COVID-19: Bergerak Bersama Menanggulangi Dampak Pandemi

Ringkasan | Dimutakhirkan, Apr 02, 2020 08:00

Pada tanggal 2 Maret 2020, Indonesia mengumumkan kasus pertama virus Corona yang telah mendunia dan kemudian dikenal sebagai COVID-19. Sejak saat itu, banyak hal yang berubah dalam waktu singkat. Kita dituntut untuk beradaptasi dengan realita yang berbeda dari biasa.

Semakin hari, kita mendengar semakin banyak yang positif terinfeksi. Menanggapi hal ini, Shell Indonesia juga berinisiatif untuk bergerak bersama membantu bangsa dengan cara-cara yang kami bisa, dan di saat yang sama, tetap memastikan ketersediaan produk dan layanan kami dengan berfokus pada kesehatan dan keselamatan karyawan juga pelanggan.

Gas station

Apa yang kami lakukan secara internal?

  • Mengacu pada himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah, sejak tanggal 16 Maret 2020, sebagian besar karyawan Shell Indonesia bekerja dari rumah, kecuali sebagian lain karyawan garda depan yang masih bekerja di pabrik pelumas Shell di Marunda, di terminal bahan-bakar, SPBU dan beberapa karyawan yang masih harus menjalani pekerjaan yang tidak dapat dilakukan dari rumah, setelah mendapatkan persetujuan dari atasannya masing-masing. Para karyawan juga bekerja dengan menjaga jarak fisik (physical distancing) dan menerapkan prosedur kebersihan serta kesehatan yang disarankan.
  • Kami memberikan informasi secara rutin kepada karyawan mengenai perkembangan terkini juga tips, referensi juga perlengkapan untuk mendukung pekerjaan dan yang terpenting, kesehatan mereka. Hal ini termasuk kebijakan-kebijakan baru untuk membantu karyawan beserta keluarganya dalam mengatasi hal ini. Kami sadar bahwa ketidakpastian akan tantangan yang dihadapi saat ini dapat menciptakan keresahan dan tekanan mental yang luar biasa pada setiap individu dan oleh karenanya, kami senantiasa menyesuaikan kebijakan untuk mendukung karyawan kami dalam kondisi yang menantang saat ini.
  • Kami meminta karyawan untuk menunda perjalanan bisnis, baik domestik maupun internasional, sebagai antisipasi pencegahan penyebaran virus. Perjalanan bisnis yang bersifat sangat penting dapat dilakukan dengan persetujuan tertulis dari Vice President/General Manager/Executive Vice President, dan hanya berlaku bagi perjalanan bisnis yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan bisnis, tidak dapat ditunda, dan/atau tidak dapat dilakukan secara virtual/melalui komunikasi dunia maya. Perjalanan bisnis yang dilakukan dalam periode pandemi ini tercatat dalam laporan rutin untuk memantau pergerakan karyawan kami.

Apa yang kami lakukan untuk konsumen dan mitra bisnis kami?

  • Seluruh SPBU kami tetap buka dan siap melayani Anda dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan untuk kenyamanan seluruh pelanggan. Seluruh karyawan/pekerja SPBU kami memahami prinsip ‘physical distancing’ dan senantiasa menggunakan masker saat memberikan pelayanan kepada pelanggan. Kami juga memastikan bahwa karyawan/pekerja yang melayani pelanggan selalu dalam keadaan sehat. Praktek kebersihan yang sesuai dengan standar Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (HSSE) kami terus diterapkan di SPBU kami seperti biasa; secara teratur dan terjadwal, lingkungan dan fasilitas SPBU dibersihkan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pelanggan. http://www.shell.co.id/siapmelayani
  • Pabrik pelumas kami tetap beroperasi untuk memenuhi permintaan kebutuhan pelanggan akan pelumas untuk transportasi maupun industri. Karyawan/pekerja di pabrik pelumas tetap bekerja dengan beberapa penyesuaian yang dilakukan untuk mentaati ketentuan-ketentuan Pemerintah selama periode pandemi ini. Karyawan/pekerja di pabrik pelumas kami menerapkan prinsip physical distancing dalam menjalankan tanggung jawabnya dan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing.
  • Pelayanan keperluan surat-menyurat dan penagihan dari para mitra bisnis kami terus berjalan meskipun sebagian besar karyawan kami saat ini bekerja dari rumah masing-masing. Kami telah menerapkan sejumlah prosedur yang memungkinkan pelayanan tersebut tidak mengalami gangguan. Meskipun skema bekerja dari rumah saat ini sedang diterapkan untuk para karyawan, kami tetap memastikan agar lingkungan kantor dan fasilitas/properti kami selalu dalam keadaan higienis, sesuai dengan standar Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (HSSE) kami.
  • Pusat Layanan Pelanggan/Customer Service kami juga tetap dapat dihubungi jika pelanggan kami memerlukan informasi seputar produk maupun layanan.

