Vechile Telematics merupakan solusi bagi para pelaku bisnis dan perusahaan untuk mengecek dan mengevaluasi kendaraan, armada, serta aset bergerak lainnya. Tujuannya tidak lain untuk efisiensi anggaran dan biaya operasional.

Apakah hanya itu? Tentu tidak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Telematics, simak informasi di bawah ini!

Pengertian Telematics

Pada dasarnya Telematics adalah gabungan disiplin ilmu yang terdiri dari telekomunikasi, informatika, ilmu komputer, teknik elektro, dan teknologi kendaraan untuk membuat sistem telematika kendaraan. Tujuannya agar diperoleh wawasan dari data telematika kendaraan dan pada akhirnya mampu meningkatkan efisiensi dan keamanan pengemudi secara menyeluruh.

Telematics juga menggabungkan sistem GPS, diagnostik kendaraan onboard, perangkat telematika wireless, dan teknologi black box untuk merekam dan mengirimkan data kendaraan. Data kendaraan tersebut biasanya berisi kecepatan, lokasi, serta perawatan dan servis kendaraan.

Cara Kerja Telematics

Untuk cara kerjanya, perangkat Telematics biasanya akan mengumpulkan data lalu mengirimkan GPS dan data khusus kendaraan melalui General Packet Radio Service (GPRS), 4G dan jaringan seluler, atau komunikasi satelit ke server terpusat, tempat data dikategorikan, dan dioptimalkan untuk user interface.

Produsen kendaraan komersial modern biasanya menanamkan teknologi Telematics langsung ke armadanya. Perangkat GPS juga tersedia untuk dipasang.

Keuntungan Menggunakan Telematics

Secara umum, ada beberapa keuntungan Telematics, di antaranya:

1. Menemukan SPBU Terdekat

Sistem Telematics mampu membantu Anda menemukan SPBU terdekat. Fitur navigasi akan menemukan SPBU terdekat, memberikan daftar harga, dan mengarahkan Anda ke lokasi.

2. Pencarian Tempat Umum

Di sistem tertentu, Telematics bahkan bisa mencarikan Anda tempat-tempat umum seperti restoran, hotel, mal, tempat hiburan, dan berbagai atraksi lokal lainnya yang sudah dilengkapi dengan ulasan.

3. Pertolongan Darurat

Telematics memiliki tombol SOS yang dapat digunakan untuk mendapatkan bantuan untuk keadaan darurat yang tidak terkait dengan kecelakaan, misalnya memerlukan bantuan medis atau menyaksikan kejahatan yang sedang berlangsung. Sistem komunikasi akan memungkinkan Anda untuk menghubungi personel layanan darurat yang sesuai untuk mendapatkan bantuan.

4. Laporan Kendaraan

Keuntungan lainnya, Anda bisa menerima laporan email bulanan tentang kondisi kendaraan perusahaan. Anda dapat memilih untuk menjalankan diagnostik kapan saja dan dikirim ke tempat servis kendaraan perusahaan. Dengan begini, Anda bisa mencegah kerusakan pada kendaraan serta menghindari biaya tak terduga yang mungkin muncul.

Ketika perusahaan mulai menggunakan teknologi ini sistem transportasinya, maka ada beberapa keuntungan spesifik terkait kendaraan perusahaan, di antaranya memberikan informasi berupa:

  • Konsumsi bahan bakar
  • Idle Time
  • Lokasi
  • Kecepatan kendaraan
  • Akselerasi atau pengereman tajam yang terjadi
  • Error pada kendaraan

Tidak hanya itu, data Telematics juga akan memberikan informasi berupa penurunan biaya bahan bakar, peningkatan keselamatan pengemudi, peningkatan produktivitas, peningkatan visibilitas kendaraan melalui pelacakan yang tepat, jadwal perawatan kendaraan berdasarkan data, hingga manajemen penggajian yang lebih tepat.

Shell Telematics

Salah satu di antara sekian banyak sistem Telematics yang bisa Anda gunakan adalah Shell Telematics. Secara umum, Shell Telematics mengintegrasikan data di mana Anda bisa membeli bahan bakar, melacak pengeluaran, dan menghubungkan Anda ke salah satu SPBU Shell.

Selain itu, sistem Shell mengumpulkan data transaksi, kendaraan, dan pengemudi, lalu menyimpannya dengan aman di Cloud, dan memberi Anda laporan lengkap aktivitas kendaraan; termasuk riwayat penggunaan kendaraan.

Secara spesifik, punya beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan, seperti:


1. Live map dan vehicle tracking

Lacak lokasi GPS langsung dan pergerakan semua kendaraan dengan tampilan peta satelit, Google Street View dengan sistem real time monitoring dengan informasi live traffic.

2. Riwayat perjalanan

Cek semua riwayat perjalanan yang dilakukan dengan tanggal, waktu, lokasi start dan finish, waktu berkendara dan jarak yang ditempuh, lalu bandingkan rute yang direncanakan dengan rute yang sebenarnya untuk meningkatkan pengoptimalan rute.

3. Performa pengemudi

Tinjau skor perilaku mengemudi setiap pengemudi berdasarkan durasi dan tingkat keparahan kejadian ngebut, akselerasi, idle time, dan pengereman.

4. Performa kendaraan

Dapatkan reminder perawatan kendaraan, laporan efisiensi bahan bakar, dan informasi sesuatu yang tidak sesuai pada kendaraan untuk mendeteksi masalah secara dini dan menjadwalkan perbaikan.

Demikianlah informasi mengenai Telematics dan Shell Telematics sebagai solusi bisnis Anda. Temukan pula berbagai informasi terkait Shell Fleet Card di sini.

Baca artikel terbaru kami

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!

5 Manfaat Real Time Monitoring pada Bisnis Anda

Real Time Monitoring jadi cara efisien memantau operasional. Shell Fleet Card jadi implementasi Real Time Monitoring yang bermanfaat untuk bisnis Anda.