Jakarta, 19 April 2018 – Sebagai salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan dan memberikan kemudahan akses bagi para pelanggan dalam mengisi bahan bakar berkualitas, Shell Indonesia pada hari ini meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kawasan Soewarna Business Park, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. SPBU ini merupakan hasil kemitraan antara Shell Indonesia dengan PT Sigma Niaga Gas melalui program kemitraan Dealer Owned Dealer Operated (DODO).

Dalam memperluas jaringan SPBU, Shell memiliki dua model bisnis, pertama melalui program kemitraan Dealer Owned Dealer Operated (DODO) yakni mitra yang memiliki aset, membangun dan mengoperasikan SPBU dengan produk berkualitas dan standar pelayanan Shell. Kedua, melalui skema Company Owned Dealer Operated (CODO) yaitu Shell yang memiliki/menyewa aset, membangun SPBU dan kemudian mitra yang akan mengoperasikan sebagai retailer. SPBU Shell di Indonesia tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Sumatera Utara.

Acara peresmian dihadiri oleh István Kapitány (Executive Vice President, Shell Retail), Darwin Silalahi (Country Chairman dan President Direktur PT Shell Indonesia), Wahyu Indrawanto (Direktur Retail PT Shell Indonesia), Kamaluddin Hasyim (Komisaris Utama, PT Sigma Niaga Gas), Benny Nurdin (Komisaris, PT Sigma Niaga Gas) serta perwakilan dari Angkasa Pura II/Persero dan perwakilan dari Dirjen Migas.

István Kapitány, Executive Vice President, Shell Retail mengatakan,”Kami ingin agar pelanggan di Indonesia memiliki akses yang lebih luas terhadap inovasi dan produk berkualitas, baik bahan bakar dan non-bahan bakar, serta standar pelayanan Shell. Peresmian SPBU Soewarna yang dimiliki oleh PT Sigma Niaga Gas ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut.”

Berdasarkan data PT Angkasa Pura II (Persero), setiap hari sedikitnya ada 120 ribu kendaraan masuk dan keluar Bandara Soekarno Hatta yang merupakan salah satu pintu utama gerbang perekonomian, penunjang kegiatan pariwisata, perdagangan, serta simpul dalam jaringan transportasi. Sejalan dengan tingginya volume kendaraan yang melintas, meningkat juga kebutuhan pelanggan terhadap akses akan bahan bakar dan pelayanan penunjang lainnya.

“Melalui peresmian SPBU di kawasan Soewarna yang merupakan salah satu jalur tersibuk ini, kami berharap pelanggan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan bahan bakar berkualitas beserta berbagai layanan penunjang lainnya yang akan dibangun oleh mitra kami,” tambah Wahyu Indrawanto, Direktur Retail PT Shell Indonesia.

Menanggapi jalinan kemitraan sebagai dealer kepemilikan SPBU Shell Soewarna, Kamaluddin Hasyim, Komisaris Utama PT Sigma Niaga Gas menyatakan “Bersama Shell Indonesia, melalui program DODO, kami memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan akses bagi para pelanggan yang membutuhkan produk bahan bakar dan pelayanan berkualitas di sekitar Bandara Soekarno Hatta. Bagi Sigma Niaga Gas, kemitraan ini juga akan mendukung pelebaran sayap bisnis perusahaan.”

Kunjungan István Kapitány selaku Executive Vice President Shell Retail ke Indonesia menjadi salah satu lawatan terpenting yang pernah dilakukannya. Shell melihat Indonesia sebagai salah satu negara yang mengalami pertumbuhan tercepat di dunia dan memiliki pasar yang menjanjikan dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta orang.

“Kami akan terus mengembangkan bisnis Retail dengan secara konsisten menawarkan inovasi dan teknologi produk terkini, baik bahan bakar maupun non-bahan bakar serta berbagai layanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan kami,” tutup István.

Tentang PT Shell Indonesia

Sejarah Royal Dutch Shell di Indonesia dimulai sejak lebih dari 100 tahun lalu dengan penemuan minyak pertama di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara.

Shell saat ini memiliki kehadiran bisnis hilir yang terintegrasi kuat di Indonesia. Shell merupakan perusahaan migas internasional pertama di Indonesia yang masuk ke bisnis retail bahan bakar minyak. Saat ini Shell memiliki 84 SPBU di Jabodetabek, Bandung, dan Sumatera Utara. Pada tahun 2006, Shell memulai bisnis Commercial Fuels (bahan bakar komersial), Marine (pelumas untuk perkapalan) and Bitumen (aspal) di Indonesia. Selain itu, Shell menyediakan produk pelumas dan dukungan teknis kepada para pelanggan di sektor industri, transportasi dan pertambangan. Shell juga diakui sebagai perusahaan internasional terkemuka dengan pangsa pasar pelumas terbesar di Indonesia, melayani pengendara motor dan pelanggan industri. Komitmen Shell untuk berinvestasi di Indonesia dan mendukung perkembangan industri manufaktur di negara ini diwujudkan dengan dibangunnya pabrik pelumas Shell di Marunda, Bekasi dengan kapasitas produksi 136 juta liter (120 ribu ton) pelumas setiap tahunnya,

Di sektor hulu, Shell merupakan operator untuk blok Pulau Moa Selatan dan merupakan mitra strategis Inpex, operator Masela PSC yang meliputi lapangan gas Abadi.

Untuk keterangan lebih lanjut, foto atau wawancara, silahkan menghubungi:

PT Shell Indonesia
Dina Setianto
External Relations Shell Indonesia

Email : Dina.Setianto@shell.com
Phone: +62 21 7592 4700
Fax: +62 21 7592 4679
www.shell.co.id