahan saja dan tidak menyiratkan bahwa emisi ini berasal dari Shell plc atau anak perusahaannya.

Target net-Zero Emissions Shell

Rencana operasi, prospek, dan anggaran Shell diperkirakan untuk periode sepuluh tahun dan diperbarui setiap tahun. Hal tersebut mencerminkan lingkungan ekonomi saat ini dan apa yang dapat kita harapkan secara wajar selama sepuluh tahun ke depan. Dengan demikian, mereka mencerminkan target Cakupan 1, Cakupan 2 dan Jejak Karbon Bersih (Net Carbon Footprint/NCF) kami selama sepuluh tahun ke depan. Namun, rencana operasi Shell tidak dapat mencerminkan target emisi nol bersih 2050 dan target NCF 2035, karena target tersebut saat ini berada di luar periode perencanaan kami. Di masa depan, saat masyarakat bergerak menuju net-zero emissions, kami berharap rencana operasi Shell mencerminkan gerakan ini. Namun, jika masyarakat mencapai net-zero emissions pada tahun 2050, mulai hari ini, akan ada risiko signifikan bahwa Shell tidak dapat memenuhi target ini.

Langkah-langkah Non-GAAP yang Berwawasan ke Depan

Pengumuman ini mungkin berisi langkah-langkah non-GAAP berwawasan ke depan tertentu seperti belanja modal tunai dan divestasi. Kami tidak dapat memberikan rekonsiliasi tindakan Non-GAAP berwawasan ke depan ini dengan ukuran keuangan GAAP yang paling sebanding karena informasi tertentu diperlukan untuk merekonsiliasi ukuran Non-GAAP tersebut dengan ukuran keuangan GAAP yang paling sebanding tergantung pada kejadian di masa depan, beberapa di antaranya adalah di luar kendali Shell, seperti harga minyak dan gas, suku bunga, dan nilai tukar. Selain itu, memperkirakan ukuran GAAP seperti itu dengan ketelitian yang diperlukan untuk memberikan rekonsiliasi yang berarti sangatlah sulit dan tidak dapat dicapai tanpa upaya yang tidak masuk akal. Ukuran non-GAAP sehubungan dengan periode mendatang yang tidak dapat direkonsiliasi dengan ukuran keuangan GAAP yang paling sebanding dihitung dengan cara yang konsisten dengan kebijakan akuntansi yang diterapkan dalam laporan keuangan konsolidasi Shell plc.

Isi dari situs web yang dirujuk dalam pengumuman ini bukan merupakan bagian dari pengumuman ini.

Kami mungkin telah menggunakan istilah-istilah tertentu, seperti sumber daya, dalam pengumuman ini bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) secara tegas melarang kami untuk menyertakan dalam pengajuan kami kepada SEC. Investor didesak untuk mempertimbangkan dengan cermat pengungkapan dalam Formulir 20-F kami, File No 1-32575, yang tersedia di situs web SEC website www.sec.gov.