Menekan biaya pengeluaran terkait bahan bakar akan membawa dampak positif yang signifikan pada keuangan bisnis Anda. Seperti yang diketahui, biaya bahan bakar kerap kali memerlukan anggaran khusus yang tidak sedikit demi mengoperasikan armada bisnis.

Beberapa sederhana sebenarnya bisa dilakukan untuk menekan biaya bahan bakar. Mulai dari rutin servis berkala, mengurangi beban kendaraan, raji memeriksa tekanan angin pada ban, hingga mengefektifkan penggunaan AC.

Namun, selain cara tersebut, ada satu langkah yang bisa Anda tempuh, yakni manajemen bahan bakar di mana tujuannya tidak lain untuk melakukan penghematan bahan bakar. Untuk memahami lebih lanjut seperti apa manajemen bahan bakar yang efektif untuk bisnis, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Manajemen Bahan Bakar?

Manajemen bahan bakar adalah sistem yang dirancang untuk memantau dan mengontrol konsumsi bahan bakar kendaraan operasional perusahaan. Dengan berkomitmen untuk menerapkan efisiensi bahan bakar, perusahaan bisa mendapatkan manfaat tidak hanya dari sisi ekonomi, tapi juga membantu mengontrol emisi karbon dan menjaga kelestarian lingkungan.

Bagaimana Cara Kerja Manajemen Bahan Bakar?

Implementasi manajemen bahan bakar akan membantu sebuah bisnis dengan akurat mengukur dan melacak persediaan bahan bakar dan mengecek pengeluaran bahan bakar kendaraan operasional. Cara kerjanya, semua informasi terkait pengisian bahan bakar akan disimpan ke dalam sistem dan dilaporkan kepada Fleet Manager atau manajer kendaraan operasional melalui penggunaan sistem biasanya dalam bentuk aplikasi atau portal web.

Dengan memanfaatkan data yang ada, Anda juga bisa menekan anggaran pengeluaran untuk mengalihkannya ke pos-pos bisnis yang lain yang lebih membutuhkan.

Cara Mengurangi Biaya Bahan Bakar Armada Perusahaan

Selain yang sudah dibahas di awal, mengurangi biaya bahan bakar bisa dilakukan cara sederhana, seperti:

1. Melatih Kedisiplinan Pengemudi

Perlu dipahami bahwa efisiensi penggunaan kendaraan operasional sangat bergantung pada pengemudinya. Jika pengemudi punya kedisiplinan yang tinggi terhadap armadanya, maka bukan tidak mungkin biaya bahan bakar dapat ditekan. Kedisiplinan tersebut berhubungan dengan pemilihan rute perjalanan, menghindari idle time kendaraan, serta pemilihan bahan bakar yang tepat.

2. Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Bahan Bakar

Tidak hanya itu, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia bahan bakar terpercaya dengan teknologi terkini yang terintegrasi, salah satunya Shell Fleet Card dari Shell.

Shell adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung bisnis terus berkembang maju dan mencapai tujuan utamanya. Lewat kehadiran Shell Fleet Card, Shell membantu Anda mengontrol pemakaian BBM mobil operasional dan tentu menekan angka fraud.

Seperti yang diketahui pengisian BBM kadang menjadi salah satu hal yang paling sulit dikontrol dan berakhir pada kerugian. Padahal dengan mengontrol pemakaian BBM, sebuah perusahaan bisa menghemat biaya hingga 80%.

Tidak hanya biaya yang bisa dihemat dengan menggunakan Shell Fleet Card Anda juga bisa menghemat waktu administrasi. Shell Fleet Card dilengkapi dengan juga dilengkapi dengan berbagai tools yang akan memudahkan Anda.

Mulai dari menarik laporan pemakaian bulanan bahkan harian dengan cara yang mudah hingga keleluasan mengontrol armada yang Anda miliki. Shell Fleet Card menawarkan berbagai macam fleksibilitas untuk mengatur armada mulai dari dimana pom bensin Shell yang bisa digunakan hingga pembatasan pada plat nomor mobil atau hari dan juga waktu.

Jadi, dengan menggunakan Shell Fleet Card, perusahaan dapat lebih mudah dalam melakukan kontrol budget bahan bakar, pengalokasian dana, efisien, menganalisa transaksi bahan bakar, minimalisasi waktu administrasi, mengurangi kelalaian pegawai dalam proses pelaporan, lebih aman dan mudah.

Untuk informasi lengkap seputar Shell Fleet Card, Anda dapat mempelajarinya lewat laman resmi Shell Indonesia. Semoga informasi di atas membantu!

Baca artikel terbaru kami

Bagaimana Cara Kerja RFID & Apa Saja Jenisnya?

Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) bisa meningkatkan performa perusahaan manufaktur. Berikut penjelasannya!

Mengenal Lebih Dekat Anggaran Biaya Operasional Bisnis

Anggaran biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjaga proses penjualan, pemasaran, atau administrasi agar bisa berjalan lancar. Cari tahu info lengkapnya di sini!!

5 Manfaat Real Time Monitoring pada Bisnis Anda

Real Time Monitoring jadi cara efisien memantau operasional. Shell Fleet Card jadi implementasi Real Time Monitoring yang bermanfaat untuk bisnis Anda.