Shell Meluncurkan Kartu Pengisian Bahan Bakar Pasca-bayar Pertama dengan Sistem Online di Indonesia
Mar 09, 2017
Memberikan Solusi Bisnis yang Lebih Efisien dalam Manajemen Operasional Kendaraan
- Shell Fleet Card adalah kartu pengisian bahan bakar pasca-bayar pertama di tanah air yang terintegrasi dalam sistem online dengan fungsi pelaporan dan pengawasan, serta fitur pengamanan terkait transaksi pembelian bahan bakar; menghadirkan kemudahan, transparansi, dan kontrol yang lebih baik dalam operasional perusahaan.
- Solusi ini kini hadir di Indonesia oleh Shell, yang sudah memiliki reputasi dan pengalaman selama lebih dari 55 tahun di bidang kartu pengisian bahan bakar di 34 negara.
Jakarta, 9 Maret 2017 – PT Shell Indonesia meluncurkan Shell Fleet Card, kartu dengan sistem pasca bayar untuk pembelian bahan bakar di seluruh SPBU Shell di Indonesia untuk perusahaan. Shell menghadirkan solusi ini, berfokus pada pengendalian dan efisiensi, untuk menjawab tantangan dalam operasional manajemen kendaraan di perusahaan mulai dari departemen keuangan, bagian umum, dan bahkan pengemudi.
Solusi dan/atau area yang menjadi perhatian dari Shell Fleet Card ditujukan untuk:
Direktur Keuangan | Manager Armada | Pengemudi |
---|---|---|
|
|
|
Sebagai mitra perjalanan, Shell Fleet Card mampu meningkatkan performa bisnis melalui efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, waktu, dan sumber daya oleh pihak manajemen untuk menghasilkan laporan dan melakukan pengawasan, termasuk penghematan perihal administrasi.
Teknologi mutakhir yang digunakan memungkinkan pengawasan penggunaan kartunya karena secara otomatis terbaharui setiap melakukan transaksi, selain laporan yang dikirim setiap harinya. Hal ini menghemat waktu pembuatan laporan dan mengatasi kemungkinan penyelewengan atau ketidaksengajaan dalam transaksi pengisian bahan bakar yang disebabkan hilangnya bukti transaksi.
Selain metoda pembayaran pasca-bayar dan tanpa tunai yang mengurangi beban pengemudi, sistem ini juga mampu membantu manajemen untuk mengatur dan memberikan batas nominal transaksi setiap harinya, jumlah liter, frekuensi, dan bahkan lokasi transaksi. Keamanan Shell Fleet Card juga dilengkapi dengan dengan berbagai fitur, seperti pemberitahuan jika terjadi transaksi diluar dari biasanya, dan sistem identifikasi dan validasi sebelum transaksi, yang mencocokan kartu dengan nomor polisi kendaraan dan/atau PIN; memberikan kontrol lebih menyeluruh untuk manajer dan eksklusifitas pengemudi.
Wahyu Indrawanto, Direktur Retail PT Shell Indonesia mengatakan “Sebagai pemimpin global di bisnis ritel bahan bakar, Shell telah sejak lama berfokus untuk menghadirkan pengalaman berkendara terbaik melaului inovasi produk dan pelayanan prima, dan menjadi mitra perjalanan dengan solusi menyeluruh. Dengan adanya terobosan baru dengan peluncuran Shell Fleet Card, Shell Indonesia memberikan kombinasi solusi operasional bisnis menyeluruh dengan bahan bakar berteknologi dan berkualitas tinggi yang mampu membersihkan mesin kendaraaan.
Sekarang Shell memiliki portofolio bisnis hilir terintegrasi di Indonesia. Shell merupakan perusahaan minyak dan gas internasional pertama yang menjalankan bisnis SPBU di Indonesia dan sekarang menjadi perusahaan minyak internasional terkemuka (IOC) dengan 79 SPBU di area Jakarta, Bandung, dan Sumatera Utara. Di tahun 2006, Shell memulai bisnis Commercial Fuels, pelumas untuk industri perkapalan dan aspal di Indonesia, menyediakan produk minyak dan dukungan teknis yang berhubungan dengan industri tersebut, dan juga bidang transportasi dan tambang. Shell juga dikenal sebagai salah satu perusahaan internasional terkemuka yang memiliki pangsa pasar pelumas terbesar di Indonesia.
Dengan adanya Shell Fleet Card di Indonesia, Shell ingin mengambil andil dalam kampanye “Cashless Society” yang diinisiasikan pemerintah Indonesia. Shell secara langsung membuat pengemudi dan pihak SPBU memahami kemudahan kartu pengisian bahan bakar non-tunai. Kedepannya, Shell Fleet Card tidak hanya menjadi alat pembayaran yang valid untuk produk bahan bakar, tetapi juga produk Shell lainnya seperti Shell Lubricants, Shell Select, dan Deli2Go.
Ornuthai Chiangmai, General Manager untuk Fleet Card di Shell Oil and Gas Asia mengatakan “Solusi kami telah digunakan oleh 1,65 miliar konsumen di 34 negara selama 55 tahun di dunia. DHL, FedEx, Jardine adalah contoh dari pengguna internasional kami. Hari ini, kami membawa portofolio kami dan kemampuan kami dalam industri ini ke Indonesia, karena kami melihat negara ini tidak hanya sudah siap, namun juga perusahaan yang ada berkembang pesat dan bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan bisnis yang ditawarkan oleh Shell Fleet Card.“
“Shell ingin terus menjadi mitra terpercaya bagi seluruh konsumen B2B di Indonesia, dengan komitmen untuk terus berinvestasi pada inovasi produk yang lebih baik, bahan bakar bensin dan pelumas, meningkatkan pelayanan dan pengalaman pelanggan dan memperkenalkan produk dan inovasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.”, kata Indra.