Jakarta, 15 Agustus 2018 – Shell memiliki sejarah panjang dengan Indonesia dan telah menjadi bagian dari pembangunan berkesinambungan di negeri ini. Melalui produk dan layanannya, Shell senantiasa berupaya memberikan yang terbaik untuk konsumen di Indonesia termasuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Untuk menegaskan hal tersebut, Shell meluncurkan produk pelumas Shell dengan sertifikasi SNI dan TKDN serta Customer Experience Center (CEC) pada Rabu (15/08) di Pabrik Pelumas Shell di Marunda, Bekasi. Peluncuran dilakukan oleh Achmad Sigit Dwiwahjono, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia didampingi oleh Dian Andyasuri, Direktur Pelumas PT Shell Indonesia.

Shell senantiasa berupaya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi pelanggan di Indonesia, baik dalam hal produk maupun pelayanan. Standardisasi produk pelumas otomotif kami yang bersertifikasi SNI dan didukung oleh kandungan komponen dalam negeri serta diresmikannya Customer Experience Center merupakan wujud nyata dari kampanye ‘Shell Untuk Indonesia’ yang merupakan penegasan komitmen kami untuk bersama-sama mendorong pembangunan negeri ini,”kata Dian.

PT Shell Indonesia merupakan perusahaan energi internasional pertama yang berhasil meraih sertifikat SNI dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk produk pelumas otomotif, yakni Shell Helix, Shell Rimula, Shell Spirax dan Shell Advance.

Tak hanya itu, tiga produk pelumas Shell yaitu Shell Argina S3 40, Shell Rimula R4X 15W/40 dan Tellus S2 MX68.juga telah berhasil memperoleh sertifikat TKDN dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sertifikat ini menunjukkan bahwa kandungan ketiga produk pelumas Shell telah memenuhi persyaratan komponen dalam negeri yang ditetapkan pemerintah. Selain itu, Shell terus berupaya meningkatkan TKDN untuk produk pelumas industri.

Pelumas Shell yang telah mendapatkan sertifikat SNI dan TKDN telah 100% diproduksi di pabrik pelumas Shell (Lubricants Oil Blending Plant/LOBP) di Marunda, Bekasi. Sejak beroperasi pertama di tahun 2015 lalu, LOBP Marunda telah mampu memproduksi lebih dari 100 SKU (Stock Keeping Units). LOBP Marunda Center yang berdiri di atas tanah seluas 75.000 m², telah 100% menggunakan tenaga kerja Indonesia dan setiap tahun, LOBP Marunda mampu memproduksi hingga 136 juta liter atau 120 ribu ton pelumas untuk kebutuhan domestik. Melalui pabrik ini, lanjut Dian, kami menghadirkan kapabilitas produksi pelumas kelas dunia ‘buatan Indonesia’ untuk memperkuat rantai pasokan kami. 

LOBP Marunda Hadirkan Fasilitas Baru “Customer Experience Center”

Shell LOBP adalah pabrik pelumas terbesar yang dioperasikan oleh perusahaan energi internasional di Indonesia. Berdirinya pabrik pelumas ini, merupakan bukti komitmen Shell terhadap pasar pelumas di Indonesia yang merupakan salah satu pasar pelumas terbesar di Asia Tenggara.

Menurut Dian, Shell terus melakukan inovasi untuk meningkatkan layanan pabrik pelumasnya sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen dan para mitra setianya. Pembangunan Customer Experience Center (CEC) yang merupakan fasilitas inovasi terbaru Shell Lubricants Indonesia ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan kepada para pelanggan, distributor dan mitra perusahaan tentang peran teknologi dan pengembangannya di balik pelumas yang diproduksi di Shell LOBP.

Customer Experience Center memiliki tiga konten utama yaitu Inovasi, Kemitraan dan Aplikasi. Pilar Inovasi menjelaskan investasi Shell dalam hal penelitian untuk mendorong inovasi produk. Dalam Kemitraan, Shell menjalin kerjasama dengan banyak pihak seperti Ferrari dan Daimler di bidang keahlian dan teknologi untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggannya. Sementara untuk pilar Aplikasi, Shell menunjukan bahwa aplikasi produk sama pentingnya dengan inovasi dan kemitraan untuk dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan.

Customer Experience Center (CEC) dilengkapi dengan berbagai informasi seperti sejarah teknologi pelumas Shell, proses produksi, inovasi terbaru produk dan layanan Shell, dan juga didukung dengan beragam alat peraga yang menarik. Kehadiran Customer Experience Center diharapkan tak hanya dapat meningkatkan wawasan pelanggan dan mitra Shell mengenai produk pelumas, namun juga dapat meningkatkan kepercayaan terhadap Shell maupun produk-produknya secara keseluruhan.