Fuel Cards disebut-sebut sebagai solusi terhadap manajemen kendaraan operasional perusahaan. Selain untuk efisiensi bahan bakar, Fuel Cards juga mampu mengefisiensikan anggaran dan biaya operasional.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut informasi lengkap mengenai Fuel Cards.

Definisi Fuel Cards

Fuel Cards adalah metode pembayaran alternatif untuk pengemudi yang memungkinkan Anda melacak pengeluaran, membatasi penggunaan, dan mencatat pengeluaran bahan bakar kendaraan perusahaan dengan lebih efisien.

Hal ini juga dapat membantu Anda mengelola biaya bahan bakar kendaraan perusahaan. Tidak peduli berapa banyak kendaraan yang Anda miliki sebagai armada perusahaan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan Fuel Cards.

Fungsi Fuel Cards

Adapun fungsi atau manfaat yang bisa diperoleh perusahaan Anda dari Fuel Cards, yakni antara lain:

1. Mengendalikan pengeluaran bahan bakar

Pertama, fungsi Fuel Cards adalah bisa menjadi metode pembayaran yang menguntungkan. Pasalnya, Fuel Cards memungkinkan Anda mengendalikan pengeluaran bahan bakar yang dilakukan oleh pengemudi; berapa maksimal pembelian yang bisa dilakukan atau di SPBU mana saja ia dapat mengisi bahan bakar.

Dengan kemampuan untuk mengendalikan pengeluaran bahan bakar, maka hal ini sama saja dengan Anda punya kontrol terhadap pengeluaran bisnis. Beberapa Fuel Cards bahkan memberikan fitur berupa pembayaran tol atau perbaikan ban di SPBU.

2. Membantu memangkas biaya

Salah satu fungsi lain dengan adanya kartu ini, yakni memangkas biaya. Anda bisa meninjau jumlah bahan bakar yang digunakan dan berapa banyak yang telah dihabiskan melalui Fuel Cards. Dengan begini, Anda bisa mengetahui adanya pemotongan biaya yang tidak seharusnya.

Tidak hanya itu, Fuel Cards yang punya jaringan SPBU akan membantu Anda menghitung secara akurat biaya perjalanan dan berapa banyak bahan bakar yang diperlukan untuk sekian kilometer jarak tempuh. Menentukan di mana pengemudi bisa mengisi bahan bakar akan membantu Anda merencanakan rute demi efisiensi bahan bakar.

3. Mengifisiensikan proses pembayaran

Bayangkan betapa ribetnya jika Anda harus menagih tanda terima atau bill pembelian bahan bakar kepada pengemudi setiap kali mereka selesai mengisi bahan bakar. Belum lagi jika ada bill yang tercecer atau tidak sesuai dengan anggaran yang seharusnya.

Dengan penggunaan Fuel Cards, maka Anda bisa mengecek seluruh pembelian hanya dalam satu tool. Proses budgeting perusahan pun jadi lebih efisien.

Rekomendasi Fuel Card Terbaik

Demi manajemen fleet atau armada atau kendaraan operasional yang lebih baik, maka setiap bisnis disarankan untuk menggunakan Fuel Card. Pertanyaannya, adakah Fuel Cards terbaik yang pas untuk bisnis Anda?

DI Indonesia, salah satu yang bisa Anda manfaatkan adalah Fuel Card dari Shell bernama Shell Fleet Card. Inovasi terbaru dari Shell ini hadir untuk menjawab kebutuhan manajemen kendaraan operasional perusahaan dan instansi dalam pengisian bahan bakar dengan memberikan kenyamanan dan kemudahan.

Shell Fleet Card juga memberikan sistem kontrol yang terintegrasi dengan sistem teknologi informasi yang dilengkapi CHIP dan PIN yang memberikan keamanan dalam penggunaan.

Shell mengerti bahwa perusahaan memiliki kebutuhan khusus dalam pengisian bahan bakar, di antaranya:

  1. Fleksibilitas untuk dapat melakukan pengisian bahan bakar di semua SPBU Shell
  2. Proses pelaporan administrasi yang mudah melalui pengiriman laporan transaksi harian
  3. Pembatasan penggunaan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan instansi
  4. Pengurangan potensi penyalahgunaan kartu dengan sistem CHIP & PIN
  5. Tidak memerlukan uang tunai (cash) saat membayar
  6. Metode pembayaran pascabayar (postpaid) dengan jangka waktu pembayaran (term of payment)

Makanya, Shell Fleet Card menawarkan keuntungan bagi perusahaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Fleksibilitas
    Konsumen dapat melakukan pengisian bahan bakar di semua SPBU Shell.

  2. Kemudahan
    Konsumen dapat melakukan pengisian bahan bakar tanpa menggunakan uang tunai, hanya perlu menggunakan kartu Shell Fleet Card saat transaksi.

  3. Kemudahan Dalam Penyusunan Laporan
    Laporan dapat diterima secara harian, mingguan, atau bulanan sesuai dengan format laporan yang dibutuhkan.

  4. Keamanan
    Sistem Chip & PIN yang memberikan keamanan bagi konsumen.

  5. Pascabayar
    Konsumen dapat memilih metode pembayaran transaksi bahan bakar melalui pascabayar.

  6. Pembatasan alokasi BBM
    Pembatasan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap kendaraan operasional perusahaan untuk mengurangi potensi penyalahgunaan BBM.

Demikian informasi mengenai definisi, fungsi, dan rekomendasi Fuel Cards terbaik untuk bisnis Anda. Untuk informasi seputar Shell Fleet Card dan harga bahan bakar di SPBU Shell, Anda dapat mempelajarinya lewat laman resmi Shell Indonesia. Semoga informasi ini berguna.

Baca artikel terbaru kami

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!

5 Manfaat Real Time Monitoring pada Bisnis Anda

Real Time Monitoring jadi cara efisien memantau operasional. Shell Fleet Card jadi implementasi Real Time Monitoring yang bermanfaat untuk bisnis Anda.