Pada masa pandemi ini, Shell juga telah dan akan membagikan kurang lebih 200.000 paket bantuan. Paket #ShellPeduli tersebut diantaranya terdiri dari makanan, minuman, vitamin, dan kebutuhan kesehatan lainnya yang dibagikan kepada petugas medis di rumah sakit rujukan untuk penanganan COVID-19 di Jakarta, masyarakat yang berada di sekitar SPBU Shell, pabrik pelumas (LOBP) Shell di Marunda, para pengemudi truk, pengemudi ojek dan pelanggan. Pembagian paket #ShellPeduli tersebut dilakukan secara bertahap dan dimulai sejak minggu ketiga Maret.

Dian Andyasuri, Presiden Direktur dan Country Chair, Shell Indonesia mengatakan, “Di tengah kebijakan Pemerintah untuk karyawan bekerja dari rumah, banyak orang yang masih harus bekerja di lapangan untuk tetap melayani masyarakat seperti para karyawan SPBU kami, pekerja di pabrik pelumas Shell di Marunda dan di Terminal BBM kami di Gresik, serta yang terpenting juga para petugas kesehatan dan para pengemudi online dan truk yang membantu orang-orang yang terkena dampak COVID-19. Melalui program #ShellPeduli, selain kepada mereka yang berada di garda terdepan, kami juga memberikan paket bantuan kepada komunitas Desa Bersemi yang merupakan kelompok binaan Shell dalam program pemberdayaan masyarakat di LOBP Marunda, para lansia yang tinggal di sekitar lokasi tersebut serta masyarakat sekitar SPBU Shell. Kami turut mengambil peran, melakukan apapun yang kami bisa berikan untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19. Semoga bantuan yang kami sampaikan ke masyarakat melalui jaringan lini bisnis Shell dapat meringankan beban mereka di masa yang penuh tantangan ini.”

Shell juga melakukan berbagai hal untuk memastikan keamanan karyawan dan pelanggannya. Mengikuti himbauan Pemerintah, sejak tanggal 16 Maret, Shell telah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) kepada lebih dari 300 karyawannya serta melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh kantor dan properti operasi bisnis Shell di seluruh Indonesia. Shell memastikan lini usaha tetap berjalan agar dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tetap memprioritaskan keselamatan dan kesehatan seluruh karyawan terutama yang berada di garda terdepan baik yang bekerja di pabrik pelumas, terminal penyimpanan bahan bakar, di SPBU maupun melalui mitra yang membantu kelancaran bisnis agar tetap beroperasi dengan aman. Shell senantiasa mematuhi peraturan Pemerintah terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan memastikan karyawan yang bekerja melayani pelanggan untuk memakai alat pelindung diri seperti masker dan mengharuskan mereka untuk menjaga jarak fisik minimal satu meter dengan orang lain.

Sebagai respon atas bencana pandemi global COVID-19, Shell di berbagai negara telah memberikan kontribusi yang dibutuhkan oleh negara masing-masing. Shell Kanada misalnya, menjalankan kampanye #FuellingKindness, dimana perusahaan menggalang donasi karyawan dan pensiunan untuk mendukung bank makanan lokal memberi bantuan makanan bagi masyarakat. Di Inggris, Shell mendistribusikan sandwich gratis untuk orang yang membutuhkan makanan. Di Belanda, pabrik kimia Shell telah mengalihkan sumber dayanya untuk meningkatkan produksi alkohol isopropil, yang merupakan bahan untuk memproduksi hand sanitizer. “Kami berharap #ShellPeduli menjadi bagian dari semua gerakan yang diprakarsai Shell di banyak negara, di mana karyawan Shell saling bahu membahu melakukan apa yang mereka bisa untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” jelas Dian.