Shell Eco-marathon Asia kembali hadir di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 4-9 Juli 2023. Ajang ini merupakan wadah untuk menampung inovasi dari pelajar dan mahasiswa secara global dalam menghadirkan kendaraan masa depan yang hemat energi.

Pada tahun ini, Shell Eco-marathon Asia hadir dengan jumlah peserta yang lebih banyak yakni 80 tim dari 14 negara di Asia. Beberapa negara tersebut diantaranya Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Tiongkok, Korea Selatan, India, Kazakhstan, Arab Saudi, Qatar, dan lain-lain.

Vice President Corporate Relations Shell Indonesia, Susi Hutapea menjelaskan bahwa dalam mewujudkan energi bersih bukan hanya peran industri dan pemerintah saja. Namun juga diperlukan kerjasama yang melibatkan generasi muda dalam menghasilkan temuan-temuan baru.

Salah satu tim peserta yaitu tim dari Uniersitas Negeri Jakarta (UNJ) mengungkapkan bahwa kehadiran Shell Eco-marathon 2023 bisa jadi wadah bagi generasi mudah untuk mengeksplor inovasi-inovasinya.

“Ini menjadi kesempatan besar bagi generasi muda seperti kami untuk mengekspresikan ide-ide kami dan menunjukkan inovasi kami serta mengujinya. Kami harap melalui kompetisi ini kami bisa berkontribusi untuk menciptakan transportasi inovatif sebagai solusi energi bersih dan efisien di masa depan,” tutur tim dari Universitas Negeri Jakarta.

Hal senada juga diungkapkan oleh perwakilan tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tim asal tanah Pasundan ini mengungkapkan kebanggaanya bisa terlibat di ajang berskala Internasional seperti Shell Eco-marathon Asia ini.

“Merupakan kehormatan besar bagi kami untuk menjadi salah satu perwakilan dari tim Indonesia untuk berlaga di ajang Shell Eco-marathon Asia 2023. Semoga kami dapat membawa nama baik Indonesia di ajang ini,” ungkap tim dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudah siap menyambut Shell Eco-marathon Asia 2023? Jangan lupa untuk dukung tim-tim Indonesia!