Strategi kami difokuskan untuk memperkuat posisi kami sebagai pemain terdepan dalam industri minyak dan gas, sekaligus membantu memenuhi permintaan energi global dengan cara yang bertanggung jawab. Keselamatan dan tanggung jawab lingkungan dan sosial merupakan inti dari aktivitas kami.

Shell di Indonesia

Pendahuluan

Meskipun Royal Dutch Shell plc didirikan di Den Haag pada tahun 1890, sejarah Shell di Indonesia dimulai sejak tahun 1884 ketika warga negara Belanda, Aeilko Jans Zijlker, menemukan jejak minyak di Sumatra. Dengan lisensi yang  diperoleh dari penguasa setempat, Sultan Langkat, dia menggali sumur pertamanya yang ternyata kering. Setahun setelahnya, dia menggali Telaga Tunggal 1 di Pangkalan Brandan Sumatra Utara dan kali ini dia menemukan minyak dari Telaga Tunggal 1 dan mulai berproduksi dalam kuantitas komersial.

Pada tahun 1890, Ziljker mengubah "Provisional Sumatra Petroleum Company" miliknya menjadi sesuatu yang  lebih substansial, dan pada tanggal 16 Juni, piagam perusahaan Royal Dutch Petroleum Company didirikan di Den Haag. Sejak itulah Royal Dutch Shell plc/Shell Group of Companies ada di Indonesia dalam berbagai aktivitas bisnis.

Aktivitas Bisnis Saat Ini

Di sektor Hilir, Shell Indonesia melayani pangsa pasar bisnis dan pengendara bermotor. Shell Indonesia mengelola kegiatan bisnis yang meliputi pemasaran dan perdagangan pelumas secara langsung maupun melalui distributor-distributor yang telah ditunjuk.

Shell Indonesia mencatat tonggak sejarah baru dengan diresmikannya SPBU Shell pertama di Karawaci, Tangerang. Shell merupakan perusahaan minyak internasional pertama yang terjun dalam bisnis ritel BBM setelah 40 tahun.

Di sektor hulu, Shell merupakan operator untuk blok Pulau Moa Selatan dan merupakan mitra strategis Inpex, operator Masela PSC yang meliputi lapangan gas Abadi.

Shell untuk Bisnis

Pelumas, BBM & Bitumen

Shell merupakan pemain utama dalam pasar pelumas industri. Shell terbukti sebagai pemimpin dan inovator pelumas yang mampu memenuhi berbagai macam dan jenis kebutuhan mesin, seperti mesin hidrolik, roda gigi, peralatan mesin, kompresor, dan turbin. Shell menyediakan beraneka ragam produk pelumas yang telah dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik masing-masing industri seperti: pertambangan, semen, dan pembangkit tenaga listrik.

Dalam bidang transportasi, Shell menawarkan berbagai pelumas yang berkualitas tinggi, diantaranya Rimula, yang telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan transportasi.

Untuk industri perkapalan, selama bertahun-tahun Shell Marine telah membentuk rantai pasokan yang tak tertandingi untuk pelumas kapal. Hal ini memungkinkan kami untuk menawarkan produk-produk berkualitas unggulan kepada para pelanggan, ketersediaan produk yang konsisten dan layanan yang dapat diandalkan. Dengan jaringan global di lebih dari 600 pelabuhan di 57 negara, produk-produk pelumas dapat tersedia dengan cepat dan mudah.

Pada tahun 2006, Shell memulai bisnis Commercial Fuels di Indonesia, dimana Shell menyediakan bahan bakar dan dukungan teknis terkait untuk Sektor Industri dan Transportasi.

Shell Bitumen dikenal sebagai Merek Bitumen Global Terkemuka di dunia, dengan performa yang membanggakan dalam pembuatan konstruksi sebagian besar bandara/jalan tol di dunia, serta melindungi bangunan-bangunan dari kebocoran akibat tekanan atau resapan air/tekanan air. Shell memiliki komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan menyediakan dukungan teknis terbaik, produk berkualitas serta layanan pra dan pasca penjualan kepada seluruh konsumen.

Eksplorasi & Produksi

Shell merupakan operator untuk blok Pulau Moa Selatan dan merupakan mitra strategis Inpex, operator Masela PSC yang meliputi lapangan gas Abadi.

Shell untuk Pengendara Bermotor

Pelumas Otomotif

Di pasar pasar pelumas otomotif di Indonesia, merek Shell telah tumbuh dengan pesat. Produknya yang terkemuka, Shell Helix, menempati posisi merek yang kuat dan dikenal sebagai pelumas berkualitas tinggi untuk kendaraan roda 4.

Di samping itu, Shell Advance, pelumas yang dirancang khusus untuk kendaraan roda dua juga terbukti unggul di kelasnya.

SPBU Shell

Shell Indonesia mencatat tonggak sejarah baru dengan diresmikannya SPBU Shell pertama di Karawaci, Tangerang.  Shell merupakan perusahaan minyak internasional pertama dalam bisnis ritel BBM di Indonesia setelah 40 tahun.

SPBU berkelas internasional dengan fasilitas lengkap ini merupakan perwujudan komitmen Shell untuk memberikan produk dengan kualitas teruji, kuantitas yang akurat dan layanan terbaik . Shell memiliki aspirasi untuk meningkatkan jumlah SPBU di Jakarta dan di wilayah lain di Indonesia.

