Sebuah perusahaan pasti memiliki aset berupa barang yang dianggap memiliki nilai dan dapat digunakan untuk memastikan agar operasional perusahaan tetap berlangsung. Sebagai sumber daya bernilai ekonomi, aset yang dimiliki sebuah perusahaan diharapkan dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang.

Di masa depan, aset menjadi sesuatu yang dapat menjalankan aliran dana, mengurangi pengeluaran, atau meningkatkan penjualan. Pentingnya aset membuat sebuah perusahaan mesti memastikan agar aset yang dimiliki dapat dikelola dengan sebaik mungkin agar dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Untuk itu, cara mengelola aset perusahaan wajib diketahui oleh perusahaan dengan menerapkan asset management dengan baik.

Pengertian Asset Management

Untuk memahami cara mengelola aset perusahaan, sebelumnya mari cari tahu lebih dulu mengenai pengelolaan aset. Aset manajemen adalah pendekatan sistematis untuk mengelola sebuah aset milik perusahaan sepanjang siklus hidup aset tersebut agar mampu memberikan manfaat bagi perusahaan. Aset manajemen berlaku untuk seluruh aset baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

Pendekatan sistematis dalam aset manajemen melibatkan suatu siklus mulai dari mengembangkan, mengoperasikan, merawat, meningkatkan, hingga membuang aset dalam cara yang sehemat mungkin.

Dalam sektor bisnis, manajemen aset manajemen adalah upaya untuk melakukan pendekatan yang terstruktur untuk mengoptimalkan biaya, risiko, perawatan dan performa, serta keawetan sebuah aset.

Seiring dengan perkembangan teknologi, aset manajemen juga turut mendapatkan manfaatnya. Adanya teknologi kini memudahkan perusahaan untuk menggunakan data secara efisien dan holistik untuk mencapai tujuan yang sama, yakni memaksimalkan penggunaan aset. Data-data yang tepat membantu perusahaan membuat keputusan yang berdasar.

Peran Real Time Monitoring dalam Pengelolaan Aset

Perusahaan berbasis aset seperti manufaktur, transportasi, layanan kesehatan, pertambangan, minyak dan gas, dan lain-lain membutuhkan akurasi yang sangat tinggi ketika berurusan dengan aset yang mereka miliki. Sedikit saja ketidaktepatan dapat berpengaruh pada keuntungan yang didapat. Untuk itu, tidak heran jika teknologi, apalagi yang sensitif terhadap waktu seperti real time monitoring menjadi penting bagi perusahaan yang bergerak di industri-industri ini.

Real time monitoring memungkinkan perusahaan memantau segala data yang dibutuhkan mengenai aset mereka secara real time dengan cara menyematkan penanda atau tag yang berbekal NFC, RFID, GPS, dan lainnya serta readers atau pembaca untuk melacak keberadaan aset, baik itu pada kendaraan maupun peralatan. Data yang dikumpulkan dari aset fisik itu lalu dikirimkan ke sebuah platform dan disimpan untuk nanti diolah dan dianalisis. Hasilnya, data-data tersebut digunakan untuk membuat keputusan-keputusan terkait dengan asset management.

Manfaat Real Time Monitoring

Bagi perusahaan, real time monitoring menghadirkan berbagai manfaat untuk mempermudah aset manajemen, seperti:

  • Memantau dan mengelola aset serta inventaris secara langsung
  • Mencari lokasi dan tempat penyimpanan aset secara langsung
  • Terhindar dari melakukan proses secara manual
  • Memperbaiki alur kerja
  • Menghemat waktu dan uang
  • Data yang lengkap mempermudah analisis serta audit

Shell Fleet Solutions

Solusi untuk mengelola aset perusahaan dengan memanfaatkan teknologi real time monitoring adalah menggunakan Shell Fleet Solutions. Shell Fleet Solutions mendukung Anda untuk mencapai tujuan dalam industri dan teknologi yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Berbekal pengalaman lebih dari 60 tahun di industri kartu bahan bakar, Shell Fleet Solutions memberikan kenyamanan, kuasa, keamanan, serta penghematan bagi aset-aset yang Anda miliki.

Shell Fleet Card dari Shell Fleet Solutions dibekali dengan teknologi RFID untuk membantu perusahaan mengontrol pemakaian BBM sekaligus menghemat waktu administrasi dengan berbagai tools yang ada. Selain itu, Shell Fleet Card juga memberikan fleksibilitas untuk mengatur efisiensi penggunaan serta aset manajemen yang menjamin proses bisnis Anda lebih praktis.

Temukan informasi lebih lanjut tentang Shell Fleet Card di laman resmi Shell Indonesia.