Apa yang kami lakukan untuk komunitas dan #pahlawangardadepan?

  • Sejak dua minggu lalu, berbagai lini bisnis dan fungsi di Shell Indonesia bekerja sama mewujudkan inisiatif sosial untuk membantu tenaga medis dan mereka yang terdampak oleh pandemi ini. Shell Indonesia berkolaborasi dengan Nutrisi Garda Terdepan (NGT), telah menyalurkan paket #ShellPeduli berisi makanan, minuman dan vitamin kepada 1200 tenaga medis yang bertugas di berbagai rumah sakit rujukan untuk penanganan COVID-19 di Jakarta. Hingga hari Jumat, 3 April 2020, pengiriman pertama telah disalurkan ke dua rumah sakit yaitu RS Persahabatan  dan RS Cipto Mangunkusumo yang merupakan rumah sakit rujukan pemerintah untuk COVID-19.
  • Secara paralel, paket #ShellPeduli yang terdiri dari beras, susu bubuk dan tablet Vitamin C telah diserahterimakan kepada keluarga yang tergabung dalam program Desa BERSEMI (program pengolahan sampah terintegrasi yang dijalankan oleh Shell Indonesia) di desa-desa sekitar lokasi pabrik pelumas Shell, yaitu Desa Pantai Makmur dan Desa Segara Makmur pada 30 Maret 2020. Paket tersebut diserahterimakan kepada perwakilan EOS, mitra Shell Indonesia dalam program Desa BERSEMI, yang kemudian mendistribusikannya kepada warga sekitar. Inisiatif ini dilakukan dengan tujuan untuk mendukung masyarakat sekitar pabrik pelumas Shell dalam menjaga kesehatan keluarganya di periode pandemi ini.
  • Sebagaimana kepedulian kami terhadap masyarakat, kesehatan dan keselamatan para karyawan/pekerja garda depan kami juga menjadi prioritas utama. Kami menyiapkan paket kesehatan yang terdiri dari tablet Vitamin C, masker, termometer, cairan pembersih tangan dan tisu basah yang telah dan akan didistribusikan kepada karyawan/pekerja garda depan, office boy, petugas keamanan dan pekerja kebun yang tetap bekerja seperti biasa di berbagai fasilitas milik Shell seperti pabrik pelumas di Marunda, terminal, dan kantor Talavera. Sejumlah paket telah didistribusikan minggu lalu, dan sisanya akan didistribusikan secara bertahap di minggu depan.
  • Untuk para pekerja yang tetap melayani pelanggan di 113 SPBU Shell di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Timur, kami telah mendistribusikan masker dan makanan untuk para pekerja juga keluarganya.

Distribusi seluruh paket #ShellPeduli ini dilaksanakan dengan menerapkan standar Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan Shell serta memegang prinsip physical distancing, seperti yang direkomendasikan Pemerintah Pusat. Kami sedapat mungkin melibatkan sedikit orang dalam proses serah terima bantuan, menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter antara orang-orang yang terlibat.

Distribusi paket #ShellPeduli sejumlah kurang lebih 200,000 paket akan terus berlanjut untuk berbagai kelompok penerima manfaat selama beberapa minggu ke depan. Kami berharap upaya yang dilakukan dapat sedikit meringankan beban seluruh pihak yang terdampak oleh pandemi ini.

Saat ini adalah waktu bagi kita untuk bergerak bersama melawan pandemi Covid-19, dan bersatu untuk kemanusiaan.

Tetap aman, jaga kesehatan.

#shellpeduli #shelluntukindonesia

Dian Andyasuri
Country Chair
Shell Companies in Indonesia

Lebih lanjut di Motorists

SPBU Shell Siap Melayani

Melihat perkembangan terkini terkait penyebaran virus COVID-19 (Coronavirus), kami menginformasikan bahwa SPBU Shell tetap akan beroperasi seperti biasa untuk melayani pelanggan dengan tetap mengedepankan aspek kesehatan untuk kenyamanan seluruh pelanggan. #ShellUntukIndonesia #ShellPeduli #SemangatJalan.

#Supirhero, Tetaplah Sehat!

Shell Rimula memahami tantangan yang harus Anda hadapi setiap harinya. Karenanya, kami ciptakan pelumas yang mampu bekerja keras bersama Anda