Prinsip Umum Bisnis Shell

Sejalan dengan perusahaan-perusahaan Shell lainnya di seluruh dunia, Shell Indonesia juga menerapkan Prinsip-prinsip Umum Bisnis Shell, yang  menjelaskan mengenai cara kami menjalankan bisnis. Prinsip ini mendeskripsikan perilaku yang diharapkan dari setiap karyawan dan setiap orang yang berbisnis dengan kami. Prinsip ini didasarkan pada nilai inti kami yaitu kejujuran, integritas, dan rasa hormat pada orang lain.

Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (HSSE, Health, Safety, Security and Environment)

Konsisten dengan komitmen kami untuk berkontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan, perusahaan-perusahaan Shell memiliki pendekatan sistematis terhadap kesehatan, keselamatan, keamanan, dan manajemen lingkungan untuk mencapai perbaikan kinerja yang berkelanjutan. Untuk itu, perusahaan-perusahaan Shell mengelola masalah ini seperti aktivitas bisnis penting lainnya, menetapkan target untuk perbaikan, dan mengukur, menilai, serta melaporkan kinerja. Aktivitas HSSE meliputi pelatihan cara berkendara yang aman untuk semua karyawan dan wiraniaga Shell Indonesia serta melakukan pengkajian terhadap risiko kesehatan secara teratur.

Shell dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia di Shell merupakan aset terpenting kami dan Shell menginvestasikan segala kemampuan untuk memberikan program-progam pembelajaran yang berkesinambungan guna membangun dan meningkatkan kemampuan profesional, teknis, dan manajemen di semua bidang. Program Pembelajaran dan Pengembangan adalah bagian integral dari Strategi pengembangan Sumber Daya Manusia dan setiap individu di Shell akan bekerja bersama-sama dengan atasannya untuk menentukan keterampilan dan perilaku yang dibutuhkan serta menentukan cara untuk membangunnya. Shell percaya bahwa Program Pembelajaran dan Pengembangan akan membantu setiap individu dalam mencapai pengembangan pribadi dan karir, menciptakan budaya kerja berkinerja tinggi, dan mendorong pengembangan pribadi yang sesuai dengan arah dan strategi perusahaan.

Shell dan Masyarakat

Melalui berbagai program investasi sosial, PT Shell Indonesia memiliki komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah dan komunitas tempat aktivitas bisnis kami berada. Aktivitas sosial ini didorong oleh komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dan keyakinan bahwa kesuksesan jangka panjang kami akan bergantung pada kemampuan kami untuk menciptakan keseimbangan yang tepat antara pertumbuhan ekonomi, kepedulian terhadap lingkungan, dan pembangunan kemasyarakatan yang merata.

Program investasi sosial kami yang utama adalah Shell LiveWIRE yang bertujuan untuk memotivasi anak muda yang berusia antara 18-32 tahun untuk tertarik pada bidang kewirausahawanan dan mempertimbangkannya sebagai pilihan karir. Program ini akan mendorong kesadaran dan memberikan pengetahuan, bimbingan dan saran kepada anak muda mengenai kiat-kiat memulai bisnis sendiri dengan dukungan serta panduan dari praktisi bisnis yang berpengalaman. Program investasi sosial lainnya meliputi pendidikan, kesehatan, pembangunan masyarakat, lingkungan, dan program energi yang berkelanjutan.

Shell di seluruh dunia

Shell di seluruh dunia

Shell adalah grup perusahaan energi dan petrokimia global.

Operasi kami dibagi ke dalam empat bisnis: Hulu, Gas Terpadu, Hilir, serta Proyek & Teknologi.

Dalam bisnis Hulu, fokus kami adalah eksplorasi cadangan gas alam dan gas cair baru serta mengembangkan berbagai proyek baru utama. Di sini, teknologi dan pengetahuan kami memberikan nilai tambah bagi para pemilik sumber daya.

Dalam bisnis Gas Terpadu, fokus kami adalah gas alam cair (LNG) dan mengonversi gas ke cair (GTL) sehingga dapat disimpan dengan aman dan dikirim ke pasar di seluruh dunia.

Dalam bisnis Hilir, fokus kami adalah mengubah minyak mentah menjadi beragam jenis produk sulingan, yang dipindahkan dan dipasarkan ke seluruh dunia untuk penggunaan domestik, industri, dan transportasi. Selain itu, kami juga memproduksi dan menjual petrokimia untuk penggunaan industri di seluruh dunia. Aktivitas penambangan pasir minyak Shell di Amerika Utara juga merupakan bagian dari organisasi Hilir.

Bisnis Proyek & Teknologi kami bertanggung jawab untuk menghadirkan proyek pengembangan baru serta penelitian dan pengembangan yang menghasilkan investasi inovatif dan hemat biaya untuk masa depan.

Two factory workers talking next to large rolls of steel

Konsumen Bisnis

Kami memasok bahan bakar transportasi, pemanasan dan industri untuk perusahaan dan distributor industri di seluruh dunia termasuk transportasi, pertambangan, manufaktur, pembangkit listrik dan energi rumah tangga.

Learn more about business customer services

Lebih lanjut tentang kami

Siapakah kami

Pelajari tentang bisnis dan SDM kami, dan bagaimana kami tumbuh dari sebuah toko kecil di London hampir 200 tahun yang lalu.

ANDA MUNGKIN JUGA TERTARIK PADA

Keberlanjutan

Makna keberlanjutan di Shell adalah menghadirkan energi dengan cara yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dunia yang terus bertambah.

Energi dan inovasi

Bagaimana kami memanfaatkan kecerdasan manusia, inovasi, dan teknologi untuk membuka lebih banyak energi yang lebih bersih untuk puluhan tahun ke depan.